Home » Internet » Algoritma Google Penguin Seperti Honeymoon

Algoritma Google Penguin Seperti Honeymoon

Sejak Google Penguin resmi menggantikan algoritma Panda tanggal 24 April 2012, mengiringi sejarah perjalanan blogging dengan senyum dan duka. Tersenyum bagi blogger yang merasakan efek positif dengan ditandai meningkatnya pengunjung blog. Sebaliknya menjadi kenestapaan dan keprihatinan yang “lahan” garapannya mengalami penurunan visitor yang cukup banyak, bahkan ada dan banyak yang kehilangan traffic dari search engine sampai 80%.

Di luar hal-hal teknis maupun nonteknis lalu lintas organik dari mesin pencari Google meningkat atau menurun, mengamati dan menganalisis perkembangan blog selama beberapa hari sejak Pinguin efektif bekerja, ada satu hal yang menarik bagi saya, bahwa pola kerja algrotima Penguin mirip atau tidak jauh beda dengan Google Honeymoon. Seperti sudah saya paparkan pada artikel Google Honeymoon, dimana fungsinya menurut saya sebagai promosi sebuah konten baru agar dikenal dan diketahui oleh pengguna internet, untuk dianalisa kekuatan atau kualitasnya menurut ukuran manusia.

Maka diberi kesempatan oleh search engine Google untuk bisa langsung tampil di halaman pertama hasil pencarian (SERP), tanpa melakukan apapun untuk optimasi SEO.

Beberapa artikel saya, yang selama ini tidak pernah tersentuh SERP, maksudnya tidak tampil di hasil pencarian tiba-tiba dikunjungi beberapa pengguna yang berasal dari lalu lintas organik search engine Google. Saya sempat heran, karena tidak hanya artikel, termasuk tag juga mengalami hal yang sama, tiba-tiba muncul di SERP.

“Penampakan” mendadak posting lama tampil lagi di search engine, umumnya cuma satu hari, dengan jumlah pengunjung sekitar 10 sampai 20 visitor. Ada beberapa artikel blog dan tag yang mendapat traffic organik dari mesin pencari selama dua hari, terkadang berturut-turut bisa langsung tampil, dan ada yang berselang satu hari. Pola kerja algoritma Pinguin ini seakan-akan memulai dari awal untuk merangking konten yang berkualitas dengan cara menampilkan beberapa artikel yang selama ini tidak “tersentuh” hehe.. untuk dipromosikan ke pengguna.

Yang lebih unik, model “penampakan” dalam rentang waktu yang tidak terpaut jauh. Pada satu jam awal langsung bisa tampil dan mendapat pengunjung organik 5 sampai 10 orang. Jika pada tahap awal ini, respon pengunjung cukup bagus, ditandai dengan durasi waktu yang cukup untuk membaca, maka jam-jam selanjutnya akan selalu saja ada pengunjung yang membukanya (traffic dari search engine). Kalau selama tahap awal visitor juga membuka halaman lain, baik setema maupun tidak, maka pelan tapi pasti artikel yang sudah “tertidur” itu mulai sering diakses orang yang berasal dari hasil pencarian Google.

Sebaliknya jika pada tahap awal responnya buruk, maka artikel akan ditampilkan lagi setelah beberapa jam kemudian. Misalnya pagi diberi kesempatan untuk dibaca beberapa orang, ternyata reaksinya buruk, maka akan ditampilkan ulang sore atau bahkan malam hari. Jika “penampakan” yang kedua juga mendapat respon “buruk”, maka hari-hari selanjutnya halaman tersebut tidak akan pernah lagi mendapat pengunjung dari mesin pencari.

Dan saya akui, banyak yang akhirnya tenggelam, tidak ditampilkan lagi oleh Google karena memang artikel yang minim kualitas, hanya menang judul sama nembak keyword hahaha…

Sistem itulah yang saya rasakan sama dengan Honeymoon, sebagai media promosi yang akan menjadi kajian dan analisa mesin pencari. Jika respon pengunjung bagus, maka hari-hari selanjutnya akan selalu mendapat traffic dari search engine Google.

Secara garis besar, algoritma Penguin saat mulai bekerja, menggunakan hasil perangkingan SERP Panda, yang mempenalti atau menurunkan peringkat blog yang berkualitas rendah. Kemudian dilanjutkan menyaring webspam, sambil menampilkan ulang(yang saya sebut promosi) beberapa konten yang dianggap mempunyai kualitas agar dilihat manusia, untuk mendapatkan sebuah analisa yang lebih valid.
Sehingga dari sini sudah terlihat, secara tidak langsung bisa dikatakan, bahwa hasil perangkingan selama ini setelah dilakukan analisa ulang diperoleh banyak data yang kurang atau tidak valid, karena praktik optimasi SEO yang berlebihan.

Sampai hari ini saat posting, beberapa artikel lama saya masih ada yang ditampilkan, dan sebagian besar tenggelam di kegelapan karena konten abal-abal, minim informasi dan kurang bermanfaat sehingga tidak berkualitas.

Satu hal lagi, yang saya rasakan Google Penguin lebih cerdas dalam menilai dan menganalisa konten, yaitu artikel tentang Penguin dan kualitas konten blog yang saya posting tanggal 28 April, setengah hari pertama mendapat pengunjung organik dari mesin pencari. Tapi sayang responnya buruk, karena cuma baca artikel ocehan saya, yang pada akhirnya cuma mengarahkan pengguna untuk membaca sendiri sumber informasi yang saya cantumkan he..he..
Akhirnya sampai tadi malam tidak pernah ada lagi pengunjung xixixi. Maka mulai tengah malam saya luangkan waktu untuk memperbaiki konten, melakukan perubahan 75% isi artikel, dengan menmpilkan informasi yang barangkali berguna. Tadi pagi langsung saya cek marathon, mengawasi Google Analytic dan Sitemeter selama kurang lebih 2 jam, hasilnya mulai dapat “jatah” organik Google hi..hi.. mantap dech. Semoga juga untuk seterusnya.

Seperti sudah banyak dipaparkan oleh master SEO, hanya ada 2 pilihan untuk konten blog yang sedikit, hanya beberapa kata dan tidak berkualitas, yaitu menghapus atau memperbaikinya. Dengan mengacu pada TOS Google. Demikian saja, semoga ada manfaatnya (menurut Anda, artikel ini berkualitas tidak??), maaf dan terima kasih, pamit undur diri ….Kembali ke basecamp untuk mendata perilaku Penguin :D

Share to : Facebook | Twitter | Digg | Google | Technorati | Stumbleupon | Delicious | Reddit |

Artikel terkait :

Random Posts :

9 Comments.

  1. Ada yang kena dampak buruk dan ada yang kena dampak baiknya, berntung sekali ni blognya agan beda dengan blog saya. Entah kenapa posisinya makin hari makin melorot saja..

    • Yusuf Fahrurrozi

      Sama gan, melorot… krn awal April saya menghapus 100-an lebih tag, dan beberapa kategori he..he..
      sekarang posisi msh nunggu reaksi traffic, jika melorot terus, perlu renovasi radikal hiks hiks, banyak artikel yang tidak berkualitas, dan konten yang cua satu dua paragraf…
      makasih gan… keep blogging

    • Yusuf Fahrurrozi

      Agan Jefry.. blog ga bs di akses lwt pc.. kalo pake hp bisa..
      Ato mmg cm lokal Jakarta..

  2. Klo gitu sepertinya saya beruntung dong :D malah salah satu artikel jadi PageRank 2 ada yang berubah pagerank 1, padahal sebelumnya 0 semua,, Hompage juga masih 0,, apa ini juga dampak update Google penguin?????

    Makasih atas infonya mastah :D

    • Yusuf Fahrurrozi

      ma-sama gan… selamat dah naek kelas hehehe
      eh.. skrg blog agan dah tmbh cpt loadingx hehei
      diem2 sering mantau hahahai…

  3. Artikel yang sangat bermanfaat gan

  4. Memang sekarang blogger dituntut menjadi penulis yang baik , jika sudah baik maka earningpun dateng sendiri,, :-)

  5. terimakasih atas infonya

Leave a Comment