Home » Internet » Wordpress » Artikel Terkait WordPress (Related Posts) Update

Artikel Terkait WordPress (Related Posts) Update

Setelah beberapa waktu tidak rutin bikin artikel blog, sekarang mulai lagi deh rutin untuk update. Setelah membahas Deep Freeze untuk keamanan komputer, hal pertama yang saya ingin update adalah tentang cara membuat kode untuk menampilkan Artikel Terkait atau Related Post tanpa menggunakan plugins WordPress. Seperti sudah saya posting pada -Artikel Terkait Tanpa Plugin WordPress (Related Posts)- sebelumnya, ternyata ada beberapa kejanggalan yang saya temukan pada pemasangan kode php tersebut, diantaranya membuat link kategori, tag, link pagenavi dan komentar menjadi tidak karuan. Sehingga setelah dipasang beberapa hari langsung mengganti dengan kode php yang lain.

Berikut kode php untuk membuat Artikel Terkait tanpa plugin WordPress yang sudah terpasang di blog ini selama kurang lebih tiga bulan, mengganti kode sebelumnya. Dan seperti artikel sebelumnya, sebaiknya silahkan dicoba dulu pada localhost (offline), agar dapat menemukan letak kode yang pas pada theme WordPress.

Masukkan kode di bawah ini ke dalam file single.php theme WordPress. Saya pribadi meletakkan setelah kode <?php the_content(); ?>, sebelum kode </div><!– END entry –>. Tentunya setiap theme WP mempunyai kode penulisan yang berbeda, silahkan di coba-coba. Kode php Artikel Terkait tersebut memang sengaja saya masukkan ke dalam halaman posting, dengan tujuan agar ngikut terindek search engine sebagai bagian dari artikel :) , termasuk teknik on page SEO, kalau tidak percaya baca saja artikel Meluruskan Tips SEO Tentang Letak Keyword, sebuah fenomena baru yang saya temukan tanpa sengaja sebagai Blogger pemula :) .

<?php
 	$this_post = $post;
 	$category = get_the_category(); $category = $category[0]; $category = $category->cat_ID;
 	$posts = get_posts('numberposts=10&offset=0&orderby=post_date&order=DESC&category='.$category);
	$count = 0;
		foreach ( $posts as $post ) {
		if ( $post->ID == $this_post->ID || $count == 5) {
		unset($posts[$count]);
		}else{
		$count ++;
		}
	}
?>

<?php if ( $posts ) : ?>
	<div>
		<h2>Artikel terkait :</h2>
		<ul><?php foreach ( $posts as $post ) : ?>
		<li><a href="<?php the_permalink() ?>" title="To <?php the_title_attribute(); ?>"><?php the_title(); ?></li>
		<?php endforeach // $posts as $post ?>
		</ul>
	</div>
	<?php endif // $posts ?>
	<?php
	$post = $this_post;
	unset($this_post);
?>

Thank’s to Awesome: http://www.awesomewordpresstheme.com/display-related-post-in-wordpress-without-plugin.html

Angka dan tulisan yang berwarna merah pada kode php di atas dapat diganti sesuai dengan selera dan kebutuhan kita. Saya sendiri bingung memahami cara kerjanya :( , mencoba menggonta-ganti angkanya tapi tetap belum bisa paham. Tapi yang pasti untuk numberposts=10 adalah jumlah artikel terkait yang akan ditampilkan (kesimpulan dalam bingung)…. Yang terpenting saya enjoy memakainya hik hik…

Agar cantik dan untuk memerindah tampilan, silahkan baca artikel sebelumnya. Mohon maaf, baru sempat posting update kode php Related Post (Artikel Terkait) tanpa menggunakan plugin WP, padahal pada postingan yang dulu tercatat “beberapa hari”, ternyata 90-an hari ;) . Matur nuwun…..

Share to : Facebook | Twitter | Digg | Google | Technorati | Stumbleupon | Delicious | Reddit |

Artikel terkait :

Random Posts :

1 Comments.

  1. ane coba terapkan mastah

Leave a Comment