Home » Internet » Wordpress » Beberapa Plugins WordPress Pilihan

Beberapa Plugins WordPress Pilihan

Icon WordPressUntuk membuat WordPress menjadi blog yang optimal sesuai dengan kebutuhan, tersedia berbagai macam kategori WP Plugins yang sangat bermanfaat. Saking banyaknya terkadang malah menjadikan bingung memilihnya, sampai capek melihat monitor komputer untuk menjatuhkan pilihan. Ada beberapa plugin yang banyak dipakai, mulai dari comments, admin, statistik, Google, SEO (Search Engine Optimizations) dan lain-lainnya. Berikut beberapa plugin yang sangat bermanfaat untuk meningkatkan blog.

Google Sitemap Generator

Plugin ini untuk menghasilkan XML-sitemap dari blog, format ini didukung beberapa search engine seperti Ask.com, Google, YAHOO dan MSN Search. Dengan sitemap ini sangat membantu mesin pencari tersebut untuk mengindex sebuah blog/web. Dengan menggunakan plugins Google Sitemap Generator maka membuat file sitemap lebih mudah. Hal ini penting agar konten situs lebih mudah ditelusuri oleh robot perangkak (crawler).

Counterize II

Salah satu fasilitas yang ingin diketahui pemilik blog atau web adalah statistik pengunjung. Statistik pengunjung sangat bermanfaat untuk perbaikan dan evaluasi blog. Sebenarnya terdapat banyak plugin statistik yang cukup bagus, dan salah satunya adalah Counterize II ini. Plugin WordPress ini memberikan statistik cukup detail, seperti Hit Counter ( Total hit, unique IP, Unique today, Unique hit), Grafik pengunjung bulanan, akumulasi perbulan, halaman yang paling banyak dikunjungi, keyword pengunjung yang sampai di blog dan sebagainya. Yang perlu diperhatikan adalah penggunaan kapasitasnya. Jika statistik web tinggi, maka penggunaan memory space akan cukup besar.

Similar Post dan Post Plugin Library

Plugin ini untuk menampilkan artikel yang berhubungan dengan artikel yang sedang dibuka (related posts). Dengan algoritmanya dan kustomisasi konfigurasi yang disediakan, hasilnya cukup bagus.

Admin Drop Down Menu

Untuk lebih memudahkan pada admin panel dalam mengakses menu-menu yang ada, mungkin cukup merepotkan (menyita waktu) ketika harus sering berpindah antar sub menu, capek deh untuk naik turun. Apalagi diperparah dengan koneksi yang lambat, untuk loading menu saja terkadang harus menunggu lama. Dengan plugins ini, maka menu admin wordpress menjadi menu drop down, terletak di atas sehingga sangat menyingkat waktu akses.

All in One SEO-Pack

Salah satu kunci banyaknya pengunjung blog atau web adalah seberapa populer sebuah blog di search engine – search engine yang ada seperti Google, Yahoo dan lain-lain. Memang hal tersebut bisa dilakukan secara manual agar blog/web lebih dikenal oleh search engine, tetapi dengan plugin SEO ( search Engine Optimization) ini, proses tersebut menjadi lebih mudah.

WP DB-Backup

Plugin WordPress untuk backup data keseluruhan dari blog wordpress kita. Dengan plugin ini waktu backup data yang dibutuhkan menjadi lebih cepat.

Selain plugin WordPress di atas, masih banyak yang lainnya. Karena setiap Blogger dalam menggunakan plugin mempunyai kebutuhan yang berbeda-beda. Semoga bermanfa’at, maaf dan terima kasih.

Share to : Facebook | Twitter | Digg | Google | Technorati | Stumbleupon | Delicious | Reddit |

Artikel terkait :

Random Posts :

Leave a Comment