Home » Pendidikan » PAUD » Biarkan Anak Bangun Sendiri Setelah Terjatuh

Biarkan Anak Bangun Sendiri Setelah Terjatuh

Saat bermain seorang anak terjatuh tentu sudah menjadi hal yang biasa. Setiap kali terjatuh mayoritas anak menangis. Dari sekian banyak anak saat terjatuh tidak menangis hanya sedikit. Bagaimana kiat seorang anak yang terjatuh agar tidak menangis? Berikut ini kiat sederhananya. Saat anak terjatuh, jangan kita lihat dan jangan pula memberi perhatian terhadapnya. Palingkanlah muka kita melihat hal lain, pura-pura tidak melihat anak terjatuh. Biarkan anak bangun sediri, jangan kita tolong. Apabila anak merintih-rintih kesakitan, acuhkan saja, panggilah untuk mengalihkan perhatiannya. Untuk mengalihkan perhatiannya bisa anda suruh melihat, mengambil atau mencermati sesuatu. Pokoknya jangan melihat ke arahnya. Apabila anak masih merintih, tidak juga lekas bangun, maka dekati anak, sambil ajukan pertanyaan yang dapat mengalihkan perhatiannya dari rasa sakit, seperti ucapan :

“Lho kok malah tiduran di lantai, ayo bangun, ambil mainannya” atau

“e…e… anakku ajak main kuda-kudaan nih, bapak sekarang yang naik kamu ya” naiklah kepunggungnya layaknya main kuda-kudaan.

Atau dengan kata-kata yang lain, pokoknya jangan menyinggung tentang terjatuhnya anak.

Insya Allah anak tidak jadi menagis. Kalaupun menangis tidak terlalu keras, dan biasanya anak dengan sendirinya akan cerita kalau baru saja jatuh. Katakan saja tidak apa-apa, terjatuh saat bermain menjadi hal yang biasa, dan jangan berlama-lama menghibur, secepatnya alihkan perhatiannya dari rasa sakit.

Trik di atas cukup efisien untuk mengajarkan anak mandiri, tidak cengeng dan untuk menumbuhkan kembali semangatnya untuk mengenal lingkungan sekitarnya.

Kalau setiap kali jatuh langsung kita tolong, hasilnya anak cenderung menangis lebih keras dan lama, sampai kita kerepotan menenangkannya.

INGAT : kiat di atas berlaku kalau kita yakin bahwa terjatuhnya anak hanya terluka biasa, tidak sampai luka berat. Kalau sampai luka berat, seperti patah tulang atau sejenisnya ya sebaiknya kita langsung turun tangan membawanya ke dokter.

Share to : Facebook | Twitter | Digg | Google | Technorati | Stumbleupon | Delicious | Reddit |

Artikel terkait :

Random Posts :

2 Comments.

  1. Hai… salam kenal ..
    Menarik sekali artikel anda. Saya sangat kagum akan kepedulian anda pada dunia anak-anak. Saya juga punya sebuah blog yang berisikan segala hal tentang dunia anak-anak…
    Lagu Anak
    Pendidikan Kreatif untuk anak
    Tips Parenting (Dari ortu kepada anak)
    Dongeng moral anak..
    Dan masih banyak lagi..
    Silakan kunjungi blog saya…
    Ada di http://lagu2anak.blogspot.com
    Bila berkenan, mari bertukar link..
    Terima kasih

    • Yusuf Fahrurrozi

      wow… blog Anda menarik dan informatif untuk wawasan pendidikan anak.
      Saya jadi suka nih :) yah lht2 lagunya :)
      Trims dah berkunjung

Leave a Comment