Home » Internet » Wordpress » Blog WordPress Berbasis Web Mobile

Blog WordPress Berbasis Web Mobile

Dengan semakin banyaknya pengguna mobile atau handphone, hal ini berimplikasi terhadap akses internet melalui piranti yang kecil mungil tersebut. Apalagi pada saat sekarang fitur yang tersedia pada handphone semakin canggih. Maka membuat blog supaya lebih friendly saat diakses melalui mobile phone menjadi kebutuhan. Web Blog menjadi web mobile mempunyai beberapa keuntungan.

Menjadikan blog support mobile handphone awalnya tidak terpikir sama sekali, lha ternyata mencoba akses dengan beberapa jenis hp tetap jalan, apalagi yang sekelas iPhone dan gadget lainnya, ya tetap jos :) . Tapi yang nylekit iklan Google Adsense tidak muncul :( . Iseng-iseng klik Adsense untuk konten seluler, lha ternyata untuk bisa menampilkan iklan Adsense di mobile harus mempunyai web mobile gitu, awalnya bingung juga, bagaimana bikinnya. Tapi dalam penjelasan Google kalau belum tahu disuruh googling dengan kata kunci “web mobile” ( kok ga nyuruh buka Yahoo ya ;) ), ya saya nurut saja, tambahi dengan kata “WordPress”, akhirnya ketemu deh itu solusinya.

Ternyata WordPress sudah ada yang suka rela membuatkan plugin agar blog menjadi web mobile, namanya plugin Mobilepress, walah baru tahu nih… Langsung cabut untuk uji coba, dan langsung akses melalui beberapa handphone, eh memang tampilan blog melalui dekstop (komputer) dengan saat diakses menggunakan hhp ternyata menjadi beda.

Yang jelas membedakan dan keuntungan yang saya rasakan langsung :

  • Loading saat diakses lebih cepat dengan tampilan web mobile. Tentunya hal ini akan menambah dan menyenangkan pengunjung yang menggunakan mobile phone.
  • Tidak menyebabkan duplikat konten blog, karena pada prinsipnya hanya berganti theme blog.
  • Bisa pasang kode Adsense untuk konten seluler ;) (Saat posting artikel ini dalam proses pemasangan kode, karena masih ada beberapa hal yang perlu dipahami tentang Adsense untuk konten seluler)

Mungkin masih banyak keuntungan lain yang bisa diperoleh, tapi saya belum mencari informasi yang lengkap, karena dari 3 hal tersebut di atas saja saya sudah bahagia :)

Agar tampilan sesuai dengan kita, maka langsung saya lakukan beberapa editing pada theme default plugin Mobilepress, satu hari terpasang berjalan bagus. Blog saat diakses melalui melalui dekstop komputer atau laptop tampilannya biasa, sedangkan saat diakses menggunakan hp, sudah berubah menjadi template dari plugin WP Mobilepress.

Sebelum install plugin Mobilepress ke dalam hosting, saya mencoba terlebih dahulu di localhost atau server lokal (offline) untuk melihat kekurangan dan kelebihannya, yah sebagai langkah hati-hati untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

Bagi yang ingin mengubah blog menjadi support web mobile silahkan langsung berkunjung ke situs resminya WordPress, klik setelah ini untuk download plugin Mobilepress.

Konklusi: cara membuat blog WordPress menjadi web mobile dengan menggunakan plugin WordPress Mobilepress. Sehingga loading blog saat diakses dengan handphone menjadi lebih cepat dan tertata lebih rapi yang tentunya akan meningkatkan traffic pengunjung dari HP.

Share to : Facebook | Twitter | Digg | Google | Technorati | Stumbleupon | Delicious | Reddit |

Artikel terkait :

Random Posts :

2 Comments.

  1. Saya juga sudah coba install adsense mobilenya tu gan dari kompi dengan cara yang sama ketika install adsense for content. Sudah tunggu 48 jam dan dicek lewat smartphone, iklan nya tidak muncul :cry:
    Agan sendiri gimana? sudah berhasilkah? jika berhasil moga2 sudi berbagi :grin: i will be back
    Terimakasih

    • Yusuf Fahrurrozi

      Sudah dua hari dipasang, iklan belum muncul ;) mungkin harus pakai cara lainnya, yuk nyari rame2, kalo dapet berbagi deh….

Leave a Comment