Home » Komputer » Software » Cara Install Windows 7 Dari USB Flashdisk

Cara Install Windows 7 Dari USB Flashdisk

Membuat installasi Windows 7 dari USB Flashdisk. Untuk install Windows Seven di komputer tanpa menggunakan DVD-ROM memakai software SetupFromUSB yang gratis. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, yaitu masalah-masalah yang muncul, baik selama proses membuat USB menjadi bootable atau ketika install Win 7. Berikut masalah yang muncul dan tips membuat installasi Win7 lewat flashdisk.

Setup from USB merupakan software gratis (open source) yang ditujukan agar bisa buat install windows 7 dari USB Flash drive. Sehingga Flashdisk menjadi bootable dan hal ini memudahkan proses installasi bagi pengguna yang mempunyai netbook atau laptop tanpa DVD-ROM.

Langkah-langkah install Windows 7 dari Flashdisk

Yang perlu dipersiapkan :

  1. DVD installer Win Seven
  2. Flashdisk 4/8 GB
  3. DVD-ROM terhubung komputer :)
  4. Download Setup from USB v.1.0.0.0 klik di sini di 4Shared.com (ZIP/ 1.25 MB)
  5. Download .NetFramework 4 (48.1 MB). Dengan asumsi pembuatan USB bootable ini memakai Windows7. Jika pakai XP, maka juga memerlukan .NetFramework 3.5 SP 1 sebesar 231MB :( Untuk download dan informasi lengkap, baca artikel .NetFramework untuk semua versi.

Setelah di download, selanjutnya di ekstrak.

Membuat Bootable USB Flashdisk

  1. Buat restore point Windows dulu, karena kita memakai tutorial ini cuma sekali. kalau flashdisk sukses untuk bootable, maka .NetFramework 4 dan program Setup from USB sudah tidak dibutuhkan, jadi Anda bisa mengembalikan setting Windows, daripada cuma menambah berat kerja komputer, agar tetap cepat.
  2. Install .NetFramework 4. Setelah selesai, restart komputer
  3. Install SetupFromUSB. Kemudian jalankan program Setup from USB
  4. Muncul tampilan Welcome… dst. Klik tanda panah ke kanan (go to next page)
  5. Selanjutnya klik bulat-bulat untuk memilih drive installasi Win 7. Akan muncul pop-up, cari drive DVD-ROM. Selanjutnya klik panah ke kanan (go to next page)
  6. Nah muncul opsi-opsi untuk tempat install Win Seven (di Flashdisk maksodnya).
    PERHATIAN : Flashdisk akan di Format (isi dihapus semua), termasuk semua partisi di flashdisk jika pernah dibuat menjadi beberapa partisi. Maka pindahkan dulu file/data dalam Flashdisk.
  7. Klik tombol bulat di bawah kotak putih yang panjang, jika tidak muncul coba cek di Explorer, barangkali lupa flashdisk belum dicolokin hehe
    Kasih centang Format the drive dan Clean all partitions. Kemudian klik panah kanan (go to next page)
  8. Muncul jendela konfirmasi, dipikir-pikir dulu lho
    Kalau sudah mantap klik saja OK.
  9. Perhatikan dulu lokasinya, mulai source, destiniton, format type, partition cleaning, kalau sudah benar klik centang hijau (start preparing your USB disk), BUKAN panah kanan (go to next page)
  10. Proses install Windows 7 ke dalam flashdisk dimulai, tunggu sampai selesai, berdo’alah tidak terjadi pemadaman listrik hihi

Jika pada langkah ini ternyata error terus (dulu sampai pucing), tidak mau jalan, gantilah memakai flashdisk 8GB. Berhubung sudah lama bikinnya saya lupa proses persisnya. Tetapi setelah memakai flashdisk 8GB, baru deh berhasil. Padahal file Win 7 yang masuk ke plesdisek cuma sekitar 2.5GB lho. Mau coba eksperimen lagi tidak berani, lha kalau berhasil, nek gagal suedih deh. Flashdisk 8GB cuma 1 biji sudah terisi bootable Win 7 yang selama ini saya pakai, benar-benar belum berani nyoba lagi deh, tetapi kapa-kapan kalau banyak waktu luang perlu dicoba, hasilnya artikel ini diupdate …./ kira-kira kapan… ehm… kira-kira 2 tahun lagi deh wkwkwk Silahkan di coba memakai flashdisk kapasitas 8GB, yang 6GB juga boleh (kalau ada???)

Install Windows 7 lewat USB Flashdisk

Nah proses membuat flashdisk menjadi bootable Windows 7 “di anggap” sukses, sekarang proses install Windows, siapkan komputer atau laptop sebagai kelinci percobaan.

Agar bisa booting dari Flashdisk, maka BIOS PC/komputer/laptop/netbook diatur urutan booting pertama kali adalah USB atau removable media. Setelah terinstall, jangan lupa menginstall Windows Security Update untuk keamanan.

CATATAN AKHIR : setelah bisa booting, kemudian proses install Windows Seven selesai, maka akan restart. Saat mati itulah flashdisk segera di cabut, biar install Windows tidak muter-muter terus. Atau saat mati tersebut, setting kembali BIOS agar first booting dari harddisk. PROSES install win 7 cuma SATU kali atau SEKALI saja (just one). Semoga sukses. Untuk install Win XP dari flashdisk menyusul, karena lebih rumit dan mbulet, tunggu kira-kira 2 tahun yang sudah posting malah repair Win XP melalui system restore, silahkan di baca….. Kepareng dan matur nuwun.

Update 12 Agustus 2011: PERTAMA: Bisa dengan flashdisk 4GB jika menggunakan yang versi 1. Jika flashdisk kurang dari 4 GB, maka tidak bisa. Kebanyakan yang beredar judulnya 4 GB, tapi kalau di cek propertinya kurang dari 4 GB. Saya mempunyai flashdisk merk Rambo yang sizenya mencapai 4,1 GB, tetapi barangnya langka.
KEDUA: Jika punya file iso atau yang lain, bisa menggunakan virtual drive Daemoon tool. Proses lebih cepat, karena tidak menggunakan DVD-Room. Maaf dan terima kasih.

Share to : Facebook | Twitter | Digg | Google | Technorati | Stumbleupon | Delicious | Reddit |

Artikel terkait :

Random Posts :

3 Comments.

  1. Wah ini yang saya cari.. :grin:
    Thx tutorialnya

    Sama-sama, semoga bermanfaat dan sukses mencoba

  2. oooo 8GB, sukses gan :)
    siiiip

Leave a Comment

 

Trackbacks and Pingbacks: