Home » Internet » Cara Mengetahui IP Address ISP

Cara Mengetahui IP Address ISP

Setiap perangkat yang terhubung ke Internet umum diberikan sebuah nomor yang dikenal sebagai alamat Internet Protocol (IP). Alamat IP terdiri dari empat angka yang dipisahkan oleh tanda titik (juga disebut “dotted-quad ‘) dan terlihat seperti 127.0.0.1. Alamat IP dapat digunakan untuk mengidentifikasi wilayah atau negara dari mana sebuah komputer terhubung ke Internet. Berikut beberapa situs untuk mengetahui nomor ip adress kita.

Saat kita melakukan koneksi ke internet maka ISP (Internet Service Provider) yang kita pakai akan memberi IP Address. IP Address merupakan identitas unik untuk setiap komputer yang terhubung dalam jaringan, baik lokal maupun internet. Nomor IP ini biasanya diberikan untuk penyedia layanan internet provider yang ada, misalnya Telkomsel, Indosat dan lain-lain. Sebuah alamat IP kadang-kadang dapat digunakan untuk menunjukkan lokasi umum pengguna.

Untuk mengetahui ip address sebuah komputer saat akses ke internet, bisa berkunjung ke beberapa daftar situs di bawah. Secara otomatis akan ditampilkan nomor ip-nya. Sebenarnya banyak sekali website penyedia layanan gratis untuk mengetahui alamat ip. Coba saja silahkan googling.

  1. www.ip-adress.com
  2. www.whatismyipaddress.com
  3. www.ip2location.com
  4. www.ipaddressworld.com
  5. www.spyber.com
  6. www.chamisplace.com/asp/info.asp?f=ip

Saat membuka situs tersebut di atas, maka secara otomatis akan ditampilkan nomor ip address, negara, kota ISP dan nama ISP yang Anda gunakan. Sebagian malah juga menyertakan informasi Operating System, browser, versi yang digunakan.

Ketika ISP mengeluarkan satu alamat IP untuk setiap pengguna dan tidak berubah-ubah, maka ini disebut alamat IP statis. Karena ada peningkatan dalam penggunaan internet, maka kemudian menggunakan sejumlah alamat IP dinamis (menggunakan DHCP). Ini disebut sebagai alamat IP dinamis.

Untuk mengetahui ip address komputer yang terhubung ke internet statis atau dinamis, bisa dicoba dengan memutuskan koneksi terlebih dahulu untuk kemudian disambungkan kembali. Jika nomor alamat ip ternyata berbeda, maka itu menunjukkan ip dinamis. Demikian saja, semoga ada manfaatnya, matur nuwun.

Share to : Facebook | Twitter | Digg | Google | Technorati | Stumbleupon | Delicious | Reddit |

Artikel terkait :

Random Posts :

6 Comments.

  1. jadi, lebih bagus IP statis apa dinamis utk komputer rumahan mas?
    lebih cepat mana koneksinya?

    • Yusuf Fahrurrozi

      Maaf Mas Adjie, saya kurang tahu cepet yang mana… :)
      lha makainya dah jatah dari provider, belum pernah memakai yang statis…

      • Yoga Firmansyah

        Menurt saya lebih aman menggunakan ip static, kalo kamputer tersebut hanya digunakan untuk bekerjja dirumah, untuk menghindari DHCP eror, tapi untuk laptop yang mobile lebih baik DHCP, karena kita sering pake Wireless jadi biar gak usah gonta-ganti IP address.
        kalo mau bagus2an sih bagusan IP static, itu lebih stabil ketika digunakan untuk workgroup

  2. Mantap, berkunjung ke blog ane gan…

  3. Bagaiman cara memutus koneksi internetnya apa dg cara clik , Network conection, terus LAN, terus di click kanan, disable, apa yg dimaksud ini ?,…atau yg lain ?, tolong diberi penjelasannya,..trim’s.

    • Yusuf Fahrurrozi

      Agan Awang, untuk memutus koneksi cukup dengan disconnect media internet di komputer.

Leave a Comment