Home » Internet » Bisnis » Cara Mulai Bisnis Online

Cara Mulai Bisnis Online

Cara memulai bisnis online di internet. Bisnis Online adalah bisnis yang dijalankan secara online atau melalui internet. Dengan membuat website dan menjadikannya menjadi alat untuk meraup rupiah atau dollar. Usaha ini banyak macamnya sebagaimana bisnis yang kita kenal selama ini. Tapi secara umum dibagi menjadi 3, yaitu Bisnis Penjualan/Jasa, Pemasaran dan Periklanan. Pilihan manakah yang cepat menghasilkan duit atau pendapatan?

Untuk berhasil dalam menjalankan kegiatan ini, PILIHAN yang manapun sama, tergantung amal dan usaha kita :) inilah 3 hal yang WAJIB anda lakukan untuk memulainya:

Mempunyai website bisnis.

Orang yang ingin bisnis Online perlu belajar bagaimana membuat situs dengan cepat dan mudah. Seperti sudah saya jelaskan sedikit dalam tutorial tentang web hosting, mempunyai website yang cepat dan mudah menggunakan CMS WordPress. Selain bersifat open source dan tentunya gratis, tutorial website tentang WordPress sangat banyak, jadi kalau mempunyai kendala dalam pengelolaannya, langsung googling, permasalahan selesai. Maka rekomendasi bagi yang mulai ingin membangun jaringan bisnis secara online silahkan menggunakan WordPress.

Software WordPress sudah terbukti mudah diinstall, mudah digunakan dan paling aman dibandingkan mesin-mesin software website atau CMS yang lainnya. Blog sangat fleksibel digunakan sebagai mesin penjualan, pemasaran dan publikasi. Beberapa keunggulan menggunakan WordPress, sebagian sudah saya jelaskan pada artikel tentang web hosting, tapi tidak ada salahnya mengulang agar jelas. Keunggulan diantaranya :

  1. Space hard-disk yang dibutuhkan cukup kecil. Sekitar 10 MB. Sehingga dengan membeli hosting dengan kapasitas 25 MB sudah sangat cukup. Kapasitas standar minimal, artinya halaman website tidak terlalu banyak (cukup untuk 20 s/d 30 halaman), sudah termasuk gambar atau video yang ukuran file tidak besar. Plugin yang terinstall cukup memakai yang penting-penting saja, seperti anti spam. Pada intinya jika website akan digunakan sebagai media promosi, maka space atau kapasitas hosting 25 MB dengan CMS WordPress sudah sangat cukup.
  2. Bagi pemula yang belum memahami sama sekali dengan WordPress, dan ingin mencoba-coba terlebih dahulu, maka WordPress mempunyai fasilitas localhost atau offline. Mencobalah sampai sepuasnya. Silahkan baca cara install WordPress offline/localhost (server lokal).
  3. Didukung plugin yang jumlahnya ribuan, sehingga boleh dikata semua kebutuhan orang dalam membuat website sudah tersedia. Ribuan plugin tersebut bersifat gratis.
  4. User-Friendly. Tampilannya yang simpel memudahkan orang dalam mengoperasikannya, bahkan bagi yang awampun. Yang penting jangan takut mencoba.
  5. Tutorial tentang kustomisasi WordPress sangat banyak, sehingga jangan kuatir akan kehabisan sumber referensi (rujukan) untuk mempelajarinya.

Sulap Menjadi Mesin Uang.

Setelah memiliki website, langkah berikutnya adalah menjadikannya sebagai web toko online atau web affiliasi. Dalam hal ini di internet sudah banyak program yang menawarkan bisnis, tergantung kejelian dalam memilih bisnisnya. Maka sebelum memilih sebaiknya pelajari dan pahami terlebih dahulu seluk beluknya.

Menjadi yang teratas di Search Engine.

Sudah mempunyai situs, dengan segala pernak-perniknya, maka langkah selanjutnya mendatangkan pengunjung sebanyak-banyaknya. Untuk mendapat pengunjung yang banyak, maka situs perlu diusahakan berada pada halaman pertama hasil pencarian, baik Google, Yahoo, Bing ataupun yang lainnya.
Agar menjadi yang teratas di search engine, maka dalam membuat website perlu memperhatikan tips SEO (Search Engine Optimization). Bisa dikatakan menguasai SEO sejak sebelum pembuatan situs menjadi hal dasar.

CATATAN : Blog WordPress bisa buat bisnis, memerlukan domain dan hosting sendiri (poin 1), alias berbayar. WordPress yang gratis, tidak bisa untuk bisnis.

Jadi, mulai membangun kerajaan bisnis online melalui website (ingat ber-SEO ya). Sekali lagi, apapun pilihannya, tergantung amal dan usaha kita :) ….. Maaf dan Matur nuwun.

Share to : Facebook | Twitter | Digg | Google | Technorati | Stumbleupon | Delicious | Reddit |

Artikel terkait :

Random Posts :

2 Comments.

  1. Bagaimana dengan blogspot.com mas??? apakah bisa???

    • Yusuf Fahrurrozi

      Bisa aja gan. Banyak yang memulai dengan blogspot, setelah mulai mapan, baru deh membeli domainnya, atau langsung migrasi ke hosting berbayar..

Leave a Comment