Home » Komputer » Software » CCleaner Berguna Agar Komputer Menjadi Cepat dan Bersih

CCleaner Berguna Agar Komputer Menjadi Cepat dan Bersih

Gambar CCleanerCCleaner adalah aplikasi gratis untuk membersihkan Windows. Aplikasi ini membuat komputer berjalan lebih cepat dengan membersihkan registry yang tidak terpakai atau rusak, file temporary, menghemat space hard-disk dengan menghapus file-file sampah yang tidak digunakan lagi. Banyak sekali kegunaannya untuk meningkatkan performa komputer. Tetapi setelah download versi terbaru dari internet dan menginstalnya, ternyata harus lebih teliti dengan settingannya, agar sesuai dengan yang diharapkan kegunaannya. Biasanya sebelum mematikan PC atau laptop saya terbiasa bersih-bersih komputer dengan CCleaner. Pada saat menghidupkan lagi komputer untuk bekerja, daftar lagu dalam playlist WinAmp hilang semua.

Awalnya saya pikir ini karena salah setting Winamp saat installasi. Install ulang programnya ternyata playlist tetap hilang. Nah penyebabnya sepele, pada tab/opsi Applications di CCleaner, Winamp juga tercentang (lingkaran merah). Nah pengalaman ini jadi pembelajaran, karena pada versi-versi sebelumnya tidak pernah terjadi karena fitur belum sedetail versi yang terbaru. Maka kemudian saya cermati betul pada menu Windows dan Applications CCleaner, agar tidak terulang lagi, dengan memilih opsi yang tersedia sesuai dengan kebutuhan.

Pada CCleaner versi terbaru ini, fitur semakin lengkap, dan sangat manjur. Registry yang sudah tidak terpakai dapat dihapus dengan sempurna (versi sebelumnya belum bisa menghapus semua), hal ini yang sangat menyenangkan, karena saya suka bongkar-pasang program untuk mencobanya.

Beberapa fungsi yang lain program CCleaner:

Program CCleaner

  • Membersihkan internet browser (Internet Explorer,Firefox, Chrome, Opera dll) dari hal-hal yang tidak berguna, seperti cache, riwayat web, cookies dll.
  • Menghapus recycle bin, clipboard, bermacam jenis file dan log-log yang tidak perlu dalam folder system windows.
  • Membersihkan file-file temporary dan riwayat pembukaan file dari bermacam-macam aplikasi yang terpasang di PC.
  • Memeriksa dan membersihkan registry windows dari bermacam-macam masalah seperti Uninstallers, File Extensions, Help File references, ActiveX Controls, ClassIDs, Shared DLLs, Fonts, Application Paths, Invalid Shortcuts dll.

Untuk lebih lengkapnya silahkan baca artikel pada web developernya dengan alamat http://www.piriform.com/ccleaner/features

Dari pengalaman mencoba berbagai macam registry tools untuk perawatan Windows, CCleaner adalah yang terbaik dan paling aman digunakan, termasuk oleh pengguna komputer kelas pemula seperti saya yang masih mulai belajar. Cara penggunaannya pun relatif sangat mudah dan efisien, tinggal akses dan click! Software ini dapat berjalan disemua Microsoft Windows.

Langsung download CCleaner klik di sini atau mau berkunjung dulu untuk mengetahui informasi lebih detil, selanjutnya baru unduh, ya silahkan tinggal memilih. Saya rekomendasikan untuk selalu menggunakan versi terbaru, karena pasti ada perbaikan dan tambahan yang sangat berguna. Setidaknya setengah tahun sekali untuk melihat pembaharuan yang ada.

Dengan menggunakan program CCleaner yang membersihkan invalid registry maka komputer menjadi lebih cepat saat loading dihidupkan ataupun dalam pemakaiannya. Walaupun tidak semua file atau registry yang rusak terhapus, tetapi sudah cukup membantu, kinerja menjadi lebih ringan. Hal ini salah satu tips agar PC tidak lambat. Agar komputer cepat saat digunakan, masih ada beberapa trik lainnya yang sudah saya posting artikelnya. Mohon maaf, terima kasih dan semoga bermanfaat.

Share to : Facebook | Twitter | Digg | Google | Technorati | Stumbleupon | Delicious | Reddit |

Artikel terkait :

Random Posts :

Leave a Comment