Home » Internet » Tutorial web » Buat website » Domain Website

Domain Website

Panduan membuat website, tentang domain. Tutorial ini khusus saya posting bagi teman-temanku tersayang yang ingin tahu atau punya keinginan untuk membuat situs. Daripada menjelaskan ke banyak orang satu persatu, lebih enaknya bikin artikel. Sebelum melangkah jauh, setidaknya kita perlu mengetahui beberapa istilah-istilah dalam pembuatan website. Istilah yang utama untuk perlu diketahui sebelum membuat situs yaitu domain dan hosting. Tutorial ini fokus pembahasan tentang domain dulu.


Pengertian domain adalah nama atau alamatsitus. Saat akses dunia maya alias internet, untuk membuka atau mengunjungi sebuah blog harus menulis nama alamatnya, contoh domain www.fahrurrozi.com atau www.propenil.co.id

Domain terdiri dari nama domain dan extension. Kata “fahrurrozi” dan “propenil” di atas itu disebut dengan nama domain. Kata yang berada setelahnya disebut extension yaitu .com atau .co.id

Extensi domain jumlahnya banyak, silahkan dilanjutkan membacanya sebagian daftar berikut :

Top Level Domain (TLD)

TLD asalnya dari singkatan a generic top-level domain (gTLD). Tapi lebih familiar TLD. Domain yang termasuk TLD misalnya :

.com (commercial) – komersial
.net (network) – jaringan internet
.org (organization) – organisasi
.biz – untuk bisnis
.info (information) – untuk website informasi
.name – untuk personal atau pribadi

Country Top Level Domain (cTLD)

Nama lainnya: country code top-level domain (ccTLD). Nama domain berdasarkan asal negara. Jadi setiap negara mempunyai extensi yang berbeda-beda. Misalnya untuk domain dari Indonesia (id).

cTLD Indonesia

.co.id – untuk website komersial Indonesia
.web.id – personal Indonesia
.sch.id – sekolah di Indonesia
.ac.id – perguruan tinggi
.go.id – departemen pemerintah Indonesia
.or.id – organisasi Indonesia
.net.id – internet Indonesia
.mil.id – militer Indonesia

cTLD yang manca negara misalnya :

.com.au – komersial Australia
.net.au – internet Australia

.us – USA
.uk – Inggris
.de – Jerman
.hk – Hongkong
.in – India
.it – Italia
.jp – Jepang
.kr – Korea Selatan
.my – Malaysia
.com.my – komesial Malaysia

Selain yang di atas, saat akses internet kita tidak asing dengan domain extension di bawah ini :

.wordpress.com – blog gratis dari WordPress.org
.blogspot.com – blog gratis dari Google.com
.co.cc – domain gratis

Blog yang gratis tersebut (WordPress dan Blogger) nama domain menjadi panjang, misalnya www.propenil.blogspot.com maka jika ingin nama domain menjadi lebih pendek, dan tentunya yang gratis, silahkan ganti nama domain blogspot tersebut dengan co.cc sehingga namanya menjadi lebih pendek, yaitu www.propenil.co.cc gitu.

Selain yang saya sebutkan di atas nama domain yang lain masih banyak. Saya memilih domain extension di atas karena yang paling banyak ditemui di internet. Kalau ingin yang lebih lengkap silahkan mencari sendiri :(

Cara dan tempat membeli domain website di internet

Domain Indonesia dikelola oleh PANDI (Pengelola Nama Domain Internet Indonesia). Harga domain mulai Rp. 25.000,- sampai Rp. 100.000,- per tahun. Cara pembelian atau pembayaran domain melalui transfer bank. Selain itu banyak jasa penjual domain, di tempat hosting juga melayani domain, masalah harganya variatif. Untuk pembelian domain dan hosting tidak harus satu paket.

Tambahan informasi : harga domain termurah ya membelinya ke PANDI. Tapi untuk membeli langsung ke PANDI sulitnya luarrrr biasa. Tahun 2008 saya nyoba sampai pusing tujuh keliling tetap tidak berhasil. Sampai saat ini saya belum mencoba lagi membeli domain langsung ke PANDI. Untuk lebih mudah dan cepatnya membeli domain di tempat hosting sekaligus. Hosting apaan sih :roll: Tunggu saja artikelnya.

Untuk memilih nama domain, sebaiknya sesuai dengan kaidah SEO lho, silahkan baca artikel tentang pengertian dan tujuan SEO untuk blog. Setelah tahu maksud dan tujuan SEO, silahkan dilanjutkan membaca tips SEO untuk memilih keyword sebagai nama domain website. Setelah membaca dua artikel tersebut, harapannya tidak ada kesalahan dalam memilih nama domain, karena berkaitan dengan proses meningkatkan (popularitas) situs yang dibangun.

Demikian tutorial internet tentang domain untuk website. Mengenai web hosting segera menyusul dalam tempoe jang sesingkat-singkatnya dan dengan tanpa batas waktu yang jelas :) Bgitu ya friend. Semoga bermanfaat, maaf dan terima kasih.

Share to : Facebook | Twitter | Digg | Google | Technorati | Stumbleupon | Delicious | Reddit |

Artikel terkait :

Random Posts :

Leave a Comment