Home » Microsoft Office » Excel » Excel Security Password dari Keylogger

Excel Security Password dari Keylogger

Office Excel untuk security/keamanan data dari program keylogger, khususnya password dan beberapa akun penting, seperti email, admin blog, paypal, pin bank dan lain-lain. Seperti sudah saya jelaskan secara sekilas pada artikel tentang software keylogger yang dapat mencuri data-data penting, maka sekarang waktunya share untuk mengamankan data-data penting dengan menggunakan program Office Excel.

Keamanan berinternet menjadi kebutuhan pokok saat sekarang, saya tidak ingin kehilangan data-data penting, walaupun pada dasarnya tidak terlalu penting, tetapi kalau sampai dicuri orang lain benar-benar tidak terima, karena menambah mulus pekerjaan orang-orang yang tidak bertanggung jawab untuk mengintip data yang penting. Misalnya akun email, walaupun tidak ada sesuatu yang layak disembunyikan, saya tetap berhati-hati. Karena pernah membaca beberapa blog yang kampanye ketika membuka akun email, jangan lupa untuk selalu logout. Tujuannya untuk membatasi ruang gerak hacker, kalaupun pada akhirnya bisa menjebol password, tetapi butuh waktu dan pemikiran. Ternyata kampanye tersebut intinya mengajak setiap orang melindungi akun email dll, karena dalam setiap email pasti ada alamat email orang lain, nah ini juga menjadi sasaran, alamat email yang diperoleh bisa laku dipasar gelap. Sejak membaca artikel kampanye internet tersebut saya membiasakan logout dengan prosedur yang ada :) padahal sebelumnya sering tidak logout untuk keluar.

Program Excel untuk security password dan akun ini cara kerjanya cukup sederhana, pada intinya cuma copy data-data penting untuk selanjutnya paste pada web browser internet. Bagi yang belum terbiasa dengan Office Excel, bisa sekalian belajar rumus-rumus dan macro excel. Karena untuk mengisi datanya harus manual melalui Visual Basic Editor (Macro) Excel. Dan rumus macro yang saya gunakan pada program Excel kali ini yaitu rumus if. Bagi yang belum tahu silahkan membaca sebentar artikel tentang rumus if Excel dan macronya. Juga ada cara untuk mengaktifkan macro Excel.

Untuk menjalankan program Excel security password, mengamankan data dari program keylogger, maka macro Excel harus AKTIF ya….

Bacalah dengan seksama, karena banyak password yang harus dimasukkan, semua demi keamanan data penting yang kita miliki. Sebelum dilanjutkan Program Excel secutiry password lebih mudahnya disingkat saja menjadi PESP ya…. saya sudah mulai capek ngetik nih he..he..

Bukalah PESP, kemudian akan diminta memasukkan password. Passwordnya mudah, (harus sama ya) yaitu

open

Setelah PESP terbuka, perlu saya jelaskan sedikit. Yang paling pokok dari halaman Excel ini terletak pada kolom hijau. Dimana kolom ini menjadi keyword atau kata kunci utama. Jika kolom hijau tidak ada data, maka row di atasnya akan tertulis “KOSONG“. Jika berisi data maka akan tertulis “AWAS KOLOM HIJAU MASIH ADA DATA“, sekedar peringatan saja, karena kolom hijau menjadi kunci program Excel ini.

Cobalah beberapa kata secara acak, klik tombol “wp-admin” atau yang bawahnya “wp-pss“. Kemudian klik tombol | coba paste | KLIK ini. Maka tulisan yang muncul menjelaskan kalau kolom hijau salah :) Tombol ini fungsinya hanya untuk uji coba password yang nanti akan kita tulis lewat macro Excel, kalau sudah paham bisa di delete kok.
Isikan kolom hijau dengan kata di bawah ini

fahrurrozi.com

Maaf ya agak narsis dikit nih, jangan kuatir, nanti bisa diganti. Cobalah klak-klik seperti di atas. Klik tombol “wp-admin“, kemudian klik tombol | coba paste | KLIK ini. Maka tulisan yang muncul adalah coba password 1. Betulkan!

Kalau sudah coba-coba, sekarang hapus kolom hijau, atau ganti dengan kata lain. Bagaimana hasilnya?

Jika kolom hijau tidak sesuai dengan kata fahrurrozi.com maka password yang tampil menjadi salah. Disinilah pentingnya kolom hijau, hanya kita yang tahu, orang lain tidak boleh ngerti.

Sekarang kita masuk VBE Excel untuk mengintip dan edit macro. Tekan Alt+F11, maka akan tampil jendela Microsoft Visual Basic. Di bawah Menubar, nampak workbook Excel yang sedang aktif, klik ganda atau klik tanda “+“. Maka akan muncul pop-up yang meminta password. Masukkan password di bawah ini

qwqw

Password ini HARUS diganti ya…. Agar cuma anda yang tahu, semakin panjang karakternya maka semakin bagus dan kuat. Untuk mengganti, klik kanan VBAProject(….
Pilih VBAProject Properties…
Klik tab Protection
Pada kolom Password hapus data yang sudah ada, gantilah dengan password yang baru. Lakukan hal yang sama pada Confirm Password (isi harus sama)
Klik Ok. Maka password VBA macro hanya anda yang tahu, jangan sampai lupa.

Selanjutnya klik tanda “+” di sebelah kata “Modules“, atau klik ganda. Di dalamnya ada 3 Module, yaitu baca_dulu, Module1, Module2.

Klik module baca_dulu. Baca penjelasan singkatnya dan ketentuan penggunaan Program Excel security password.

Ini sambil belajar macro Excel ya, cukup diketahui saja caranya. Data bisa tidak diganti, kecuali ada penekanan dari saya untuk mengganti. Selanjutnya perhatikan variabel macro di bawahnya (dalam module baca_dulu), seperti di bawah ini

Sub pasword_general()

ActiveSheet.Protect “www.fahrurrozi.com ….

With ActiveWindow
.DisplayHeadings = False
.DisplayWorkbookTabs = False
.DisplayGridlines = False
End With

End Sub

Kalimat yang berwarna biru merupakan macro yang mem-protect sheet dengan password
Untuk membuka proteksi sheet, maka tambahkan kata “Un” di depan kata “Protect” sehingga hasilnya menjadi
ActiveSheet.Unprotect “www.fahrurrozi.com ….

Untuk menampilkan heading dan tabs Excel, rubahlah pada kata “False” menjadi “true” (warna merah) sehingga hasilnya menjadi

With ActiveWindow
.DisplayHeadings = True
.DisplayWorkbookTabs = True
.DisplayGridlines = False

Yuk dilanjut yang utama dan agak rumit.
Perhatikan variabel macro selanjutnya, seperti di bawah ini

Sub protect_workbook()
‘ Macro recorded 09-03-2011 by Komputer rumus macro office excel
‘ Ini untuk membuka ProtectWorkbook

ActiveWorkbook.Protect “aa“, Structure:=True, Windows:=True

End Sub

Macro ini berfungsi untuk protect Excel, agar orang lain sedikit bingung jika menemukan file ini, karena berisi data-data rahasia.
Agar tidak error, maka sekarang membuka proteksi workbook Excel. Silahkan kembali ke sheet Excel,
bagi pengguna Office Excel 2007, klik tab atau menu Review, pilih Protect Workbook, kemudian klik Protect Structure and Windows, masukkan password “aa“. Maka proteksi workbook sudah tidak ada.

Kembali ke VBE (macro)
Gantilah huruf “aa” dengan kata semaunya (jangan password akun), bisa diisi kata komputer, internet, SEO, program, telur, atau ndok gluduk, pokonya bebas
Tidak harus ingat, karena jika lupa, anda bisa melihatnya lewat macro.

Variabel-variable di bawahnya tidak dijelaskan ah, ntar jadi terlalu panjang artikelnya….

Edit Module1

Di sinilah mulai memasukkan data-data penting, seperti password atau user name sebuah akun (lebih utama password). Perhatikan contohnya di blog ini

Sub fahrurrozi_admin()
If Range(“C10″) = “fahrurrozi.com” Then

Range(“A100″).Select

‘ Gantilah dengan password asli dalam kurung di bawah ini

ActiveCell.FormulaR1C1 = “coba password 1

Else

Range(“A100″).Select

‘ Kata dalam kurung di bawah ini diisi password palsu/kata bebas

ActiveCell.FormulaR1C1 = “kolom hijau salah

End If
Selection.Copy

End Sub

Kata “fahrurrozi.com” yang berwarna merah inilah yang menjadi kunci, ditulis pada kolom hijau sheet Excel. Jika kolom hijau tidak sama dengan kata ini maka menjadi salah.
Gantilah dengan sebuah kata yang unik.

Kata “coba password 1” yang warana biru, berisi password atau user name. Coba dulu ganti dengan kata lain. Hasilnya jika isi kolom hijau di sheet Excel benar, maka kata ini yang akan di copy.

Kata “kolom hijau salah” yang berwarna jingga, berisi kata yang BUKAN password. Hasilnya ketika kolom hijau tidak sesuai dengan yang di macro, maka kata ini yang akan di copy.

Gantilah pada variabel-variabel macro yang lain, cobalah dulu melalui sheet Excel, bagaimana hasil editannya.

Setelah dirasa cukup, silahkan dicoba. Setelah klik tombol “wp-admin” misalnya, kemudian paste di web browser (Ctrl+V)
Jadi sebenarnya artikel panjang ini cuma membuat copy-paste saja lho

Sudah jelas kan? Okey sekarang yang lebih penting lagi

Kenapa rumit?

Agar orang lain tidak tahu :) dan sewaktu-waktu kehilangan file ini, orang lain tidak bisa mengintip password, karena harus tahu password VBA dan Workbook Excel.

Apakah dijamin aman?

Jawaban jelas TIDAK. Tidak ada yang benar-benar aman dari tukang jebol program (programmer). Perusahaan besar pembuat software yang memang ahlinya saja masih bisa di crack, apalagi bikinan (kreatifitas) saya yang sama sekali ga ngerti bahasa pemrograman :lol:

Apakah benar-benar tidak terbaca software keylogger?

Jawabannya juga TIDAK. Karena ada beberapa cara (kode) yang tidak bisa dikelabui, baik memakai virtual keyboard maupun seperti program ini yang cuma copy-paste data.

Apakah sudah di uji coba?

Sudah. Software keylogger tidak bisa membaca proses copy-paste. Saya mencobanya dengan salah satu software keylogger full version. Tapi baru 1 program yang saya coba :) Tidak ingin nyari keylogger yang lainnya….

Saya membuat program Excel security password setidaknya berusaha untuk meningkatkan keamanan akun pribadi saya, khususnya ketika memakai komputer umum, seperti di kantor atau warnet. Ide ini muncul juga karena setelah saya semakin sering ke warnet, dan akun email muter-muter untuk dibuka.

Tips: usahakan hanya membuat satu file saja. Simpan di flashdisk lebih enak, karena bisa dibawa ke mana-man. Jika suatu saat flashdisk HILANG, segera ganti password atau akun satu persatu. Orang lain yang menemukan file, dan bisa jebol Excel security password, tidak bisa akses/masuk ke akun, karena password sudah diganti.

Demikian artikel tentang program Excel untuk security password, menghindari di curi keylogger atau diintip orang. Jika berminat silahkan download (RAR 55KB), sekalian bisa belajar rumus Office Excel. Silahkan ditanggapi dengan memberi komentar. Kedepannya masih perlu perbaikan dengan rumus Excel, agar lebih baik, jadi jangan lupa berkunjung lagi. Maaf dan matur nuwun.

Share to : Facebook | Twitter | Digg | Google | Technorati | Stumbleupon | Delicious | Reddit |

Artikel terkait :

Random Posts :

4 Comments.

  1. mantap gan……klo bikin xls jadi exe bisa gak….? lagi butuh nih….heeeheehhee trims

  2. Assalamu’alaikum,

    mas fahrur saya dari jember, pingin nanya, tapi sebelumnya terima kasih atas PROPENIL nya,,,sudah saya download…

    tapi…kenapa ya ko’ ngga’ bisa diaktifkan …mohon bimbingnannya..mas..biar softwernya Bermanfaat..

    terima kasih…
    Wassalam,………

Leave a Comment