Home » Internet » Browser » Fitur Baru Firefox 4: Sync dan Tab Groups

Fitur Baru Firefox 4: Sync dan Tab Groups

Firefox 4 belum lama dirilis, dan ada perubahan fitur baru yang kegunaannya luar biasa. Perubahan Firefox 4 yang sangat saya suka :) ada pada Firefox Sync, fitur baru yang tidak ada dalam versi sebelumnya. Pada versi 3 Firefox Sync masih terpisah, berupa add-ons. Dibandingkan dengan versi sebelumnya, Firefox 3.6, versi 4 ini tampil dengan tampilan dan berbagai fitur baru. Jika pengguna (pecinta) web browser kaya add-on ini, tentu versi baru ini tidak bisa dilewatkan begitu saja.

Berikut ulasan singkat beberapa fitur baru di Firefox 4.

Antarmuka (User Interface /UI) yang Baru

Tampilan utamanya sudah di design ulang, kini tampil mirip dengan Opera atau Google Chrome. Menu-menu tidak ditampilkan, melainkan hanya tampil tombol Firefox dan langsung tab-tab halaman web yang dibuka.

Gambar Firefox 4 app tabDengan fitur ini, tampilan konten halaman web yang kita akses menjadi lebih lebar, cocok untuk pengguna layar monitor dengan resolusi kecil seperti di laptop atau notebook. Jika menu-menu klasik masih tampil, untuk mengubah ke tampilan baru, pilih menu View > Menu Bar ( untuk tampilan baru, pengaturannya melalui tombol Firefox pilih menu Options).

Berbagai menu bisa diakses melalui satu tombol saja, yaitu tombol Firefox yang ada di pojok kiri atas.

Manajemen Tabs

Tampilan tab yang berada di atas bisa di ubah ke bawah dengan klik kanan area kosong di kanan tab dan memilih menu Tabs on Top. Selanjutnya kita bisa mengubah tab menjadi App Tabs yang hanya tampil icon saja dan alamat ini akan otomatis dibuka ketika kita menjalankan Firefox untuk pertama kali.

Gambar firefox 4 app tab 2Untuk menjadikan App Tab, klik kanan tab web yang suda kita buka kemudian pilih menu Pin as App Tab. Untuk mengembalikan, klik kanan App tab dan pilih menu Unpin Tab

Tab Groups atau Panorama

Jika kita membuka banyak halaman web, maka tab yang muncul menjadi banyak dan kadang cukup merepotkan. Dengan fitur panorama (tab groups) kita bisa membuat halaman web (tab-tab) ke dalam group. Caranya klik panah kecil yang ada di pojok kanan atas (sebelum tombol minimize) dan pilih menu Tab Groups atau tekan tombol Ctrl+Shift+E.

Gambar tab groups panorama firefox 4Kita bisa menggeser tampilan-tampilan web dan menggabung menjadi satu group. Gambar-gambar bisa di geser antar group atau keluar group. Untuk membuat group baru kita tinggal membuat bentuk kotak dengan mouse. Setiap group bisa di tambahkan judul dengan cara klik bagian judul (title) group.

Peningkatan Keamanan (Security)

Kita bisa memanfaatkan dan mendapatkan berbagai fitur keamanan yang lebih baik, sehingga dengan makin banyaknya ancaman dari internet, proteksi akan lebih baik. Misalnya kita bisa menggunakan fitur Private Browsing agar tidak meninggalkan bekas atau data pribadi/penting di komputer.

Performa dan kecepatan yang makin meningkat

Firefox 4 kembali meningkatkan performa web browser terbaru ini. Kemampuan untuk memproses javascript menjadi semakin cepat beberapa kali dibanding versi sebelumnya.

Selain itu Akselerasi hardware juga didukung oleh Firefox 4. Dengan fitur ini maka tampilan video, grafik 2D maupun 3D di web browser akan didukung dan dapat ditampilkan dengan lebih baik dan cepat.

Firefox 4 versi Portable

Bagi anda yang masih ingin mencoba tanpa harus menginstall dan masih tetap menggunakan versi lama, alternatifnya bisa menggunakan versi Portable. Versi ini tidak perlu di install dan dapat juga dijalankan dari USB Flashdisk secara langsung. Dapat dijalankan di Windows 2000 sampai windows 7 serta di Linux dengan baik.

Sumber artikel dan image dari Ebta Setiawan


Firefox Sync

Kegunaan fitur sync ini yaitu semua settingan, bookmark, password, history, tab dan kustomisasi lainnya disimpan pada server firefox. Sehingga ketika kita akses firefox di komputer manapun dapat menggunakan setting yang sudah kita buat, asyik deh :lol:

Cara buat/daftar Firefox Sync

Untuk bisa menggunakan fitur Firefox Sync, langkahnya mudah, cukup mempunyai akun email, dan iktui langkah di bawah ini:

  1. Klik tombol Firefox (pojok kiri atas)
  2. Klik Set Up Sync Now…
  3. Pilih Create a New Account
  4. Masukkan alamat email dan password
  5. Pada kolom Sever sebaiknya pilih Firefox Sync Server, atau bisa memilih tempat lain.
  6. Kasih centang di bawahnya
  7. Anda juga bisa opsi pilihan, klik tombol Sync Options (kiri bawah)
  8. Setelah selesai, klik Next
  9. Firefox akan menampilkan password yang cukup panjang, simpan atau bisa Anda copy-paste password tersebut. Karena untuk login kita harus memasukkan password 2 kali.

Dengan Firefox Sync, maka dimanapun kita akses internet semua settingan tetap sama seperti yang kita buat, termasuk history browser. Data yang disimpan aman, karena telah dienkrip. Firefox Sync juga tersedia untuk versi mobile phone.

Selain beberapa fitur diatas, masih banyak peningkatan dan tambahan fitur lainnya. Selengkapnya bisa langsung mengunjungi fitur-fitur Firefox 4.

Download Firefox 4 ( 11.9 MB )

Download Firefox 4 Portable ( 13.4 MB )

Bagi yang ingin mengolah data dengan Excel, silahkan baca cara menggunakan rumus IF, OR dan AND Office Excel. Matur nuwun, semoga bermanfaat.

Share to : Facebook | Twitter | Digg | Google | Technorati | Stumbleupon | Delicious | Reddit |

Artikel terkait :

Random Posts :

3 Comments.

  1. (‘:twisted:’) (‘:mrgreen:’)

Leave a Comment