Home » Microsoft Office » Excel » Fungsi Text Excel

Fungsi Text Excel

Beberapa fungsi atau rumus Excel untuk membaca text yang perlu diketahui. Rumus text Excel yang ada dalam tutorial blog ini merupakan rumus-rumus yang sering saya pakai dalam bekerja, untuk bermacam-macam kebutuhan. Karena untuk membaca text, rumus dalam Excel sangat banyak. Berikut beberapa rumus Excel untuk membaca text yang perlu diketahui.

Fungsi Mid

Untuk mengambil karakter yang diinginkan. Sintak rumus yaitu MID(text,start_num,num_chars). text bisa diisi data atau nilai, juga bisa merujuk pada sebuah sel (cell). start_num adalah dimulainya karakter yang akan diambil. num_chars merupakan banyaknya karakter yang akan diambil. Contoh sebagai berikut :

=MID(“office“,3,4) akan menghasilkan fic
=MID(“office“,1,3) akan menghasilkan off

atau ketik di sel A1 dengan kata tutorial, kemudian isi sel B1 dengan rumus MID di bawah
=MID(A1,4,3) maka menghasilkan ori
=MID(A1,2,5) maka menghasilkan utori

Fungsi Trim

Fungsinya untuk menghapus spasi yang lebih dari satu, atau ada spasi ganda. Rumus ini sering saya gunakan ketika copy artikel dari internet atau file pdf :) Maka spasi yang lebih dari satu akan dihapus, sehingga hanya menjadi satu spasi. Syntax fungsi TRIM yaitu TRIM(text). text bisa diisi kata yang diapit dengan tanda “” atau merujuk ke sel tertentu yang berisi kalimat. Sebagai contoh

=TRIM(“Office   Excel“) maka kelebihan spasi akan dihapus, menjadi Office Excel

Fungsi Len

Fungsi LEN yaitu untuk menghitung jumlah karakter suatu text atau sel yang berisi text, termasuk spasi juga dihitung. Syntax rumus LEN yaitu LEN(text)

=LEN(“mata aku“) akan menghasilkan 8 karakter
=LEN(“mata  aku“) akan menghasilkan 9 karakter, karena spasi ada 2

Fungsi Value

Syntax-nya yaitu VALUE(text) fungsinya untuk mengubah teks yang berupa angka menjadi format angka (number), sehingga bisa dilakukan perhitungan terhadapnya. Karena dalam Excel, format sel ada beragam jenis, misalnya format text dan angka. Format text tidak bisa dilakukan operasi hitung, walaupun berisi angka-angka. Maka agar bisa dilakukan perhitungan, salah satu caranya dengan mengubah formatnya menjadi angka ( number ) menggunakan rumus VALUE. Untuk melihat format sel, bisa dengan cara klik kanan sel tertentu, pilih Format Cells… Kemudian pilih tab Number, maka pada kotak Category adalah daftar format sel Excel.

Fungsi Proper

Syntax : PROPER(text)
Kegunaannya untuk mengubah teks menjadi huruf kecil dengan awal kata berupa kapital. Rumus yang banyak berguna untuk mendukung membuat makalah :)

=PROPER(“MICROSOFT OFFICE EXCEL“) maka hasilnya menjadi Microsoft Office Excel
=PROPER(“MIcrOSOFT OffICE excel“) hasilnya tetap Microsoft Office Excel

Fungsi Upper

Syntax : UPPER(text)
Fungsinya mengubah teks menjadi huruf besar semua ( kapital )

=UPPER(“tutorial rumus“) menghasilkan TUTORIAL RUMUS

Fungsi Lower

Syntax : LOWER(text)
Fungsinya kebalikan dari upper, rumus Lower untuk mengubah teks menjadi huruf kecil semua.

=LOWER(“MICROSOFT OFFICE EXCEL“) maka hasilnya menjadi microsoft office excel

Fungsi Find

Fungsi FIND untuk mencari posisi atau nomor karakter yang di cari. Dalam mencarinya rumus ini membedakan antara huruf kecil dan besar. Syntax sebagai berikut

FIND(find_text,within_text,start_num) atau di artikan
FIND(teks_dicari,kata_kalimat,awal_cari)

Contoh : sel A1 diisi dengan kata belajar dasar komputer
Kemudian pada sel B1 dimasukkan rumus =FIND(“A“,A1) akan menghasilkan #VALUE! :) karena dalam contoh tidak ada kapital kok

=FIND(“a“,A1) akan menghasilkan 4
artinya bahwa rumus FIND menemukan huruf a pada karakter yang ke-4 dari contoh kata di atas

=FIND(“a“,A1,7) akan menghasilkan 10
karena pencarian dimulai setelah karakter ke-7 sehingga ditemukan pada karakter ke-10

Fungsi Search

Fungsinya rumus ini sama dengan FIND, hanya tidak membedakan antara huruf besar dan kecil. Untuk sintaknya seperti di bawah, atau dari contoh FIND tinggal mengganti menjadi SEARCH :)

SEARCH(find_text,within_text,start_num) atau di artikan
SEARCH(teks_dicari,kalimat,awal_cari)

Fungsi Left

Syntax : LEFT(text,num_chars)
Fungsi LEFT untuk mengambil sejumlah karakter tertentu dari sebelah kiri. num_chars adalah banyaknya karakter yang akan diambil.
Contoh :

=LEFT(“belajar dasar komputer“,7) akan menghasilkan belajar
Jika angka 7 di ganti 6, maka akan menghasilkan belaja
Angka 7 di ganti 10, hasilnya menjadi belajar da

Fungsi Right

Syntax : RIGHT(text,num_chars)
Fungsinya sama dengan LEFT, cuma mengambil karakter dari sebelah kanan. Kebalikannya LEFT. Silahkan dicoab eh dicoba :)

Itulah beberapa rumus teks yang sering saya pakai, atau istilahnya beberapa rumus teks yang sangat berguna dalam banyak hal untuk menyelesaikan suatu permasalahan. Saya menyebut “permasalahan” karena beberapa kasus yang kalau dikerjakan manual membutuhkan waktu lama, maka diedit menggunakan rumus Excel menjadi lebih cepat dan akurat. Misalnya, edit subtitle film, membuat link yang jumlahnya banyak, wah pokoknya ketika menemui kesulitan, biasanya saya berlari-lari kecil ke Excel :)
Dan sejauh ini tidak perlu rumus yang aneh-aneh :lol Yang penting tahu dikit-dikit beberapa dasar Excel, maka masalah yang penting selesai, walaupun aslinya kalau ketahuan orang lain mungkin diketawain, ya cuek aja, yang penting tujuan yang ingin dicapai terpenuhi. Maka terkadang untuk posting artikel blog yang mengandung banyak link, saya olah dulu di Excel loh :roll:
Dan untuk urusan copy paste dari Excel ke blog dan sebagainya saya menggunakan text editor Notepad++, banyak sekali keunggulannya daripada Notepad bawaan Windows loh

Demikian dulu tutorial tentang beberapa rumus text Excel. Dengan memahami dari dasarnya akan sangat membantu saat kita menemui kesulitan. Dan tentunya selamat berkreasi mengolah rumus Excel.

Share to : Facebook | Twitter | Digg | Google | Technorati | Stumbleupon | Delicious | Reddit |

Artikel terkait :

Random Posts :

Leave a Comment