Home » Internet » SEO » Google Honeymoon Untuk Promosi Posting Baru

Google Honeymoon Untuk Promosi Posting Baru

Google Honeymoon merupakan fenomena Search Engine Google menampilkan artikel atau postingan baru di halaman pertama hasil pencarian. Oleh karena itu, maka fenomena ini menjadi pembahasan dan analisis yang beragam dari waktu ke waktu. Termasuk saya sendiri mempunyai pandangan yang barangkali berbeda, dimana algoritma mesin pencari tersebut sebuah promosi artikel atau posting baru untuk dilakukan analisa terhadap kualitas kontennya.

Istilah honeymoon diambil dari masa-masa pengantin baru mengawali/menjalani kehidupan bersama, untuk lebih mengenal antara satu sama lain. Sehingga terbangun sebuah komitmen bersama mengarungi hidup dalam suka dan duka. Baik dan buruknya komunikasi yang terjalin selama honeymoon, akan berpengaruh pada masa selanjutnya, ketika mereka sudah kembali kepada rutinitas sehari-hari.

Atau pada sebuah komunitas/kelompok ada anggota baru, maka pada awal-awalnya akan diberi kesempatan untuk menampilkan atau menunjukkan kemampuan yang dimilkinya. Jika kemampuan yang ditampilkan mendapat nilai positif, maka pada kegiatan-kegiatan selanjutnya pasti akan selalu diikutsertakan. Jika kemampuan berkualitas tinggi, maka akan dipercaya menjadi pemimpin, atau memegang jabatan penting, walaupun masih baru. Jika kualitas sedang, ya dapat jabatan sedang :) Jika rendah, masihkah ada yang ingin memperdayakannya? :( Itulah gambaran sederhana kehidupan di sekitar kita.

Maka tak berbeda dengan postingan baru blog, oleh search engine Google diberikan kesempatan langsung bisa tampil di halaman pertama hasil pencarian, tanpa perlu dilakukan optimasi SEO. Cara kerja algoritma mesin pencari tersebut bukan semata-mata untuk menyenangkan atau hiburan bagi admin post, tetapi sebuah upaya dari Google untuk mengenalkan kepada publik terhadap keyword yang dicarinya.

Pada masa promosi postingan baru blog ini, setiap kali ada pengunjung yang membukanya menjadi bahan analisa Google, untuk mengetahui kualitas konten tersebut. Dan tentunya hal ini juga akan terkait erat dengan posting blog lainnya. Katakanlah Google saat mengindek artikel baru, sudah mempunyai nilai skor, ditinjau dari keunikannya. Maka agar fair, dan mendapat penilaian langsung dari manusia, posting baru langsung ditempatkan di page 1 hasil pencarian. Jika setiap pengunjung yang membukanya dengan durasi cukup untuk membacanya (tergantung jumlah karakter artikel), maka Google akan mencatat sebagai artikel yang berkualitas. Apalagi ternyata pengunjung juga tertarik membuka beberapa posting yang lain, maka tentunya hal ini menunjukkan ada relevansi atau keterkaitan dengan artikel yang lain. Sehingga artikel tersebut benar-benar dianggap konten berkualitas tinggi, dan akan selalu mendapat perhatian Search Engine Google. Karena search engine sudah merasa pada jalur yang benar mengarahkan pengunjung mencari artikel blog yang sesuai dengan keyword atau kata kunci yang diketik :)

Nah enaknya kalau sudah mendapat “perhatian” lebih dari search engine, tanpa dilakukan optimasi SEO yang ribet :) (bagi pemula seperti saya) artikelnya akan selalu bisa berada pada papan atas hasil pencarian. Dan tentunya hal inilah yang menjadi harapan setiap Blogger, posting artikel bisa tampil di page terdepan, atau paling tidak di page 2/3.

Logika terbalik saya, jika artikel tersebut tidak berkualitas, ditulis secara asal-asalan, apalagi cuma artikel hasil copas, maka pengunjung tidak akan lama membukanya, dan efek selanjutnya malas untuk mencari atau melihat artikel yang lain. Kalau hal ini yang terjadi, tentunya esok hari setelah masa promosi (honeymoon) Search Engne Google akan malas untuk menampilkan di halaman depan, karena sudah menganggap artikel tersebut berkualitas rendah :(

Maka secara pribadi, saya merasa senang dan berterima kasih kepada Google yang telah menyusun algoritma search engine-nya sedemikian rupa, berpikir layaknya manusia. Dan memang tujuan itu yang menjadi dasar algoritma mesin pencari paman Google.
Sehingga artikel-artikel saya bisa diketahui atau dikenal oleh orang :lol: tanpa perlu melakukan optimasi SEO yang berlebihan, atau lebih sering saya tidak melakukan optimasi SEO, cukup tips SEO dasar saja, yaitu saat proses membuat artikel dengan memperhatikan keyword density dan penyebarannya. Setelah posting ya sudah pekerjaan selesai, malas untuk mencari backlink (linkbuilding) atau sekedar cek peringkat dari hari ke hari saya juga sudah malas banget.

Masa uji berlaku (kayak kendaraan aja :) ) fenomena Google Honeymoon beragam pendapat, ada yang mengatakan 2-3 hari, sekitar 6 hari, 6 pekan dll. Semua mempunyai analisa sendiri-sendiri, dan saya tidak tahu mana yang mendekati kebenaran fenomena tersebut.

Tetapi yang pasti sudah melekat dalam pemikiran saya, posting artikel baru dapat tampil di halaman pertama hasil pencarian, semua itu tergantung pada kekuatan keyword dan keunikannya. “Unik” dimaksudkan bahwa dari susunan kata, paragraf, relevansi antar paragraf, jumlah karakter dianggap sebagai hal baru, belum/tidak ada yang menyamai sebagian besar konten tersebut, walaupun sebenarnya tema lama dan sudah banyak yang membahasanya :)

Jika konten artikel berkualitas baik dan unik, maka sejak diposting, sampai masa Google Honeymoon berakhir, akan tetap berada di halaman pertama SERP (Search Engine Result Page). Karana ada beberapa artikel saya yang mengalami fenomena ini, sampai beberapa bulan tetap page 1, dan sampai sekarang keyword-keyword tersebut yang menjadi jalan masuk ke blog ini :)
Ada juga beberapa (aslinya banyak :) ) artikel saya, benar-benar mengalami Google honeymoon, bisa tampil di page 1, beberapa hari kemudian nyangkut di page 8, atau ada postingan baru yang sampai meloncat ke page 50-an hahahaha (sampai capai mencarinya)

Maka dalam beberapa artikel terakhir saya, khususnya yang ada kaitannya dengan SEO, saya katakan sudah malas ber-SEO-ria, terlalu ribet dan capek :)
Biarlah seleksi alamiah dunia internet yang menentukan konten saya berkualitas atau tidak untuk dikunjungi. Tentunya melalui promosi Google mengenalkan ke publik dengan fenomena Google Honeymoon-nya.
Thank you Uncle Google :) Maaf, terima kasih dan semoga bermanfaat.

Share to : Facebook | Twitter | Digg | Google | Technorati | Stumbleupon | Delicious | Reddit |

Artikel terkait :

Random Posts :

1 Comments.

  1. informasi yang bagus, terimakasih banyak ya

Leave a Comment