Home » Internet » Wordpress » Instalasi WordPress Secara Offline (Server Local)

Instalasi WordPress Secara Offline (Server Local)

Gambar WordPressContent Management System (CMS) adalah sebuah sistem yang memudahkan untuk pembuatan sebuah blog, tanpa harus mengerti bahasa PHP, css dll yang rumit (bagi saya lho). Dengan CMS kita tinggal menulis artikel, kemudian di upload maka website sudah jadi. CMS opensource banyak jenisnya, yang pernah saya coba secara offline diantaranya WordPress, Joomla dan Moodle. Dari ketiga CMS tersebut, saya akan membahas WordPress, tentunya secara offline (server local) artinya tidak harus terhubung dengan internet.

Belajar blogging/ membuat situs secara offline membutuhkan beberapa komponen : Apache sebagai server local, MySql sebagai database dan PHP (pemograman website). Ikuti langkah-langkah pembuatan blog menggunakan Wordpres secara offline berikut :

Installasi Apache, MySql dan PHP

Program untuk server local misalnya WampServer dan Xampplite. Setelah mencoba ternyata lebih enak memakai Xampplite (yang bentuk zip), karena tidak perlu instalasi dan bersifat portable (bukan file yang exe lho). Didalamnya sudah ada Apache dan MySql. Yang berminat menggunakan XAMPP atau XAMPP Lite portable, download di sini.

Ekstrak xampplite ke drive manapun
Buka folder xampplite, jalankan xampp-control.exe maka akan muncul popup (jendela) XAMPP Control Panel Aplication
Selanjutnya pada Apache dan MySql klik Start. Kalau sukses maka disebelahnya akan muncul tulisan running. Tutup popup XAMPP Control Panel Aplication. Perhatikan gambar di bawah ini :

Gambar Setting Xampplite

Buka web browser ( Mozilla Firefox, Internet Explorer, Chrome atau Opera) di addres bar ketikkan localhost kemudian enter. Dari beberapa browser yang paling unggul digunakan untuk offline yaitu Firefox, ditinjau dari beberapa sisi, tetapi web browser yang terbaru sekarang mempunyai kesamaan dalam pemakaian untuk offline.

Installasi WordPress

Silahkan download dahulu WordPress versi terbaru di www.wordpress.org dalam format zip atau langsung klik di sini.

  1. Ekstrak hasil download tadi (wordpress.zip) ke folder htdocs (missal C:\xampplite\htdocs). Maka pada folder htdocs akan bertambah 1 folder yaitu wordpress. Nama folder ini bisa langsung diganti sesuai dengan keinginan anda, misalnya wordpress diganti menjadi yusfah. Nama folder ini akan menjadi nama web anda saat dibuka dengan web browser.
  2. Sebelum menginstall wordpress, maka kita harus membuat database untuk website, caranya ketik di address bar: localhost/phpmyadmin
  3. Buat database baru, di bawah Create new database beri nama sesuka anda, misalnya dbyusfah kemudian klik Create. Database untuk nama website telah selesai dibuat.
  4. Buka file wp-config-sample.php (di folder xampplite\htdocs\yusfah), dengan program notepad atau sejenisnya
  5. Mengubah datanya, yaitu Putyourdbnamehere diganti dbyusfah (database yang tadi di buat), Usernamehere diganti menjadi root, dan hapus yourpasswordhere sehingga hanya ada 2 tanda petik ‘ ‘ artinya menjadi tidak ada tulisan. Kemudian simpan dan close.
  6. Selanjutnya proses instalasi wordpress, buka web browser (Mozilla Firefox, Internet Explorer atau Opera) ketikkan di address bar : localhost/yusfah (jika folder wordpress sudah diganti menjadi yusfah, kalau masih orsi maka ketikkan: localhost/wordpress).
  7. Ikuti proses instalasi wordpres, silahkan isi Blog Title dan E-mail, kemudian klik Install WordPress
  8. Jangan lupa untuk mencatat password, karena biasanya susunan hurufnya sulit dihapal, atau bisa di copy-paste di text editor seperti notepad atau Office Word.
  9. Selanjutnya klik Login untuk mulai kustomisasi website anda
  10. Setelah masuk Dashboard Wordpres, jangan lupa mengganti passwordnya yang lebih mudah, caranya klik admin di pojok kanan atas, pada bagian bawah buatlah password yang mudah dihapal. Setelah diganti jangan lupa untuk klik Update Profile.
  11. Cobalah Log-out, kemudian Log-in lagi dengan password yang baru.

Menggunakan WordPress secara offline ini sangat membantu. Misalnya mencoba plugin WordPress, kustomisasi theme WP dan lain-lain. Mencoba beberapa kode untuk membuat random post, related posts, breadcrumbs, pagenavi pagenumber yang semuanya tanpa plugin. Termasuk untuk posting artikel saya coba dulu di local host. Kalau sudah fix baik struktur konten, bahasa, file pendukung lainnya, misalnya gambar, link download dll sudah siap, baru di upload atau posting ke blog yang asli.

Keuntungan lain, menghemat bandwidth karena tidak membutuhkan waktu lama untuk akses internet. Apalagi jika struktur artikel yang akan diposting termasuk sulit, maka enaknya offline dulu, jadi bisa mencoba-coba sepuasnya agar tampilan menjadi baik. SEMOGA SUKSES dan BERMANFAAT.

Share to : Facebook | Twitter | Digg | Google | Technorati | Stumbleupon | Delicious | Reddit |

Artikel terkait :

Random Posts :

2 Comments.

  1. tesss

    he he…

  2. he. . . . he. . . .he. . . .tolong tulis artikel CARA NGILANGIN VIRUS NGANTUKAN,pak d!

    walah, ngece ki,ki ki kik

Leave a Comment