Home » Komputer » Ubuntu » Install Ubuntu, HardDisk Tidak Terdeteksi Windows

Install Ubuntu, HardDisk Tidak Terdeteksi Windows

Setelah install Ubuntu 10.10 ke laptop dengan sukses, tapi masalah lain muncul, tidak bisa multiboot. Booting ke Windows 7 yang sudah terinstall dulu ternyata tidak bisa, selalu error, dan saat booting selalu restart karena tidak bisa deteksi keberadaan hard disk. Install ulang memakai Win XP dan Windows 7 hasilnya sama, harddisk tidak terbaca, blank. Berikut cara mengatasi hasil dari pengalaman pribadi.

Semua rentetan kejadian harddisk tidak terdeteksi oleh Windows setelah mencoba install Ubuntu 10.10 melalui perjuangan panjang dan melelahkan, dan yang pasti mempercepat kerusakan laptop karena berulangkali di paksa untuk mati karena blank (blue screen). Padahal perasaan itu harddisk tetap masih duduk manis dalam laptop. Tidak cuma hard disk yang tidak terbaca, termasuk data sekitar 130 GB juga musnah tak berbekas. Media pembelajaran sebesar + 15 GB yang saya kumpulkan selama bertahun-tahun turut terhapus :( Pengalaman terpahit dengan komputer/laptop

Install ulang Windows memakai CD/DVD maupun lewat flashdisk hasilnya sama, harddisk tidak terdeteksi. Informasi error yang saya tangkap, ada overlap partisi. Maksudnya yang jelas saya ga ngerti, tapi bisa dipahami kalau ada partisi yang tersalip karena barangkali jalannya yang lambat :lol: yaaa itu mah bahasa komentator MotoGP.

Setelah melalui beberapa tahapan, akhirnya berhasil untuk install Windows 7 ke laptop atau notebook yang hard disk sebelumnya tidak terdeteksi sama sekali. Berikut langkah-langkah yang saya lakukan:

1. Mini Windows XP dalam Hiren’s BootCD 13.1 [ bootable USB Flashdisk ]

Menggunakan Hiren’s BootCD 13.1, tapi ada file versi 9.8 di usb flashdisk saya :) melalui Mini Windows XP. Bagi yang belum kenal tentang program ini, silahkan baca tutorial Hiren’s BootCD 13.1, sangat berguna untuk management laptop/komputer.

2. Program DiskWipe [ management hard disk ]

Melalui Mini Windows XP yang ada dalam Hiren’s BootCD, saya coba jalankan program DiskWipe. Caranya dari Menu program Hiren’s – pilih Hard Disk / Storage - kemudian pilih DiskWipe. Asumsi saya, hard disk tidak terbaca karena saya membuat partisi melalui Ubuntu 10.10. Coba saya cek dengan program backup Norton Ghost, memang bertambah 2 partisi (swap dan root Ubuntu 10.10). Ya tanpa basa-basi, dalam jendela Roadkil’s DiskWipe Version 1.2, kotak Disk To Wipe di isi dengan harddisk dalam laptop/komputer, jangan keliru memilih usb flashdisk :) Di sebelah kanannya biarkan pada pilihan Blank Disk. klik Erase untuk menghapus semua data dalam hard disk. Saya mantap memilih Erase karena data pasti sudah hilang….
Gambar DiskWipe Partition Hiren's BootCD
Proses ini cukup memakan waktu, sekitar 30 menit lebih, silahkan yang mau kondangan dulu :)
Dalam Mini XP Hiren’s BootCD harddisk sebesar 250 GB juga tidak terbaca, seperti background gambar DiskWipe di atas.
Setelah proses erase hard disk selesai, dengan semangat 45 restart laptop, coba install Win XP dan Windows 7 masih gagal. Hard disk belum terdeteksi.

3. Program Partition Wizard Home Edition [ buat partisi ]

Masuk lagi ke Mini Xp di Hiren’s BootCD. Melalui Disk Management, pesan yang muncul masih sama error loading virtual disk. Saya coba Auto Mount Drives juga masih tidak terdeteksi dalam Disk Management Mini Windows XP. Kemudian saya gunakan (dengan terpaksa) Partition Wizard Home Edition. Caranya dari Menu program Hiren’s, pilih Partition / Boot / MBR, kemudian klik Partition Wizard Home Edition.
Hard disk bisa terbaca. Selanjutnya langsung saya buat harddisk menjadi 4 partisi sekalian, tidak lupa untuk mem-format atau meng-format sih yang betul :roll:
Setelah melalui langkah ini saya tidak mencoba restart, karena sudah capek memaksa komputer untuk mati, dan tidak ingin laptop punya satu jadi rusak semua deh hik hik SATU kok rusak semua waladalah…. Partisi drive laptop sudah sukses di buat seperti background Gambar WinNT Setup di bawah ini

Gambar WinNT Setup Hiren's BootCD

4. Program WinNTSetup (NT/XP install)

Saya tertarik dengan program WinNT Setup. Eh siapa tahu bisa berhasil, langsung di coba. Caranya dari Menu program Hiren’s, pilih Other, klik WinNTSetup (NT/XP install). Setting seperti gambar di atas
Pada pilihan Select location of Windows, saya arahkan pake flash disk, tidak terbaca. Ganti memakai CD installasi Windows XP.
Lokasi Bootdrive dan Installationsdrive saya pilih ke drive C. Langsung klik Setup. Setelah selesai ada pengumuman instalasi akan dilajutkan setelah reboot, nginggrisnya saya lupa, kalau ga keliru Next installation after reboot…. :)

5. Reboot

Setelah reboot, saya bingung, mau masuk ke Mini Windows XP lagi, atau install seperti biasa. Pilihan saya install biasa memakai CD installer XP, barangkali berhasil karena sudah dibantu melalui WinNTSetup. Hasilnya sukses bluescreen lagi :(

6. Install Windows 7

Ganti colokin bootable USB Flashdisk Windows 7, Alhamdulillah empat partisi yang dibuat melalui mini XP Hiren’s BootCD 13.1 sudah terbaca. Ya tanpa ragu lagi partisi langsung saya format semua, biar terbaca Windows. Akhirnya Windows 7 berhasil duduk manis di laptop….


Dari 6 langkah di atas, kalau saya ditanya mana yang bisa membuat harddisk menjadi terdeteksi oleh windows, sejujurnya saya tidak tahu :) maaf ya tidak bisa kasih penjelasan detailnya, karena memang saya belum ngerti banyak tentang komputer dan istilah-istilahnya, asli dari kampung jauh dari kota sih.
Sebagai informasi tambahan, untuk instal Win XP ke laptop punya saya memang sulit, sebelum kehilangan semua data ini, berulangkali mencoba selalu gagal, baik menggunakan CD maupun USB Flashdisk, cuma sekali berhasil. Pernah minta tolong orang yang ahli instalasi komputer dan OS, bisa di install setelah digarap selama 5 hari, sampai orangnya mengeluh lho….. Maka pada langkah ke 5 di atas bisa jadi memang harddisk laptop saya yang ga mau nerima Win XP dengan lapang dada :)

Enam langkah di atas yang terakhir saya coba, dan berhasil install Windows 7, setelah sebelumnya harddisk tidak terdeteksi. Dan saya punya keyakinan, komputer dan laptop yang berbeda akan memerlukan penanganan yang tidak sama. Tapi inilah sedikit pengetahuan tambahan yang saya anggap sebagai ilmu yang luar biasa.

Pengalaman install Ubuntu 10.10 begitu mahal, karena kehilangan data dan hard disk tidak terdeteksi Windows. Akhirnya kembali install Ubuntu 9.8 deh. Demikian cara saya menangani harddisk yang tidak terdeteksi Windows setelah install Ubuntu 10.10. Maaf, terima kasih dan semoga bermanfa’at.

Share to : Facebook | Twitter | Digg | Google | Technorati | Stumbleupon | Delicious | Reddit |

Artikel terkait :

Random Posts :

14 Comments.

  1. Sama, saya instal ubuntu langsung dpt kasus sperti itu…

    Dan skarang pun harddisk tdk terdeteksi win7 !
    Tetapi bisa utk win XP !
    Ada solusi ?

    • Yusuf Fahrurrozi

      Bang Lio, he5x berjuang ya…
      Saya dah dua kali kena kayak itu pada komputer yang berbeda, pada akhirnya jalan satu-satunya delete all partition, baru deh Xp ma Seven dapat nagkring lagi…
      Makanya sekarang saya memilih install Ubuntu inside Windows, lebih mudah dan praktis, toh hasilnya sama saja
      Kasus Anda masih lumayan, Xp-nya masih dapat bagian ;)
      Makasih dah mampir….

  2. gan mau tanya.
    ane kan ngalamin masalah kaya di atas setelah install ubuntu 11.04, hardisk ane gak kedetect waktu mau install windows, tapi di ubuntu hardisk dan partisinya normal kedetect.
    yang mau ane tanyain, semua step di atas di lakuin di windows yak ?? ane kan laptopnya gak dual boot, ane single boot pake ubuntu, nah ada gak cara yang bisa dilakuin lewat ubuntu buat ngebetulin hardisknya ??

    mohon pencerahannya gan, ane udah buntu nih. :cry:

    • Yusuf Fahrurrozi

      Agan o’gaeyz
      Kalau kita membuat atau manage partisi dari Ubuntu emang berulangkali nyoba pada akhirnya Windows gagal deteksi harddisk. Kalau sudah ada Ubuntu, yang akhirnya berhasil, cuma satu cara, delete semua partisi :) . Yang jadi masalah, kita mesti pindah file dulu (kalo besar jadi berabe), bela-belain sewa harddisk :lol:
      Kalau sudah delete all partisi, yang mudah dan cepat pakai saja disk Genius yang ada dalam Hiren’s 13 atau 14, selanjutnya install Windows, sekalian bikin partisinya. Sisain satu partisi (Unallocated) untuk Ubuntu.
      Hal ini belum tentu juga menjamin sukses install Ubuntu. Maka trik yang saya pakai, setelah install Windows, kemudian membuat partisi Ubuntu (yg dalam Windows masih Unallocated) menggunakan Partition Wizard Home Edition (Hiren’s lagi) yaitu: swat, root dan home. Nanti saat install Ubuntu kita tinggal memilihnya, karena sudah disediakan. Kelemahannya: tidak bisa memilih type partisinya.
      Maka karena berbelit-belit, sekarang saya memilih install Ubuntu Inside Windows :) dengan file installasi terpisah dengan Windows.

      Untuk ngebetulin harddisk tidak perlu, karena tidak rusak kok, ya cuma itu, kalau bikin Ubuntu dulu, Windows akan gagal detect harddisk, sampai sekarangpun saya belum menemukan caranya kalau sudah install Ubuntu dulu, sampai capek Googling :( . Untuk membuat partisi Unallocated memang melalui Windows.
      Semoga membantu… dan yang pasti bisa dimengerti, karena saya juga masih belajar :)
      Trim’s atas kunjungannya

  3. nah cara menghapus semua partisinya, atau memformat ulang hardisknya gimana gan ??
    lewat ubuntu bisa gak ??

    tolong pencerahannya gan, soalnya saya udah BUNTU karena UBUNTU… :cry:

    • Yusuf Fahrurrozi

      Melalui Ubuntu saya juga masih belum ngerti, bisa bertanya di forum Ubuntu….
      Kalau memang ingin hapus semua partisi (format harddisk), cara mudah dan cepat menggunakan Disk Genius atau program yang lainnya dalam Hiren’s BootCD
      Jangan lupa backup data dulu :)
      Setelah format harddisk, baru deh install Windows, kemudian Ubuntu, lebih enak install inside Windows. Kalau ada kesulitan tinggal Uninstall Ubuntu melalui Windows.
      Sedikit tips: agar partisi Windows saat di backup tidak bertambah besar size-nya, letakkan installasi Ubuntu pada partisi yang berbeda dengan Windows…
      Semoga membantu

  4. Makasih mas ndro ilmunya….nambah2 pengetahuan sedikit nih mas ndro…TIANG ANTRIAN bagus nih mas ndro

  5. mas aku mau nanya,.
    spec PC:
    intel i5 2320
    ram 4 gb
    hd 500G + 250 G (9 partisi)
    waktu instal win7 kenapa kok ada partisi yg gak ke detect ya,..mohon pencerahannya. thx

    • Yusuf Fahrurrozi

      Maaf baru sempat online lg :)
      Silahkan Mas Hendra baca artikel Penyebab Windows Gagal Deteksi Drive Harddisk
      Pada intinya kasus yg saya temukan, krn ada sebuah file yg msh bekerja terkunci dengan sistem Windows. Pengalaman saya pada saat instal AVG yg tdk selesai-selesai, sehingga saya cancel. Akan tetapi file installer (pada drive yg berbeda dg system) tidak berhenti bekerja atau apalah namanya saya kurang paham :)
      Partisi tidak terbaca jg pada Disk Drefagmenter, dan termasuk juga menggunakan HirenBootCD tdk terlihat. Walaupun dalam Disk Management partisi tersebut ada.

      Semoga membantu.

  6. Mas, saya kena kasus kyak yg diatas ne.

    sebelum nya saya pake OS windows Seven, Setelah itu saya instal Ubuntu 10.10 truz di tengah jlan proses instalasi ubuntu nya gagal.
    truz saat booting lagi malah tidak bisa boot ke win7 lagi.
    sekarang laptop ane cuma ada tanda garis bwah kyak gini ( _ ) truz lyar nya itam.
    ane tunggu2 in tetap aja gax bisa mas.

    bagaimana tu mas bro pencerahannya??
    mohon bantuan nya :)

    • Yusuf Fahrurrozi

      Harddisk saya pernah tidak terdeteksi karena install Ubuntu dengan root, swap dll sendiri (terpisah dari Windows).
      Solusi yang pertama, coba cek harddisk melalui Mini Windows XP yang ada pada Hirens’s BootCD. Jika Partisi dan harddisk tidak ada yang terdeteksi, kemungkinan kasus sama seperti di atas, tidak ada jalan harddisk di format, dan tentunya akan kehilangan semua data.

      Kalau partisi dan harddisk masih terdeteksi pada Mini Windows XP,berarti cuma error pada boot managernya.
      Semoga membantu

  7. prmisi sya mo numpang tanya nih,, saya mo pasang harddisk tambahn tpi stelah saya pasang qo djendela my computer tdk trdeteksi tpi saya cek ddevice manager ad,. tampilan dMy computer Drive C: System dan D: dvd Drive sedangkan Harddisk tmbahan tdk ad? tidak trdeteksi mohon pencerahan ,, thankz

    • Yusuf Fahrurrozi

      Agan Andika, coba melalui disk management (manage), pilih change drive letter and paths, klik Add, kemudian pilih huruf yang tersedia…. Selamat mencoba

Leave a Comment

 

Trackbacks and Pingbacks: