Home » Komputer » Install Windows XP di USB Flashdisk

Install Windows XP di USB Flashdisk

Membuat installasi Windows XP dari USB Flashdisk. Untuk install Windows XP saat sekarang tidak harus pakai CD. Yang lebih praktis cara install Win XP menggunakan USB Flasdisk. Untuk saat sekarang menjadi kebutuhan install XP melalui USB Flasdisk, karena selain lebih cepat, laptop dan khsusnya netbook banyak yang tidak menyertakan CD-Rom internal. Berikut cara membuat USB Flashdisk untuk bootable installasi Windows XP dan masalah-masalah yang muncul seperti saat install muter-muter (berputar-putar).

Silahkan download dulu software untuk membuat installasi XP melalui USB Flashdisk. Yaitu program PeToUSB dan USB_PREP8. Agar tidak membingungkan, maka dijadikan satu folder saja. Atau mau mencari yang sendiri-sendiri silahkan. DOWNLOAD PeToUSB dan USB_PREP8 yang satu file (rar 234 kb di 4shared.com) di sini.

Ekstrak file hasil download. Masukkan CD installer Windows XP ke CD-ROM.

Langkah-langkah membuat USB Flashdisk bootable

  1. Jalankan (klik ganda) usb_prep8.cmd di dalam folder USB_prep8, akan tampil command prompt, lalu ada tulisan Press any key to continue….
  2. Tekan sembarang tombol keyboard.
  3. Tampil jendela PetoUSB. (PetoUSB bisa tampil jika ada dalam folder USB_prep8)
  4. Centang Enable Disk Format, pada kotak di bawah Drive Label isi dengan kata semaunya. Di sebelah kanannya, centang Quick format dan Enable LBA (FAT 16X).
    Sebelum melangkah jauh, cek isi flashdisk, jika masih ada data pindahkan dulu, karena akan di format (semua data di flashdisk terhapus). Klik Start, untuk proses format USB Flashdisk. Jika muncul jendela konfirmasi, klik yes. Apabila flashdisk pernah dibuat 2 partisi, maka akan muncul konfirmasi lagi, klik yes untuk melanjutkan format flashdisk. Tunggu sampai selesai, ditandai kabar Operation Completed Successfully! klik OK.
  5. Close jendela PetoUSB.
  6. Pada Command prompt sudah muncul nomor 0-5, F dan Q.
    • Ketik 1 lalu enter. Akan muncul jendela, browse ke tempat drive cd XP.
    • Ketik 2 lalu enter. Ketik huruf untuk nama drive virtual yang belum terpakai, umumnya C, D, E, F, atau G sudah terpakai, misalnya pilih L :)
    • Ketik 3 lalu enter. Ketik huruf tempat drive USB.
    • Ketik 4 lalu enter. Proses menyalin data ke drive USB akan dimulai.
  7. Akan muncul tulisan Peringatan (Warning) drive tempat USB akan dihapus. Ketik Y lalu enter.
  8. Tekan enter lagi. Selanjutnya Command prompt akan terlihat sedang proses copy file Win XP. Tunggu sampai selesai.
  9. Jika sudah selesai, muncul tulisan “Press any key to continue…” kemudian enter
  10. Muncul pop up Copy temporary, klik yes. (File temporary kan sebenarnya tidak kanggo, bagaimana kalu pilih tidak ya…. barangkali ada yang mau coba Saya belum pernah nyoba pilih NO).
  11. Muncul popup Change Migrate.inf, klik yes.
  12. Klik yes lagi untuk unmount virtual drive.
  13. Enter sekali lagi SELESAI

USB Flashdisk sudah bootable untuk install Win XP.

Cara install Windows XP dari USB Flashdisk

Setting BIOS agar first boot dari USB drive/ removable.
Pada awal pilih yang nomor 2 (Second part of XP…… from hd 0 part 2)
Proses selanjutnya seperti install Win XP memakai CD. Setelah selesai, komputer akan restart.
Pada langkah yang kedua ini (setelah restart), pada saat layar berwarna hitam semua, pilih yang paling atas (Second part of XP…. from hd 0 part 1)
Selanjutnya seperti biasa lagi untuk proses installasi XP.

Masalah saat install XP dari USB

Untuk install di laptop selama ini tidak menemukan masalah. Kalaupun error saat install, diulang lagi dari awal baru berhasil. Yang error (kadang-kadang saja) tidak bisa terinstall yaitu palabi.tft (font), hal itu tidak masalah kok. Atau mungkin flashdisk perlu coba di install ulang. Saya belum ngerti penyebabnya.
Install di PC/CPU, nah ini yang bikin penasaran, nyoba di 2 komputer belum pernah berhasil
Lha kebanyakan installnya di laptop atau netbook. Silahkan di coba…. dan jangan lupa berbagi pengalaman ya….
Jika ingin install 2/3 Windows, pilih saja pada partisi yang berbeda. Bila dengan Win 7, maka urutannya XP dulu, baru install Windows 7 Seven. Kalau ada masalah, baca pengalaman saya install Windows XP dan Win 7 gagal, Ternyata cuma masalah type partisi.

Setelah install Windows dari USB Flshdisk berhasil, maka selanjutnya perlu backup Windows dengan Hiren’s BootCD, tanpa booting lewat CD-ROM, sewaktu-waktu error bisa di restore. Cekap semanten, nuwun…. dan Semoga bermanfa’at.

Share to : Facebook | Twitter | Digg | Google | Technorati | Stumbleupon | Delicious | Reddit |

Artikel terkait :

Random Posts :

9 Comments.

  1. saya pernah coba tho… setelah win xp berhasil saya instal kuk officenya g bisa d instal…????? apa ada salah pd programnya yang ke USB atau gmn??
    setelah saya instal ulang lagi pke DVD ROM baru bisa di instal office..!!

    Saya dah coba beberapa kali format dan instal ke USB, dipakai pada beberapa laptop tidak masalah, terkadang yang error cuma palabi.ttf. tp windows xp tetap jalan normal. Instal office gagal, saya belum pernah mengalami :)

  2. trims, keep blogging

  3. tapi ketika booting kuk masih minta boot dari USB padahal bootnya yang pertama udh saya ganti ke hardisk…??
    ini untuk XP segala servise pack????

    servis pack 3 saya belum nyoba, tp seharusnya sama semua. Tiap komputer berbeda-beda dalam membaca flashdisk. Yang paling banyak saya temukan, flashdisk tidak dianggap sebagai removable, alisa dihitung harddisk juga lho. Tulisan umumnya USB HDD

  4. gan ade yg coba cara ini,
    pertama instal pilih yg ‘[TXT Mode Setup Windows XP, Never Unplug USB Drive Until After Logon]‘..
    kedua instal pilih yg ‘[GUI Mode Setup Windows XP, Continue Setup + Start XP]‘..
    uda slsai smua tu,tpi kok stelah itu tiap mau masuk windows slalu ada pilihan, atas ‘Microsoft Windows XP Professional’ , bawah ‘USB Repair NOT to Start Microsoft Windows XP Professional’..
    knp ga lngsung masuk windows ya ??

    • Yusuf Fahrurrozi

      @Tyan: saya juga dah mengalami beberapa kali, permasalahan tersebut belum jelas. Padahal di komputer/laptop yang lain bisa berjalan, artinya file dalam flashdisk tidak bermasalah. Untuk perkiraan sementara, karena instalasi windows xp setelah restart tidak bisa membaca flashdisk. Karena jika flashdisk di baca USB HDD, maka selalu sukses, sedangkan kalau tertulis removable dalam BIOS, permasalahan tersebut selalu muncul. Instalasi xp lewat flashdisk memang agak “unik”, setiap komputer/laptop tidak sama proses instalasinya, ada yg mudah, ada yg sulit, bahkan ada yg tidak bisa sama sekali, seperti laptop punya saya :) Kalo make cd tidak masalah. Jika install Win 7 tidak akan menemui permasalahan seperti tersebut. Semoga bisa membantu.

  5. pada saat install, ada missing file, yaitu 3waredrv.sys, 3wareflt.sys. padahal saya searching di flashdisk file tersebut ada.
    kesalahannya kira2 dimana ya bos?

    penyebabnya saya belum tahu, coba saja googling, maaf tidak bisa ngebantu, karena biasanya yg error palabi.ttf, saya belum pernah ngalami untuk file *.sys
    Masalah tersebut juga saya temukan pada Hiren’s BootCD, gagal meload file *.sys utk baca cd-room, sampai sekarang masih bingung nyari penyebabnya. Padahal kasusnya sama, file masih ada. Maaf belum bisa membantu

  6. kk…
    mau tnyak nih…
    klok flashdisk kta dah di jadikan bootable…
    apakah slama’a akan jadi bootable…
    apa kita harus mengulang stiap kita melakukan penginstalan….??

    tolong d bantu yea abg….

    • Yusuf Fahrurrozi

      selamanya jd bootable, dg catatan tidak ada yg error dg file2nya.
      Jadi setiap menginstal tidak perlu membuat lg.
      Jika suatu saat tidak bisa dipakai (gagal install Windos), coba format ulang dan membuat bootable lg dr awal.
      Semoga membantu

  7. artikel yg membantu. terima kasih

Leave a Comment