Home » Internet » Wordpress » Install WordPress CPanel Tanpa Fantastico FileZilla

Install WordPress CPanel Tanpa Fantastico FileZilla

Install WordPress di CPanel tidak harus memakai Fantastico Deluxe ataupun FTP hosting/FileZilla. Tidak semua web hosting menyediakan fitur Fantastico Deluxe untuk install software blog sehingga menjadi lebih mudah prosesnya. Tatkala Fantastico Deluxe tidak tersedia, orang cenderung beralih menggunakan FTP (File Transfer Protocol) web hosting, atau yang paling banyak dipakai menggunakan FileZilla. Berikut trik saya install WordPress tanpa Fantastico Deluxe atau FileZilla.

Menggunakan FileZilla untuk upload software WordPress ke web hosting membutuhkan akses internet yang cepat. Karena file wordpress ukurannya sekitar 8MB lebih, itupun dalam keadaan kosong alias masih orisinal, belum ada artikel, gambar, pluggin, video dan lain-lain.

Terkadang untuk daerah pelosok alias terpencil, jauh dari peradaban :) akses internet yang boleh dikata super lambat, tentunya hal tersebut menjadi menjadi masalah tersendiri, termasuk bagi yang posting artikel ini :lol: :)

Pikiran saya yang masih polos dan lugu :( bagaimana caranya memanfaatkan (walah, bahasanya) koneksi internet yang terbatas/lambat agar tetap bisa upload software WordPress ke tempat hosting. Langkah cepat, mudah dan praktis tanpa berpusing-pusing saya kompres WordPress menjadi 3 file. Barangkali ini diluar kelaziman umumnya, karena saya cuma mencobanya, eh berhasil…. Tidak pusing setting ini dan itu….

Tahapan install WordPress tanpa Fantastico atau FTP

Download software WordPress terbaru

Silahkan download terlebih dahulu WordPress versi terbaru. Setelah download selanjutnya ekstrak file WordPress.zip hasil download.

Setting database dan username WordPress

Sebelum kompres WordPress menjadi file zip, sekalian saya edit database dan user_db WordPress, biar di tempat hosting sudah tidak kepikiran edit file wp-config-sample.php
Silahkan buka wp-config-sample.php dalam folder WordPress. Cari kode seperti di bawah ini! Jika menggunakan Notepad++ untuk editing, terletak pada line 18-28.

/** The name of the database for WordPress */
define(‘DB_NAME’, ‘wpfahrur11‘);

/** MySQL database username */
define(‘DB_USER’, ‘wpfahrur11‘);

/** MySQL database password */
define(‘DB_PASSWORD’, ‘pasword_disini‘);

/** MySQL hostname */
define(‘DB_HOST’, ‘localhost‘);

Gantilah pada tulisan yang berwarna merah. DB_NAME dan DB_USER ini HARUS sama, tidak boleh berbeda. Password untuk database, boleh berbeda dari CPanel atau untuk blog WordPressnya nanti. Untuk MySQL hostname “localhost” bisa berbeda-beda (mungkin lho!). Saya memakai hosting di rumahweb.com dan domainhostingmurah.com isinya sama, yaitu “localhost“. Sedangkan web hosting lain bisa berbeda, karena saya pernah membaca artikelnya untuk di isi dengan nama hostingnya (contohnya untuk yang hosting di 000webhost.com), maka menjadi
(’DB_HOST’, ‘mysql6.000webhost.com’). Lebih jelasnya silahkan ditanyakan langsung ke pengelola hosting.

Setelah selesai membuat database dan usernya Worpdress, selanjutnya tutup file wp-config-sample.php
Ganti namanya (rename) menjadi wp-config.php (kata “-sample” dihapus)

Kompres WordPress menjadi 3/4 file zip

Setelah proses di atas selesai, saatnya untuk kompres WordPress menjadi 3 file zip. Tidak harus 3, tergantung kecepatan akses internet, jika benar-benar lambat, bisa dipecah menjadi 4 atau 5 file zip.

Cara install wordpress tanpa fantastico filezilla

Pada tutorial ini di bagi menjadi 3 ya. Perhatikan pada gambar, file yang diselect (warna biru) dijadikan satu kompres-an. Ukuran aslinya 880KB. Setelah di kompress menjadi file bernama wordpress.zip dengan asumsi folder wordpress tidak di rename. Untuk folder wp-admin dan wp-includes di kompres sendiri-sendiri.
Folder wp-admin (2.68MB) setelah dikompress menjadi 850KB. Folder wp-includes (4.41MB) hasil kompres zip menjadi 1.39MB.
Jadi 3 file yang diupload ke hosting dalam format zip tersebut adalah :

wordpress.zip (587 KB)
wp-includes.zip (1.39 MB)
wp-admin.zip (849 KB)

Proses di atas dilakukan jika akses internet cukup lambat, seperti di daerah saya :roll:

Sebaliknya, kalau akses internet cepat, file tidak perlu di pecah menjadi 3 bagian. Bisa saja file WordPress.zip yang asli download dari internet langsung di upload ke hosting melalui CPanel, terus diekstrak, selanjutnya edit wp-config-sample.php seperti di atas. Rename namanya menjadi wp-config.php proses upload tanpa fantastico ataupun FTP selesai.

Upload ke web hosting

Silahkan login ke CPanel, kemudian buka public_html (ingat… jangan salah menempatkan, ntar malah bingung sendiri)
Klik tombol upload. Upload 3 file yang telah dibuat dalam format zip tadi, sebaiknya satu dulu saja, tunggu sampai selesai. Baru file ke-2, setelah selesai upload file zip yang terakhir.

Ekstrak file zip

Selanjutnya silahkan ekstrak 3 file tadi. Select filenya, klik kanan pilih Extract.

Jika sudah di ekstrak, 3 file tadi bisa di hapus, agar tidak mengurangi kapasitas hosting. Atau bisa delete belakangan, setelah yakin website berbasis WordPress sukses diinstall dan berjalan dengan baik.

Setting database MySQL

Selanjutnya setting untuk membuat database. Dari halaman utama CPanel, klik MySQL Databases. Isikan nama database sama dengan yang ada di wp-config.php kemudian klik create. Dari tutorial ini dengan nama “wpfahrur11

Langkah berikutnya membuat MySQL Users – Add New User. Isi user_db sama persis dengan nama databasenya.

Add User To Database selesai

Setelah langkah-langkah di atas, kemudian delete default.php di Public_html agar tampilan WordPress yang muncul, bukan tampilan default hosting.

Langkah-langkah install WordPress tanpa Fantastico atau FTP hosting/FileZilla selesai, silahkan install WordPress. Jika ingin upload memakai FTP FileZilla silahkan googling. Berhubung saya belum pernah mencobanya maka tidak berencana membuat artikelnya, karena sudah banyak yang membahas, misalnya ini.

Konklusi: install WordPress di CPanel bisa tanpa menggunakan Fantastico Autoinstaller atau FTP (FileZilla), seperti yang sudah saya uraikan di atas. Semata-mata untuk mensiasati akses internet yang lambat. Atau karena CPanel tidak menyediakan software fantastico. Memakai FileZilla juga boleh (ga mau repot setting ini dan itu). Saya lebih suka memakai cara di atas, simpel dan bergizi :) benar-benar dapat menyesuaikan kecepatan akses internet. Untuk editing file php, css, js, html atau copy-paste artikel dari internet cobalah gunakan text editor Notepad++, banyak sekali fitur yang ditawarkan sehingga bekerja lebih nikmat deh

Share to : Facebook | Twitter | Digg | Google | Technorati | Stumbleupon | Delicious | Reddit |

Artikel terkait :

Random Posts :

9 Comments.

  1. mantap info yang agan sampaikan sangat membantu sekali ……..sekali lagi terimakasih banyak

    sama-sama, semoga bermanfa’at

  2. makasih gan… emang ini yang sedang aku cari… akhirnya kutemukan juga. sekali lagi terima kasih.

  3. Numpang Nanya Mas Ndro…ane ada permasalahan…ane upload website di cpanel uda semuanya ntu tapi kok yg tampil Error establishing a database connection nah ane gantiin tuh WP-confignya tapi ga bisa juga, ane bingung MAs NDro kasi pencerahan yah mas ndro…….ane ga pake funtastic four hehehehe…….. TEMPAT SAMPAH nih mas ndro buat buang sampah………

    • Yusuf Fahrurrozi

      Waduh saya jd ikutan bingung nih :)
      lha asal dalam create database dengan wp-config dah sesuai, seharusnya tidak masalah.
      Cb saja tanya ke penyedia hosting, supaya ada solusi yang lbh paham permasalahan tersebut
      Semoga membantu

    • udah klik “Add” pada “Add User To Database”?

  4. Klo upload wordpress dengan FTP / filezilla tapi domain utama terpisah dengan sub domain yang berbeda dalam satu hosting gimana gan????mohon kasih tutornya…

    • Yusuf Fahrurrozi

      Waduh maaf saya tidak bs bantu, krn blm prnh memakai filezilla dan tidak punya subdomain utk kelinci percobaan… :)
      Silahkan googling ya bang….

  5. informatif sekali..bisa dijadikan alternatif dalam menginstal WordPress Thanks :mrgreen:

Leave a Comment