Home » Internet » Tutorial web » Masalah Konten Orisinil Posting Blog

Masalah Konten Orisinil Posting Blog

Terkait dengan masalah untuk posting artikel blog, yang menarik tentunya tentang orisinalitas isi konten tersebut. Konten orisinil (original content) terkadang menjadi kendala bagi seseorang untuk menuangkan ide yang sifatnya benar-benar baru. Pada awalnya saya juga mengalami hal seperti itu. Permasalahan konten orisinil ini memang banyak dihubung-hubungkan dengan tips optimalisasi blog (SEO). Mungkinkah seseorang membuat konten orisinil?

Pada dasarnya sangat sulit atau bisa dikatakan mustahil bagi seseorang untuk membuat konten yang orisinil pada masa sekarang. Karena pada dasarnya setiap ide dan gagasan muncul dalam proses mengembangkan materi yang sudah ada. Selain itu cepatnya arus informasi pada masa sekarang juga mempengaruhi semakin luasnya area penyebaran yang dapat diketahui oleh banyak orang dalam waktu bersamaan.

Sebagai contoh, saat saya membuat artikel tentang cara mengganti background dekstop Windows 7, tentunya di luar sana sudah banyak artikel yang mengupasnya, kalau dikaitkan secara global, berapa juta situs yang sudah membicarakan tips komputer tersebut.
Walaupun pada aslinya saya membuat artikel tersebut tidak pernah membaca ide orang lain, hanya karena iseng ngutek-utek komputer menemukan caranya, kemudian dituangkan menjadi sebuah tulisan dengan gaya bahasa (kemampuan) yang saya miliki.

Maka bisa jadi satu artikel dengan artikel lain kontennya menjadi sama, walaupun tidak pernah ada keterkaitan (hubungan) di antara pengarangnya. Ya karena materi yang disampaikan memang caranya seperti itu. Padahal bisa saja beda, umpama seseorang mengganti dekstop Win Seven menggunakan cangkul :) , nah ini baru “benar-benar” orisinil, atau menggantinya dengan cara menutup monitor dengan koran bekas, hasilnya dekstop sudah berganti gambar koran ;)

Pada akhirnya yang menunjukkan itu konten orisinil adalah setiap ide atau gagasan “kita sendiri” dalam menuangkan menjadi sebuah artikel blog. Karena berangkatnya dari “diri sendiri” maka hasilnya tentu menjadi “berbeda” dengan buatan orang lain. Karena setiap orang mempunyai karakteristik dan kemampuan yang berbeda-beda, maka hasilnyapun menjadi akan berbeda, walaupun materi sama, istilahnya “berbeda tapi sama” atau “sama tapi berbeda” atau “berbeda tapi tidak sama” :) . Maka jadilah konten tersebut orisinil. Tentunya pemahaman kita tersebut berasal dari mengumpulkan banyak sumber yang tidak mungkin kita sebutkan satu persatu.

Saat Anda membaca artikel ini, tentunya menjadi sebuah pemahaman “beda” pada diri Anda. Kemudian dituangkan menjadi artikel, hasilnya tentu akan berbeda, karena Anda akan menambahkan pengalaman-pengalaman pribadi (opini) dan menulis dengan gaya bahasa (penyampaian) sendiri. Hal inilah yang menunjukkan konten orisinil.

Kesimpulannya: untuk membuat konten orisinil bukanlah sesuatu yang sulit, cukup dua langkah saja, yaitu :

  1. Menguasai atau memahami materi yang akan dibahas
  2. Tuangkan dalam tulisan dengan gaya bahasa sendiri

Maka jadilah konten orisinil karya Anda. Karena menulisnya dengan gaya bahasa (kemampuan) sendiri, tentunya tanpa disadari Anda akan memasukkan ide (opini) dan pengalaman yang sudah dimiliki. So, mulailah produktif untuk menulis sebuah artikel untuk posting di blog. Apapun itu wujudnya, itu menjadi original content karya besar setiap orang yang membuatnya. Maaf dan terima kasih, kepareng….

Share to : Facebook | Twitter | Digg | Google | Technorati | Stumbleupon | Delicious | Reddit |

Artikel terkait :

Random Posts :

1 Comments.

  1. mantaps nih blognya

    content nya top markotop dah

    serasa di seminar mahalan gitu.

    thank you banget kawan

    ::you are the best::

    favorite blogroll nih, check out bro

    best regards

Leave a Comment