Home » Internet » SEO » Meluruskan Tips SEO Tentang Letak Keyword

Meluruskan Tips SEO Tentang Letak Keyword

Posting ini untuk meluruskan artikel tentang teknik SEO meletakkan keyword website/blog bulan kemarin. Agar semakin tidak banyak terjadi kesalahan dalam memahami tips dan teknik SEO. Dalam artikel yang dulu, dua teknik SEO diantaranya saya sebutkan 20-30 awal-awal kata dari paragraf pertama dan terakhir mengandung keyword website/blog. Ternyata hal tersebut tidak sepenuhnya benar, karena saya menemukan beberapa fakta disertai data-data yang luar biasa.

Sebenarnya saya tidak sengaja menemukan fakta dan data tentang letak keyword menurut SEO, karena saat akses internet tujuannya untuk mencari artikel tentang pendidikan. Setelah dapat membaca beberapa artikel, iseng-iseng nengok sitemeter.com untuk melihat perkembangan blog ini setelah hancur total pada bulan Desember 2010, sehingga harus mulai dari awal lagi. Saya menemukan ada hal yang unik tentang letak keyword.

Dari beberapa link referral yang masuk ke blog ini melalui search engine Google, (iseng-iseng lagi) saya tertarik dengan beberapa kata kunci, saya buka saja link referral di sitemeter.com tadi, eh ternyata (cuma iseng lagi awalnya) saya penasaran dengan deskripsi asal artikel. Berikut schreenshotnya

hasil keyword notepad++

Keyword Notepad++

Keyword ini tidak terlalu heran, karena deskripsinya memang terletak di paragraf pertama, sesuai dengan tips dan trik SEO. Lumayanlah bagi pemula seperti saya, page artikel tentang Notepad++ bisa di halaman 3 hasil pencarian dari 138.000 website/blog :) bahagia dulu ah…. :lol:
Yang menarik selanjutnya nih, saya siap-siap bahagia… :roll:

Keyword cara menggunakan Notepad++

Keyword ini tahu dari sitemeter.com yang saya mintai tolong untuk mengawasi perkembangan blog ini :) lihat skrinsotnya

hasil keyword cara menggunakan notepad++

Bisa-bisanya artikel tersebut nongkrong di page 1 hasil pencarian search engine Google. Yang menambah menarik, ternyata deskripsi yang dicantumkan search engine keyword tidak terletak pada paragraf pertama atau terakhir. Tetapi awal kalimat dari paragrap kedua. Nah menarik-kan…. Lanjut lagi saya menyelidiki tentang letak keyword yang diambil crawler search engine, yang tercatat di sitemeter.com, keyword ketiga yaitu:

Keyword permasalahan sistem ada di d saat instal windows

Ini penulisnya barangkali terburu-buru mau kondangan atu kebelet pipis :) sudah nulisnya salah dan maksudnya tidak jelas. Tapi menarik saya kaji, lihat gambarnya

hasil keyword permasalahan sistem windows

Artikel saya tentang install Windows XP dan Seven gagal yang posting 3 hari sebelumnya sudah berada pada page 3 hasil pencarian dengan kombinasi keywordyang” unik. Akan tetapi bukan hal itu yang menarik. Karena dari deskripsi yang dicomot search engine

  • … Install 2 Windows gagal karena hanya masalah type partisi harddisk. … | dalam artikel terletak pada paragraf pertama di tengah-tengah, berarti sudah lebih dari 30 kata, kalau dihitung setelah kata ke-60 (baris 7-8). Ternyata keyword 61 dan seterusnya tetap terbaca/terindek search engine.
  • Jumlahnya tetap ada 4 partisi (C, D, E, F). Pada saat menata ulang … | pada artikel terletak di paragraf 4 baris ke-3. keyword (“ada” dan “saat“) yang terletak di tengah ternyata membantu keyword utama, walaupun cuma kata yang bersifat umum, atau menjadi kata pelengkap.
  • Akibat malware yang menyerang system windows. Install ulang gara-gara saya … | deskripsi ini malah lebih ke tengah lagi, dalam artikel terletak pada paragraf ke-11 baris ke 2. Padahal di bawahnya masih beberapa paragrap (mungkin 6 paragraf) yang perlu penelitian lebih lanjut.

Pada akhirnya biar bagaimanapun saya berterima kasih kepada yang nulis keyword unik “permasalahan sistem ada di d saat instal windows” karena sudah membaca beberapa artikel :) Semoga yang anda cari segera ketemu dan permasalahan terselesaikan…. Thank’s you, Sir (dari Jakarta)

Keyword mengembalikan ke system restore point

Keyword ini yang saya anggap luar biasa dan terheran-heran, ditemukan 55.000 hasil pencarian yang relevan dengan keyword tersebut. Lihat gambar lengkapnya:

hasil keyword mengembalikan system restore

Artikel saya tersebut bisa muncul di page 1, dan tahukah? Artikel tentang cara menggunakan system restore Windows 7 tersebut baru saya posting 2 jam sebelumnya. Betapa cepatnya crawler search engine mengindex halaman tersebut. Selain itu saya tidak melakukan tips SEO sama sekali setelah posting artikel, seperti melakukan ping, atau linkbuilding. Tapi ada yang lebih unik dan saya sempat bingung, dari kalimat yang mengandung keyword pada descripsi :

  • … Semakin besar yang boleh digunakan, maka data restore point yang disimpan | kalimat ini benar-benar di tengah artikel, paragraf ke-8, baris 1-2.
  • … Mengembalikan (Repair) Program Windows Melalui System Restore … | ini yang benar-benar sampai pusing mencari kalimatnya, naik-turun baca artikel ga ketemu, copy-paste ke Notepad++, terus ngaduk-aduk kalimat tersebut melalui cara find tetap tidak ketemu. Setelah saya cermati, ternyata kata tersebut menjadi judul artikel yang diindex plugin wp related post karena se-tema. Jadi bukan termasuk dalam artikel. Menarik bukan? Artinya bahwa kalimat dalam “Artikel Terkait” dihitung content blog, (mungkin) termasuk plugin AddThis di bawahnya, serta categori dan tag. Sesuatu yang baru saya ketahui. Jadi kalau mengelompokan artikel yang bukan satu tema, malah akan rugi sendiri, karena ternyata plugin WP Related post juga dihitung konten artikel. LUAR BIASA…

Dari fenomena yang saya temukan ini, meluruskan tentang letak keyword dalam konten, kesimpulannya:

Tips SEO meletakkan keyword di artikel (content)

  • Keyword bisa terletak di mana saja, baik paragraf awal, tengah, setengah tengah, setengah akhir, ataupun akhir :) TIDAK harus di paragraf awal dan akhir, apalagi di embel-embeli 20-30 kata pertama. Ternyata TIDAK.
  • Keyword lebih utama disebar merata, dan tentunya dikombinasikan antara keyword primer dan sekunder, maupun turunannya, walaupun tidak nyambung. Misalnya kata “dan” & “saat:)
  • Tips yang UTAMA secara pribadi: menulis artikel yang sekiranya berguna untuk orang lain, dan melupakan kerumitan SEO, asal nulis saja. Yang penting bisa dipahami orang lain, karena saya merasa belum jago nulis mengungkapkan ide/pikiran :)

Link hasil pencarian Google di atas barangkali dikemudian hari sudah berubah susunannya. Blog saya kalau tidak naik peringkat, ya turun peringkat :) Kalau NAIK tidak, TURUNpun tidak, berarti masih sama :roll:

Artikel ini termasuk berat bagi saya, harus teliti dalam cek dan menulis artikelnya, ditambah harus buat data image pakai photoshop, tapi demi untuk meluruskan teknik SEO meletakkan keyword, semua saya jalani dengan senang hati, semoga ada manfa’atnya, menjadi “penerang di alam kubur” dan membimbing menuju “Surga Ilahi Rabbi“, amiiiin. Prosesnya memakan waktu hampir 6 jam lebih. Semua berawal cek traffic blog di sitemeter.com. Dan barangkali temuan saya ini keliru atau tidak pas, silahkan kasih masukan, karena sadar bukan SEO master. Maaf dan terima kasih.

Share to : Facebook | Twitter | Digg | Google | Technorati | Stumbleupon | Delicious | Reddit |

Artikel terkait :

Random Posts :

10 Comments.

  1. Luar biasa gan, jadinya saya tidak terbawa aliran sesat.. :evil:

  2. Saya sich sebenarnya tidak begitu ngeh juga masalah penempatan keyword harus di paragraf pertama,soalnya hanya menurut kata hati saja ,alasannya satu sekedar hobbi,kedua untuk berbagi,penempatan keyword sebenarnya juga bs mengacaukan penulisan dalam artikel karena kadang2 tidak sesuai dengan alur cerita artikel itu sendiri itu yg sy liat kadang2 di blog sy ataupun di blog yg lain,tpi kyx ini ada hbngannya dengan GOOGLE pandanya GOOGLE dech mas,blog newbie bs dapat halaman satu..tergantung conten dan keunikan blog itu sendiri..nice arikel mas,,hepii bloggging,,sukses yach blogx..:) salammm

    Setuju deh, kalo mikir SEO malah pusing merangkai kalimat, asal tulis aja, tapi ya terkadang tetap di cek lah :)
    Makasih dah mampir

  3. keren bosss……… :mrgreen: hmmm caranya gimana mass agar mudah terindex mbah google…. top dehh buat mas fahru… mampir ya di blog ane

    • Yusuf Fahrurrozi

      Mudah terindex…. bikin saja artikel yang selalu fresh ;) Walaupun materi dah usang….

  4. :grin: cool….GREAT POST.

  5. Artikel yang sungguh informatif. Terima kasih telah meluangkan waktu untuk berbagi tips dan riset. Sukses selalu.

  6. mangstabbs gan, artikel seo nya, nambah semangat buat belajar lebih banyak tentang seo, kalo2 ada kontes seo.. hihihi.

  7. alhamdulilah nambah ilmu gan

Leave a Comment