Home » Komputer » Windows » Memaksa Berhenti Program atau Virus

Memaksa Berhenti Program atau Virus

Cara menghentikan secara paksa program yang berjalan pada Windows, sebuah tips untuk solusi ketika terjadi crash atau not responding. Seringkali terjadi pada saat proses installasi maupun ketika menjalankan program tertentu tiba-tiba berhenti mendadak, tidak kunjung membuka, menutup atau menyimpannya. Jika mengalami hal seperti itu untuk menghentikan dengan paksa program tersebut dalam bekerja ada dua cara, menggunakan fitur bawaan Windows Task Manager dan Process Explorer.


Pada saat menghidupkan komputer dan bekerja dengan program-program tertentu, acapkali kita menemukan kendala di mana tiba-tiba program tersebut berhenti (Not responding). Baik ketika membuka untuk mulai menjalankan programnya, atau pada saat ditengah-tengah pekerjaan untuk menyimpang dll., maupun bermaksud menutup, tetapi tidak ada perubahan sama sekali. Penyebabnya bisa karena system Windows yang crash, atau kelebihan beban bekerja sehingga memory tidak kuat menampung, dan masih banyak yang lainnya :)

Ciri-ciri kalau ada program yang tidak berjalan dengan normal

  1. Biasanya kursor berbentuk lingkaran, yang cuma berputar-putar terus.
  2. Tidak ada perubahan pada program yang dijalankan, ditunggu beberapa saat, ya cuma itu-itu saja tampilannya.
  3. Merasa sudah membuka program, tapi tidak muncul-muncul jendela program tersebut.
  4. Kerja komputer terasa lambat dan berat, tidak seperti biasanya.

Jika mengalami hal-hal seperti di atas, maka yang perlu dilakukan dan biasanya yang saya tempuh dua hal. Yaitu cek ke Windows Task Manager, dan mencoba menghentikan program atau proses yang berjalan tapi macet. Jika melalui Task Manager menemui jalan buntu, maka menggunakan program Process Explorer dari Sysinternals.

Windows Task Manager

Task Manager merupakan fitur bawaan Windows yang berfungsi untuk menampilkan semua program atau proses yang sedang berjalan atau aktif. Termasuk jika ada virus dalam komputer juga akan terlihat. Untuk membuka jendela Task Manager tekan pada keyboard Ctrl+Alt+Del.

Gambar Windows Task Manager

  • Pada tab Applications akan ditampilkan program-program yang sedang berjalan (aktif). Untuk menghentikan melalui Task Manager pilih programnya dan klik tombol End Task.
  • Untuk mengetahui proses yang berjalan pada Windows pilih tab Processes. Maka semua program aktif yang berjalan akan terlihat, termasuk jika ada virus. Untuk menghentikannya tinggal dipilih programnya selanjutnya klik End Process.
    Kelemahannya pada menu Processes ini hanya singkatan-singkatan yang terkadang kita tidak tahu, apakah itu program, aplikasi Windows atau virus. Karena terkadang virus menamakan dirinya sama dengan aplikasi Windows.
    Untuk sekedar mengetahui proses yang berjalan itu program Windows atau virus silahkan baca tanda-tanda aneh Windows kena virus.
  • Jika melalui tab Applications dan Processes program masih tidak berhenti, pilihlah tab Users di pojok Task Manager. Kemudian klik tombol Loggoff.

Process Explorer

Seperti halnya Task Manager, fungsi Process Explorer karya Mark Russinovich tidak jauh beda. Untuk hasil kerjanya lebih ampuh dari Task Manager. Untuk menghentikan proses yang sedang berjalan cukup memilihnya kemudian tekan Del (Kill Process) di keyboard, atau bisa melalui menu Process. Juga bisa dengan klik kanan pilih Kill Process.

Gambar Process Explorer

Pada jendela Process Explorer ini kita juga tahu letak dari setiap program yang berjalan. Jika tidak pada tempat yang semestinya, hal tersebut patut dicurigai sebagai malware (virus dll.).

Beberapa kali saya menemukan virus yang sudah terdektesi anti virus tapi belum bisa me-remove filenya. Kalau delete secara manual tidak akan bisa, karena posisi virus tersebut aktif bekerja sehingga mengunci dengan system Windows. Maka di Kill Process dulu dari Process Explorer, baru deh di hapus file tersebut.

Proses yang berjalan jika dianggap berbahaya dan bukan pada tempatnya biasanya akan berwarna merah, sehingga kita bisa mempelajari dan mencari informasi tentang program tersebut. Untuk mengetahui tempat atau direktori file tersebut berada, sorot arahkan kursos pada file program tersebut dalam jendela Process Explorer, akan muncul keterangan lengkapnya.

Waktu pertama kali saya menemukan tutorial ini (sudah lupa nama blognya), dianjurkan mengganti nama program ini dengan yang berbeda, tujuannya agar dapat berfungsi optimal gitu.

Download Process Explorer ( v15.0 / 1.74 MB ) langsung dari pengembangnya.
Jika tidak bisa klik di sini

Demikian saja tips dan trik Windows untuk memaksa program atau proses berhenti. Menggunakan fitur Task Manager bawaan Windows dan program Process Explorer dari Sysinternals yang telah diakuisi Microsoft. Maaf dan terima kasih.

Share to : Facebook | Twitter | Digg | Google | Technorati | Stumbleupon | Delicious | Reddit |

Artikel terkait :

Random Posts :

2 Comments.

  1. websitenya bagus pak..
    nyoba daftar jd gr TIK aja pak..
    hehhee.. :mrgreen:
    kan lumayan, bagi” ilmu kompter pak .,. :idea:

Leave a Comment