Home » Komputer » Software » Membagi atau Menggabung File Dengan Program HJ-Split dan FFSJ (File Splitter & Joiner)

Membagi atau Menggabung File Dengan Program HJ-Split dan FFSJ (File Splitter & Joiner)

Gambar HJ-Split dan FFSJUntuk memudahkan download dan upload sebuah data yang berukuran besar maka filenya dibagi jadi beberapa bagian. Tujuannya agar proses mendownload dan meng-upload menjadi lebih mudah dan cepat. Kalau sebuah file berukuran lebih dari 500 MB, tentu ini menjadi masalah saat proses untuk mengunggah ataupun mengunduhnya, tentunya membutuhkan waktu yang lama, apalagi koneksi internet yang lambat, uih capek deh nugguinnya. Untuk mengatasi permasalahn tersebut, dengan cara membagi atau memecah menjadi beberapa file.

Program yang digunakan untuk membagi atau memecah ini menjadi beberapa file sehingga menjadi lebih kecil, yang banyak digunakan diantaranya HJ-Split dan FFSJ (File Splitter & Joiner), keduanya freeware alias gratis (emang yang saya cari, hehehe).

HJ-Split

Software ini tidak perlu installasi, jadi bersifat portable. Ukurannya juga kecil. Tinggal klik ganda program HJ-Split, kemudian pilih untuk membagi (split) atau menggabungkan (join) filenya. File split maupun join berekstensi .001, .002, .003 dst. Cara penggunakannya sebagai berikut.

Download HJ-Split klik di sini. Setelah Anda mendownloadnya, kemudian klik ganda file yang baru saja anda download.

Untuk membagi sebuah data menjadi beberapa file, klik tombol Split. Selanjutnya klik Input file untuk mencari datanya. Kolom Output akan terisi secara otomatis sama dengan direktori Input file, atau bisa berbeda folder, terserah dimana saja direktorinya. Selanjutnya pada Split file size, tentukan ukuran filenya.

FFSJ (The Fastest File Splitter & Joiner)

Program ini ada yang diinstall dulu di komputer dan yang bersifat portabel. File hasil split berekstensi sama dengan HJ-Split. Kelebihannya FFSJ juga bisa untuk join file berekstensi *.__a, *.__b, *.__c dst.
Download FFSJ di sini alamatnya http://www.jaist.ac.jp/%7Ehoangle/filesj/ (servernya belum bisa diakses :) ) FFSJ yang portabel bisa langsung dipakai, tanpa perlu instalasi. Untuk membagi file, klik tab Split, kemudian cari filenya pada Source file, tentukan juga Output direktorinya atau biarkan sama dengan Source file.

Pada Split into, tentukan akan menjadi berapa file. Hasilnya nanti ukuran file menjadi sama semua, karena dibagi rata menjadi sama besar. Atau memilih yang Split after every, untuk menentukan ukuran filenya.

Untuk menggabungkan data dari beberapa bagian, pilih tab/tombol Joining, selanjutnya cari file yang akan digabung, dengan ekstensi *.001 atau *.__a.

Jika anda sering Split dan Join file, maka lebih praktisnya memakai FFSJ yang diinstall di komputer. Setelah diinstall, penggunakannya lebih simpel, langsung klik kanan filenya, pilih Split atau Join. Langkah selanjutnya sama dengan di atas.

Untuk menggabungkan atau JOIN file, maka semua file harus ada dalam satu folder, dan file yang dipilih hanya yang pertama, misalnya .001 atau .__a.

Untuk lebih memudahkan Anda, silahkan download program HJ-Split dan FFSJ (File Splitter & Joiner) lengkap 3 file (1,6 MB/zip) dengan portabel klik di sini hosting 4share.com. Maaf dan terima kasih.

Share to : Facebook | Twitter | Digg | Google | Technorati | Stumbleupon | Delicious | Reddit |

Artikel terkait :

Random Posts :

Leave a Comment