Home » Internet » HTML PHP CSS » Membuat Daftar Isi Blog Manual

Membuat Daftar Isi Blog Manual

Plugin WP Archive-Sitemap Generator untuk menampilkan daftar isi yang selama ini saya pakai ternyata error. Tidak bekerja semestinya, pada saat di-klik page 2 dan seterusnya, yang tampil page 1 terus. Maka saya inisiatif membuat daftar isi otomatis secara manual tanpa menggunakan plugin. Karena lebih banyak keuntungannya, barangkali Anda ingin mencoba, silahkan lanjutkan membaca tutorial tentang cara membuat daftar isi blog WordPress secara manual.

Saya tidak tahu sejak kapan plugin WP Archive error, padahal sudah up to date. Dari pada visitor bingung tidak bisa melihat page 2 dst. pada daftar isi, mendingan bikin acara baru ngoprek wp. Bisa saja pada settingannya pilih 200 dsb., akan tetapi saya memilih membuat sendiri, sehingga mengurangi penggunaan plugin.

Langkah pertama : membuat page daftar isi

Agar tampilan sesuai dengan page yang lain, maka saya menggunakan file page.php yang ada dalam theme WordPress yang dipakai. Atau Anda mau memilih single.php ya silahkan, karena nanti file ini akan di rename sesuka kita.

Setelah Anda buka, langsung rename dulu, misalnya dari page.php
diganti menjadi daftar-isi.php
Cari kode <?php the_content();?> ganti dengan script di bawah

    <ol><?php $myposts=get_posts('numberposts=50&offset=0&category=0');foreach($myposts as $post) : setup_postdata($post);?>
        <li><span><a href="<?php the_permalink();?>" title="<?php the_title_attribute();?>">
            <?php the_title();?></a></span></li>
            <?php endforeach;?>
    </ol>

Kode ini berfungsi menampilkan list artikel dari dari daftar urutan tertentu, rentang data bebas, bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Ganti pada angka yang berwarna merah.
numberposts=50 menampilkan batas nomor artikel yang akan ditampilkan
offset=0 untuk menampilkan nomor artikel pada baris pertama.

Dari kode di atas, maka yang tampil yaitu list artikel nomor 1 sampai dengan 50. Untuk menampilkan artikel ke 51 – 100 maka cukup mengganti dengan numberposts=100&offset=50 dengan asumsi rentangnya 50 postingan.
Jika menghendaki rentang datanya 100, maka tinggal ganti menjadi
numberposts=100&offset=0

Langkah kedua : cara memanggil file php di blog WordPress

Pada umumnya pada bagian atas file page.php atau single.php biasanya diawali dengan script <?php get_header()?>
Untuk memanggil file php yang kita buat, dan juga settingan WordPress, maka tambahkan atau sisipkan kode require_once("wp-load.php");
Sehingga menjadi seperti di bawah :

<?php require_once("wp-load.php"); get_header()?>

 

Langkah ketiga : upload ke webhosting

Setelah file daftar-isi.php jadi, selanjutnya upload ke webhosting tempat Anda menyewa. Letakkan pada root public_html seperti dalam gambar di bawah

Gambar daftar isi blog

daftar-isi.php

Untuk mencobanya dengan url www.namadomain.com/daftar-isi.php atau bisa coba klik page daftar isi blog ini hehehe

Untuk membuat daftar isi page 2 dst. silahkan mulai seperti langkah-langkah di atas, dengan nama file yang berbeda, misalnya saya membuat menjadi daftar-isi_2.php dst. Anda bebas memberikan nama, misalnya yusuf-fahrurrozi_page2.php juga boleh hehehe jaskid :)
Jika diuji coba dapat berjalan dengan sukses, Anda tinggal membuat link pada Menus WordPress. Jika theme Anda tidak tersedia, saya belum berhasil memanggil file php-nya baik melalui Page maupun Post. Silahkan sharing jika Anda mengetahuinya..

Pada bagian bawah saya menambahkan kode untuk menampilkan Page 1, 2, 3 dst. yang dapat Anda modifikasi sesuai kebutuhan.

<div style="margin:20px 15px">Page 1
	<a href="http://namadomain.com/daftar-isi_2.php"
	title="Page 2" rel="nofollow" target="_blank"
	style="margin:0 5px; padding:5px; border:1px solid">2</a>
</div>

Awalnya saya mencoba-coba secara offline/localhost, untuk menghindari error dsb. dengan meletakkan file daftar-isi.php di folder wordpress.

CATATAN : Untuk page 2 dst., nomor urut tetap dimulai dari nomor 1, ini yang saya juga belum tahu caranya agar nomor selalu sesuai indek post. Tetapi saya bersyukur akhirnya bisa membuat daftar isi dengan php, tanpa plugin WordPress yang sudah lama googling belum ketemu artikel yang mencerahkan.

Share to : Facebook | Twitter | Digg | Google | Technorati | Stumbleupon | Delicious | Reddit |

Artikel terkait :

Random Posts :

2 Comments.

  1. Terima kasih atas informasinya mas terkait dengan cara membuat daftar isi di blog, artikel ini sangat membantu saya. Salam hangat dari saya http://www.terwujud.com

Leave a Comment