Home » Internet » Wordpress » Membuat Random Post Tanpa Plugin WordPress

Membuat Random Post Tanpa Plugin WordPress

Cara membuat random post blog WordPress tanpa menggunakan plugin WP. Salah satu tips agar loading blog menjadi cepat yaitu dengan meminimalisir jumlah plugin yang terinstall, solusi yang cepat dan mudah dengan memasukkan langsung kode-kode tertentu ke dalam theme blog. Termasuk fitur untuk menampilkan judul artikel secara acak (random). Maka pada kesempatan ini saya sharing kode atau script untuk membuat random post.

Dengan menampilkan random post pada postingan blog, lebih memudahkan pengunjung untuk mengetahui isi konten. Tentunya ini salah satu tips SEO agar jumlah page view dari pengunjung semakin banyak. Untuk memasang kode random post ini, saran saya seperti biasa, cobalah dulu di localhost (offline), jangan langsung di copas ke dalam theme blog secara online. Karena terkadang pekerjaan tidak semudah yang dibanyangkan, selain itu dengan mencoba secara offline kita langsung bisa memodifikasi sesuai keinginan kita, bentuknya mau kotak, lonjong, bundar, berdiri, jongkok, telentang, tiduran ah ga nyambung :)

Okey, silahkan langsung buka file single.php theme blog WordPress, carilah tempat yang nyaman untuk meletakkan kode di bawah ini ;)

<h2><?php _e('Random Posts :'); ?></h2>
<ul>
    <?php
        $rand_posts = get_posts('numberposts=10&orderby=rand');
        foreach( $rand_posts as $post ) :
    ?>
    <li><a href="<?php the_permalink(); ?>" target="_blank" title="Permalink to <?php the_title_attribute(); ?>"><?php the_title(); ?></a></li>
    <?php endforeach; ?>
</ul>
  • Angka 10 adalah jumlah judul posting yang akan ditampilkan, bisa diubah misalnya 50 atau 100… (biar kayak daftar isi)
  • Kode target=”_blank” berfungsi untuk membuka tab baru pada browser, sehingga pengunjung tidak kehilangan halaman awalnya, opsi lain bisa dihapus
  • Kode <h2><?php _e(‘Random Posts :’); ?></h2> bisa langsung ditulis tanpa embel-embel pemrograman php
    misalnya menjadi <h2>Random Posts :</h2>
    atau tanpa embel-embel <h2> juga silahkan, dan lihat hasilnya dulu lho ya
  • Kode <h2> terjemahan dari heading 2, untuk membuat judul ini menjadi heading 3, tinggal ganti menjadi <h3>, atau bisa <h1>, <h4>, <h5>, <h0>????
  • Jika ingin menampilkan banyak artikel, tetapi tampilan menjadi tidak panjang, bisa disiasati dibuat scrolling.
  • Gantilah semua tanda kutip tunggal ( ‘ ) dan ganda ( ” ) dengan ketik ulang langsung menggunakan keyboard, kalau di copy-paste ternyata script tidak jalan, seringkali ini yang bermasalah kalau ambil dari postingan.

Kode random post ini saya ambil secara baik-baik dari file 404.php theme zbench. Sudah lama pingin saya pasang setelah fitur artikel terkait yang juga tanpa menggunakan plugin. Tapi untuk edit yang sesuai kok malah pusing, ya udah langsung pasang saja, penyesuaiannya sambil jalan.

Saya kebelet memasang random post ini berawal ketika sebuah kategori baru berisi satu atau dua artikel, ya itulah judul artikel yang ditampilkan. Jadi sangat sedikit dan tidak informatif. Padahal ini kan kesempatan bagus dan langka untuk ‘merayu’ pengunjung supaya membaca artikel-artikel yang lainnya, barangkali ada yang sesuai dengan apa yang dicari, dan… tentunya ini sangat ber-SEO ria :roll: meningkatkan pageview hik..hik..

Yang masih jadi masalah, ketika sebuah artikel sudah masuk dalam Related Post (artikel terkait), terkadang masih juga tersangkut dalam random post ini. Pinginnya kalau sudah ada dalam artikel terkait, tidak tampil dalam random post.

Bahasanya Excel :) memakai rumus IF, jika ARTIKEL ada di related post, maka tidak ditampilkan dalam random, jika belum ada maka tampilkan dalam random post. Logikanya seperti itu, ngutek-ngutek malah pusing, lha tidak paham bahasa pemrograman php, jadi kelihatan nyubi banget deh :) Belum mudeng arti foreach-foreach-an. Mau googling, mendingan bikin artikel baru untuk persiapan posting bulan depan :lol:

Selamat mencoba dulu secara offline, kalau dah fix dengan segala pernak-perniknya, nanti baru di upload ke blog script random post untuk blog WordPress tanpa menggunakan plugin, sederhana, informatif dan kaya fitur serta bergizi….

Share to : Facebook | Twitter | Digg | Google | Technorati | Stumbleupon | Delicious | Reddit |

Artikel terkait :

Random Posts :

1 Comments.

  1. Wah…. mantap Sekali Tutoria;nya gan. sangat Berguna sekali buat newbie seperti saya :)

Leave a Comment