Home » Komputer » Software » Photoshop » Memperkecil Ukuran File Gambar atau Foto

Memperkecil Ukuran File Gambar atau Foto

Memperkecil atau mengecilkan gambar atau foto, agar ukuran file menjadi kecil. Dengan file yang kecil, jika ingin di unggah (upload) ke internet dengan berbagai macam media yang tersedia maka prosesnya menjadi lebih cepat. Agar file gambar menjadi kecil bisa menggunakan program Adobe Photoshop. Bagi yang belum tahu silahkan mencoba cara mengecilkan gambar/foto dengan Photoshop.

Tips mengecilkan gambar ini juga berguna bagi pengelola blog atau website, yang dalam salah satu artikelnya memerlukan gambar sebagai bahan pendukung untuk memperjelas konten.

Temanku sampai terbengong-bengong cukup lama ketika upload sebuah foto ke akun Facebooknya. Butuh waktu cukup lama hanya untuk sebuah foto, bagaimana andai beberapa foto yang ingin di unggah (upload), bisa capek nunggunya. Iseng-iseng saya lihat file foto tersebut, ternyata ukuran sekitar 2000×3000 pixel ( 2,2 Mb ), pantesan di upload kok lama, maklum komputer publik tahu sendiri koneksinya sangat lambat. Supaya proses upload menjadi cepat sebaiknya diperkecil dengan aplikasi tertentu, misalnya Adobe Photoshop. Temenku punya programnya, tapi ternyata tidak bisa pengoperasiannya, waaaaahhhh… Kawan.. ikuti tutorial sederhana ini dengan sabar ya…!

  1. Buka sebuah file gambar dengan ekstensi apapun (jpeg/jpg, png, bmp) menggunakan program Photoshop.
  2. Pada Menubar pilih Image – klik Image Size atau bisa dengan shortcut keyboard Ctrl+Alt+I. Akan muncul popup Image Size.
  3. Di bawah tulisan Pixel Dimensions tertera ukuran sebenarnya. Cobalah anda ubah ukuran Width dengan angka sekitar 600.
  4. Pada kolom Resample Image pilih Bicubic Sharper, agar hasilnya tidak terlalu buruk. Juga bisa dicoba pilihan Bicubic Smoother.
    Gambar Image Size Photoshop
  5. Selanjutnya klik tombol OK.
  6. Langkah terakhir, simpanlah gambar tersebut dengan nama file yang berbeda, agar gambar yang asli tetap utuh tidak berubah. Caranya dari Menu FileSave As, beri nama berbeda, SAVE, SELESAI. Bandingkan ukurannya sebelum dan sesudahnya. “Semoga sukses, Kawan!”

Yang perlu diperhatikan jenis ekstensi gambar yang disimpan. Misalnya PNG, JPG/JPEG, GIF. Karena dari ketiga ekstensi itu menghasilkan size yang berbeda, dan tidak menentu. Terkadang jenis ekstensi gif size lebih kecil, tapi pada gambar atau foto yang berbeda ternyata lebih kecil png. Makanya saya cenderung menyimpan dalam ketiga format tersebut, selanjutnya memilih yang terkecil file size-nya :)

Untuk format jpg atau jpeg, pada pilihan JPEG Options bisa memilih Image option: Medium dengan Quality 5 atau 6. Caranya dengan menggeser slider. Semakin kecil angka Quality, size semakin kecil, tetapi hasilnya semakin ngeblur. Pilihlah kualitas gambar atau photo yang dirasa tepat. Hasilnya bagus, ukuran (size) file juga kecil.
Gambar JPEG Options Photoshop

Tips di atas berlaku untuk mengecilkan image atau gambar secara keseluruhan. Jika ingin hanya sebagian yang diambil, maka menggunakan Crop Tool.

Crop Tool image atau gambar

Gambar crop tool PhotoshopPada panel bagian kiri yang berisi bermacam-macam tool, klik ikon Crop Tool, atau langsung tekan C di keyboard. Selanjutnya seleksi area image atau foto yang akan di ambil/gunakan. Geser pada baris pembatas crop ke kanan-kiri atau atas-bawah untuk memperoleh hasil yang tepat. Jika sudah fix, tekan Enter.

Dari hasil croping image ini, jika masih terasa terlalu besar, maka bisa dikecilkan size image-nya seperti langkah-langkah di awal artikel blog ini.

Demikian saja cara mengecilkan image, gambar, foto/photo dengan program Adobe Photoshop. Memperkecil dengan cara mengubah ukuran (size) dan menggunakan Crop Tool.

Bagi yang mulai blogging, baca cara membuat favicon blog dengan Photoshop atau ingin mengenal tips SEO: letak keyword blog. Atau Anda bisa membaca cara backup Windows dengan Norton Ghost dalam Hiren’s BootCD, sehingga ketika suatu saat komputer error, bisa dikembalikan (restore) seperti semula tanpa perlu install ulang Windows dan software.
Maaf, terima kasih dan semoga bermanfa’at.

Share to : Facebook | Twitter | Digg | Google | Technorati | Stumbleupon | Delicious | Reddit |

Artikel terkait :

Random Posts :

5 Comments.

  1. Salam,
    Bro bagaimana kalau ukuran gambarnya besar 1000 an px tetapi filenya kecil. Seperti gambar gambar di kompas.com umumnya gambarnya besar tapi file JPG nya kecil.

    Bisa tidak berbagi bro….

    Sudah lama pusing juga meilhat image dalam theme WordPress, kok gambar filenya kecil-kecil, untuk navbar atau header cuma sekitar 200 bit, padahal berkali-kali nyoba pakai bermacam software, rata-rata jadinya 2 kb, jauh deh… eh beberapa hari lalu nyoba pakai photoshop simpan melalui save for web, hasilnya kecil lho. Tapi mencoba file dengan screen besar kok tidak jauh beda ya…!!!! Coba saja pakai save for web, dengan bermacam ekstensi… Semoga membantu. Sebenarnya mo bikin artikelnya belum sempat :)

  2. info nice gan………

  3. Tksh atas ilmunya,smg ada yg lain

  4. sukmaynasindika

    ini sebenernya niat ngasih tutor doang yah?
    ga kasih aplikasinya ?

  5. makasih bro..
    ini yg ku cari2. akhirnya ketemu…
    salam by manrochim

Leave a Comment