Home » Komputer » Windows » Menampilkan File dan Folder Yang Disembunyikan (Hidden) Atau Terkena Virus

Menampilkan File dan Folder Yang Disembunyikan (Hidden) Atau Terkena Virus

Icon WindowsBeberapa pekan ini banyak saudara saya yang lagi pada kebingungan. Penyebabnya folder data di flashdisk tiba-tiba hilang saat dibuka memakai komputer rumah, padahal saat di tempat kerja mereka yakin masih ada, malah sempat diperbaharui datanya. Yang ada hanya shortcut folder tanpa berisi data. Pada saat sekarang, memang semakin banyak dan beragam jenis dari varian virus, kalau tidak hati-hati, kita sendiri yang akan jadi repot, tatkala membutuhkan data yang ada didalamnya, apalagi data tersebut sangat penting dan segera untuk digandakan, bingung deh. Jika mengalami hal seperti itu, coba lakukan beberapa hal di bawah ini.

Yang paling sering terjadi, file dan folder yang terkena virus menjadi tersembunyi (hidden). Kalau itu yang terjadi, maka untuk menampilkan file atau folder yang dihidden langkahnya sebagai berikut :

Buka Windows Explorer, dari menubar klik Tools pilih Folder Options…
Selanjutnya klik tab View
Pilih Show hidden files and folders
Hilangkan checklist Hide protected operating system files (Recommended)
Klik Ok.

Gambar Folder Options

Sekarang buka flahdisk-nya, file dan folder yang dihidden sudah terlihat lagi.

CATATAN :

  • Cara di atas hanya untuk menampilkan file dan folder yang terhidden, kategorinya virus yang jinak. Jika virus yang menyerang kategori ganas, akan mengakibatkan file atau folder menjadi rusak atau bahkan hilang.
  • Ada juga jenis virus, selain menyerang file, pilihan Folder Options juga menjadi tidak ada. Kalau hal yang seperti ini saya belum tahu solusinya, karena masih harus banyak belajar, silahkan cari info di internet untuk menampilkannya.

Satu hal lagi, saya menemukan kasus seperti di atas, saat memindahkan file yang ada di folder, setelah memindahnya tiba-tiba clap, secepat kilat folder yang hidden sudah tidak nampak lagi. Ternyata saat memindah folder tersebut virus bekerja, Hide protected operating system files (Recommended) sudah bercentang lagi, ini virus emang kurang kerjaan banget. Yah akhirnya setiap kali memindah data harus setting Folder Options… lagi.
Hal ini terjadi mungkin karena virus sudah menyerang system windows. Banyak aplikasi gratisan untuk menghentikan kerja virus, cuma saya belum sempat uji coba. Barangkali dalam waktu dekat meluangkan waktu untuk mempelajarinya. Jika anda mempunyai pengalaman membasmi virus, silahkan sharing di sini.

Semoga bermanfa’at, maaf dan terima kasih.

Share to : Facebook | Twitter | Digg | Google | Technorati | Stumbleupon | Delicious | Reddit |

Artikel terkait :

Random Posts :

2 Comments.

  1. he. . . .he. . . .he. . . .hebat sangat mudah dimangerti.baarakallaah. . . . .

  2. sipp gan,,
    update terus ya,,

Leave a Comment