Home » Internet » Mendaftarkan Website atau Blog ke Search Engine

Mendaftarkan Website atau Blog ke Search Engine

Teknik SEO daftar website. Mendaftarkan situs usai membuatnya merupakan langkah terbaik, tujuannya agar cepat terindak search engine (mesin Pencari). Karena search engine dalam mengindeks situs yang baru tidak tentu waktunya. Kalau ingin websitenya cepat terindeks, silahkan baca artikel cara mendaftar (registrasi) ke search engine.

Sebuah website, pengelolaan yang penting diantaranya yaitu cepat terindek search engine (mesin pencari) milik Google, Yahoo, Bing (MSN) dll. Website yang baru dibuat tidak secara otomatis terindek search engine, ada yang beberapa hari membuat langsung sudah terindek, tapi bisa jadi sampai beberapa bulan. Maka agar lebih cepat terindek, pengelola web sebaiknya mendaftarkannya secara manual ke beberapa mesin pencari yang terkenal.

Search engine di internet cukup banyak, maka pada tutorial kali ini hanya 3 yang di bahas, yaitu Google, Yahoo dan Bing.

Registrasi website ke Google

Untuk mendaftarkan blog ke Google kunjungi http://www.google.com/addurl/, isilah data blog anda. Comment diisi dengan keyword, ketik kode verifikasi kata, terakhir klik Add URL.

Setelah pendaftaran ini, website tidak langsung terindeks, tunggulah beberapa pekan, 2 sampai 3 pekan. Untuk memeriksa ketik domain web anda di kotak pencarian, apakah sudah ada? Kalau belum tunggu beberapa hari lagi, kemudian coba ketik lagi. Jika masih belum terindek, silahkan daftarkan lagi.

Registrasi website ke Yahoo

Untuk mendaftarkan blog ke Yahoo, anda harus mempunyai account Yahoo. Jika sudah punya, silahkan login, kunjungi https://siteexplorer.search.yahoo.com/submit, kalau belum punya harus membuat account Yahoo dulu, klik untuk account baru. Isi form yang tersedia, klik Add URL. Setelah selesai, anda bisa juga mendaftarkan alamat feed sekaligus, dengan menambahkan kata atom.xml dibelakang domain.

Misalnya : http://fahrurrozi.com/
Menjadi : http://fahrurrozi.com/atom.xml

Registrasi website ke Bing (MSN)

Silahkan berkunjung ke http://www.bing.com/webmaster/SubmitSitePage.aspx, tambahkan URL situs anda.
Dengan mendaftarkan website, semoga cepat terindek mesin pencari, sehingga banyak yang berkunjung dan membaca artikel atau tutorial-tutorial. Selain 3 mesin pencari di atas, anda juga bisa mendaftarkan ke search engine yang lain. Untuk alamat cari di internet ya…, selamat browsing!

Software registrasi

Ada beberapa program (software) yang mendaftarkan situs ke semua mesin pencari, diantaranya jika anda berminat, klik di sini.

Menggunakan Ping

Jika ingin lebih cepat lagi, selain mendaftarkan situs ke search engine, juga bisa dengan menggunakan ping. Untuk menggunakan ping silahkan menggunakan Ping-O-Matic.
Artikel daftar website ke search engine ini saya peroleh dari tutorialnya Kang Rohman.

Update 2 Mei 2012: Untuk penggunaan ping sebaiknya jangan terlalu sering karena akan dianggap spam, baik manual maupun menggunakan software tertentu. Apalagi setelah algoritma Google Penguin resmi menggantikan Panda, maka lebih baik berhati-hati daripada terkena penalti, yang berakibat deindex atau traffic dari search engine menurun dratis.

Share to : Facebook | Twitter | Digg | Google | Technorati | Stumbleupon | Delicious | Reddit |

Artikel terkait :

Random Posts :

1 Comments.

  1. nice info Sob,,,
    thank’s

Leave a Comment