Home » Internet » SEO » Mengenal Backlink NoFollow DoFollow

Mengenal Backlink NoFollow DoFollow

Sebelum link building untuk website yang sesuai SEO, kenali dulu backlink NoFollow DoFollow, agar pekerjaan tidak sia-sia. Pada artikel tentang Pagerank sudah ada penjelasan sedikit pengertian backlink, singkatnya adalah link dari situs lain yang mengarah ke website kita. Cara termudah membangun backlink melalui komentar sebuah website, ini paling banyak dilakukan oleh pemilik situs. Akan tetapi sebelum bekerja keras membangun backlink, sebaiknya mengerti dulu link (tautan) ada dua: nofollow dan dofollow.


Kode linknya : rel=”nofollow”

Pengertian link NoFollow.

Pengertian singkatnya tautan yang tidak dianggap sebagai backlink oleh search engine. Nofollow merupakan attribute yang memerintahkan Spider Search Engine untuk tidak mengindex link dan text pada situs. Maka jika meninggalkan link, misalnya pada kolom komentar sebuah website yang “NoFollow”, hal itu tidak ada gunanya untuk meningkatkan peringkat situs.

Contoh kode link yang nofollow:
<a href=”http://www.fahrurrozi.com/” rel=”nofollow“>
Intinya dengan menambahkan kode rel=”nofollow” dalam mode HTML

Pengertian link DoFollow.

Singkat cerita : tautan yang dianggap backlink oleh search engine. Artinya situs yang dofollow memberikan ijin kepada search engine untuk mengindex tautan tersebut. Link dofollow tanpa ada tambahan kodenya, asli bentuknya :
<a href=”http://www.fahrurrozi.com/”>
atau bisa mengganti nofollow menjadi dofollow pada kode di atas.

Dan link website jenis ini, khususnya pada kolom komentar yang menjadi perburuan pemilik situs untuk rame-rame berkomentar pada website yang menyediakannya, karena sangat berguna untuk meningkatkan pagerank.

Jika web browser menggunakan Mozilla Firefox, untuk mengetahui website tersebut nofollow atau dofollow, maka bisa menggunakan add-on NoDoFollow.

Cara install add-on Firefox : NoDoFollow

Dari MenuBar, klik Tools, pilih Add-ons. Pada jendela Add-ons, pilih tab Get Add-ons (yang paling kiri). Ketik Nodofollow pada kolom pencarian. Setelah Add-on NoDoFollow muncul, klik install untuk memasangnya pada browser. Setelah itu Mozilla Firefox di restart.

Cara menggunakan add-on NoDoFollow di Firefox

Cara penggunakannya cukup mudah, tinggal klik kanan pada browser Firefox di sembarang tempat, pilih NoDoFollow (menjadi ada centang/checklist). Semua link menjadi berwarna. Warna biru muda itu link yang dalam kategori DoFollow. Sedangkan yang merah muda berarti NoFollow.
Kesimpulannya, membangun backlink yang SEO-friendly agar tautan dapat membantu meningkatkan rangking website di search engine, maka harus tahu sebuah situs linknya nofollow atau dofollow. Terima kasih.

Update 2 Mei 2012 : Pertama, setelah algoritma Google Pinguin efektif melaksanakan kedinasan terhitung mulai tanggal 24 April 2012 :) , maka tips artikel ini untuk dipertimbangkan lagi. Walaupun backlink tetap masih diperhitungkan, akan tetapi sekarang lebih mengutamakan konten yang berkualitas, aktual dan informatif. Yang saya katakan posting “fresh”. Parameter yang digunakan Google semakin luas, tidak hanya backlink.

Rekomendasi dari banyak pakar SEO, sekarang bukan saatnya lagi mengutamakan backlink. Lebih berguna dengan memperbaiki konten, seperti :
yang artikelnya sedikit, ditambah biar semakin banyak informasinya;
halaman tidak berkualitas, dihapus atau diperbaiki;
loading blog cepat; anchor text lebih variatif;
sedikit iklan; dan lain-lain..
Kedua, semoga bermanfaat.

Share to : Facebook | Twitter | Digg | Google | Technorati | Stumbleupon | Delicious | Reddit |

Artikel terkait :

Random Posts :

2 Comments.

  1. makasih tips seonya.

  2. trims mas ilmu nya..wah banyak ilmu di sini

Leave a Comment