Home » Internet » Mengetahui Kecepatan Loading Blog

Mengetahui Kecepatan Loading Blog

Cara mengetahui kecepatan loading blog saat diakses pengguna bagi pemiliknya merupakan hal yang penting. Cepat atau lambat sebuah web blog ketika loading dipengaruhi banyak faktor, misalnya ukuran atau size yang besar. Maka menjadikan penting bagi admin blog untuk cek atau tes kecepatan loading dari situsnya sebagai bahan referensi dalam pengelolaan blog, sehingga dapat melakukan perbaikan atau peningkatan kualitas semestinya.

Penyebab blog loadingnya cepat atau lambat hal tersebut disebabkan karena beberapa hal, misalnya model atau jenis template/theme yang digunakan, di mana di dalamnya terdapat kode-kode yang jika tidak tersusun rapi akan mempengaruhi cepat/lambat web browser dalam mengaksesnya. Selain itu script, widget, image, video dll. juga turut berpengaruh terhadap loading blog.
Tentunya hal di atas di luar pembahasan kecepatan akses internet yang digunakan (modem, hp dll.)

Setiap pengelola web/blog tentunya ingin punya situs dengan loading yang cepat pada saat di akses oleh pengguna internet (user/netter), membuka halaman posting ataupun halaman utama tetap stabil kecepatannya. Karena jika terlalu lama di akses, hal ini akan menurunkan kredibilitas blog itu sendiri, karena user lama kelamaan jenuh memandang monitor yang tampil halaman putih melulu. Kalau hal seperti itu terjadi, banyak user yang langsung menutup blog yang loadingnya lama (termasuk yang nulis artikel hik-hik).
Kalau sudah main tutup seperti itu, tentunya hal ini akan berpengaruh terhadap “pandangan dan pengamatan” search engine, dan tentunya tahu sendiri deh akibat buruknya kalau sampai mesin pencari juga sudah ga ngeh dengan blog yang sering ditutup user padahal blog belum tampil penuh.

Nah, untuk mengetahui cepat lambatnya situs saat diakses dapat menggunakan layanan dari Pingdom Tools. Silahkan langsung berkunjung ke alamat http://tools.pingdom.com/
Selanjutnya masukkan alamat website atau blog (domain) yang ingin di tes pada kotak yang telah tersedia.
Jangan lupa klik Test Now.
Tunggu beberapa saat.. bla bla bla gludek gludek hasil untuk fahrurrozi.com seperti gambar di bawah
Gambar tes cepat atau lambat blog

Yaaaaaah 4 detik lebih. Lho kok lambat ya ternyata blog ini :) ….
Tapi ya cuek aja, karena setelah mencoba beberapa website maupun blog lain yang sudah mapan dan banyak pengunjung hasilnya banyak yang di atas 5 detik kok :lol:
Dan mencoba mengulang beberapa kali ternyata sekitar 2.8 detik horeeeeeeee

Biar tidak terlalu lama memahami hasilnya, di bawah ini penjelasan dari warna bar dari Pingdom Tools
Gambar Pingdom Tools Explanation

Pingdom Tools melakukan tes lengkap loading halaman html blog, semua objek yang ada terekam (gambar, CSS, javascripts, RSS, Flash dan frame/iframe). Seperti layaknya saat dibuka dengan menggunakan web browser.
Dari hasil tersebut juga dapat dipilih secara hierarki untuk melihat susunan kode css-nya. Statistik yang dihasilkan tentang halaman blog secara umum, seperti jumlah objek, waktu akses, dan size (ukuran) semua objek.
Selain itu ada record setiap kali kita test, dengan kasih centang SAVE di sebelah kanannya tombol Tes Now, sehingga bisa membandingkan kecepatan loading blog dari waktu ke waktu. Barangkali mencari perbandingan memilih theme atau template yang cocok dan akses yang cepat.

Dari hasil tes kecepatan loading blog dari layanan Pingdom Tools tersebut, bisa dilihat hal-hal atau komponen, script/kode, gambar maupun video yang bikin lama loading blog pada saat diakses. Selanjutnya tentunya melakukan perbaikan agar kecepatan loading lebih meningkat, sehingga semakin banyak pengunjung yang singgah dan menelusuri semua konten dalam blog.

Share to : Facebook | Twitter | Digg | Google | Technorati | Stumbleupon | Delicious | Reddit |

Artikel terkait :

Random Posts :

2 Comments.

  1. biasanya ane pake google page speed atau gtmetrix untuk mengukur kecepatan blog, tapi tool dari pingdom.com bisa jadi referensi juga…

Leave a Comment