Home » Komputer » .Net Framework

.Net Framework

Arti atau pengertian .NET Framework adalah suatu komponen windows yang terintegrasi yang dibuat dengan tujuan untuk mensupport pengembangan berbagai macam jenis aplikasi sehingga dapat mejalankan berbagai macam aplikasi generasi mendatang. Tujuan .NET Framework untuk menyediakan environment kerja yang konsisten bagi bahasa pemrograman yang berorientasi objek ( object-oriented programming – OOP ). Berikut saya sertakan link download .net framework dari Microsoft.

Ketika suatu saat kita menginstal program atau aplikasi game tertentu ada yang mensyaratkan untuk menginstall .NET Framework versi tertentu, karena tanpa hal tersebut, maka program tidak akan berjalan dengan baik. Tidak sedikit program atau aplikasi gagal di install jika belum ada .NET Framework versi tertentu yang menjadi syarat minimum. Misalnya untuk install program Setup From USB, membuat bootable flashdisk Windows 7.

DotNet Framework dimulai dari versi 1, 2, 3.5 dan terakhir versi 4.0 (4.0.30319.1) yang dirilis tanggal 12 April 2010. Untuk lebih jelasnya silahkan baca saja di Wikipedia, lha saya sendiri bingung :) kalau memakai bahasa resmi. Atau bisa baca ini.

Pemahaman atau gambaran yang simpel tentang kegunaan atau fungsi .Net Framework ini bagi saya, .NET Framework menyediakan semacam bahasa pemgrograman yang dapat digunakan pemrograman lain tanpa harus menulis ulang kode tersebut. Sebagai contoh yang mudah, .NET Framework membuat menu bar File, yang didalamnya ada New, Open, Save, Save As, Rename dan lain sebagainya. Maka program atau aplikasi lain tidak perlu menulis ulang kode tersebut yang akan memperbesar size, cukup memanggil kode library yang sudah disiapkan .NET Framework.
Sayangnya saya lupa blog yang membahas sederhana pengertian ini, lha bacanya saja tahun 2008 (padahal sangat memudahkan saya yang newbie memahami .NET Framework), pengertian sederhana tapi padat simpel dan bergizi :) . Sebelum posting artikel ini saya coba sempat blogging barangkali ketemu, hasilnya nihil. Yah saya tulis seingatnya saja, yang penting mudah dipahami :lol: (bagi saya lho)

Maka dari versi-versi tersebut mempunyai fitur yang berbeda. Jika sudah install versi yang baru, maka tidak perlu instal versi sebelumnya, karena sudah ada di dalamnya. Kecuali untuk .Net Framework 4, tidak menyertakan versi di bawahnya, harus install sendiri.

Untuk mengetahui versi .Net Framework yang sudah terinstall ke komputer, bisa melalui
Start – Control Panel – Add/Remove Programs
Dalam jendela Add/Remove Programs terdapat versi yang sudah terinstall, cari saja program Microsoft .Net Framework. Atau bisa menggunakan aplikasi gratis Asoft .Net Vertion Detector.

Gambar Asoft .Net Vertion Detector

Versi dengan angka merah yang belum terinstall di komputer.

Dengan mengetahui fungsi dan kegunaannya tersebut, maka memang sebaiknya (setidaknya) mempunyai file installernya, e e barangkali suatu saat instal program atau aplikasi ternyata membutuhkannya.

Yang ingin download .net framework silahkan memilihnya, ada beberapa versi dalam versi :lol:

Download .net framework versi 1 dan 2

Download .net framework versi 3.5 dan 4

Maaf ya judulnya nyentrik dan simpel, supaya terlihat paling pendek dari semua artikel blog sehingga mudah mencarinya, lagi tidak mikirin tips SEO. Karena seringkali ditanya link download .net framework kebingungan jawabnya, dengan membuat menjadi artikel blog seperti ini lebih memudahkan bagi saya menjawabnya, langsung berkata “tuh buka http://fahrurrozi.com/net-framework/” dengan mimik semanis-manisnya dan senyum menggila :roll:
Dan tentunya selain hal itu barangkali juga berguna bagi orang lain yang membutuhkan tentang pengertian, guna dan fungsi Microsoft .net framework, dan mencari link download .net framework dari Microsoft. Maaf dan terima kasih.

Share to : Facebook | Twitter | Digg | Google | Technorati | Stumbleupon | Delicious | Reddit |

Artikel terkait :

Random Posts :

Leave a Comment