Home » Komputer » Software » Notepad++ Untuk Menulis Artikel Blog

Notepad++ Untuk Menulis Artikel Blog

Notepad++ merupakan software text editor yang gratis untuk di download. Ketika edit atau untuk menulis artikel saya terbiasa menggunakan program Notepad Plus Plus ini. Banyak sekali kelebihannya dari program ini dibandingkan dengan text editor Notepad bawaan Microsoft Windows. Sudah saatnya menggunakan software gratis ini, tinggalkan Notepad dari Windows. Berikut tutorial internet tentang kemampuan atau keunggulannya Notepad++ untuk penulisan artikel dan editing file.


Saya menggunakan Notepad++ tidak hanya untuk penulisan artikel blog ini, tetapi juga saya gunakan dalam mengedit theme WordPress, template Blogger, PHP, CSS, HTML dan lain-lain. Sampai saat artikel ini diposting, versi terbaru yaitu Notepad++ 5.8.7. Pada versi terbaru ini banyak sekali perubahan yang lebih baik dan semakin menambah nyaman memakainya. Maka jika masih memakai versi lama, segera download Notepad++ terbaru.

Kelebihan dan cara memakai Notepad++

Beberapa kelebihan atau keunggulannya dan cara pemakain program Notepad Plus Plus sebagai berikut:

Menulis artikel

Dalam menulis artikel hal yang paling menonjol untuk diunggulkan adalah lebih mudah untuk mengetahui jumlah kata tertentu. Hal ini sangat berkaitan dengan tips SEO. Salah satu teknik SEO tentang letak keyword (kata kunci) menyebar dalam setiap paragrap dalam penulisan konten. Istilah pakemnya keyword density, kepadatan atau kerapatan kata kunci. Penulisan kata kunci website atau blog jangan sampai terlalu sering diulang, karena bisa dianggap spam. Akan tetapi juga jangan terlalu sedikit, agar kekuatannya dalam konten benar-benar mendukung keyword website.

Untuk mengetahui perkiraan jumlah masing-masing kata kunci, klik ganda pada kata tersebut atau cukup di block. Maka semua kata yang sama akan berwarna menjadi hijau. Sehingga lebih mudah dalam mengetahui jumlah dan penyebaran kata tertentu.

Copy paste artikel dari internet

Saat copy paste postingan atau artikel dari internet, kemudian dipindah ke Office Word, seringkali susunan barisnya kacau, dan terkadang sebagian kata terpotong dengan tidak benar saat ganti baris. Maka membiasakan copy paste artikel dari internet melalui Notepad++ terlebih dahulu, lalu di edit, baru kemudian di copas ke Microsoft Office Word.

Kata atau kalimat yang dalam satu paragrap pada Notepad++ saat aktif (di klik) akan berbeda warnanya. Sehingga memudahkan untuk mengetahui antar paragrap yang satu dengan lainnya. Untuk meletakkan kursor di akhir baris tekan tombol keybord End. Jika paragraf terdiri dari beberapa baris, tekan End sekali lagi, maka kursor akan berada pada akhir paragrap.

Suport bahasa pemrograman

Penulisan script atau kode-kode pemrograman pada Notepad memiliki warna yang berbeda-beda, termasuk deklarasi tag atau variabel-variabelnya. Dengan warna yang berbeda lebih memudahkan dalam mengontrol setiap kode pemrograman, tentunya untuk menghindari error.

Buka banyak file dalam satu window (jendela)

Membuka beberapa file sekaligus dalam satu window, menjadi beberapa tab. Hal ini memudahkan untuk berpindah-pindah tab (file) antara yang satu dengan lainnya. Sedangkan Notepad bawaan Microsoft Windows setiap file dengan satu jendela.

Notepad++ Portable

Program Notepad++ sudah tersedia yang portable. Salah satu fitur yang sangat memudahkan kemanapun kita berpergian dan memakai komputer orang lain yang tidak terinstall program ini maka tetap bisa memakai Notepad++. Semua flashdisk saya juga selalu berisi Notepad++ Portable. Sehingga kegiatan blogging, penulisan artikel tutorial untuk konten blog tetap berjalan.

Tips setting Notepad++

Agar tulisan yang panjang tidak melebihi ukuran layar (screen), maka silahkan di setting Word wrap, caranya klik View di Menubar, kemudian pilih Word wrap.

Jika sudah memakai program Notepad++ tapi masih versi lama, segera download yang terbaru, dan rasakan bedanya :) Kunjungi situs resminya di http://notepad-plus-plus.org/ untuk informasi yang lebih detail.

Download Notepad++ melalui Softpedia klik di sini. Untuk yang portable klik di sini.

Dalam mendesain website atau blog, saya terbiasa menggunakan program Notepad++. Mulai dari edit theme WordPress, meliputi file CSS dan PHP. Atau ketika edit template Blogger yang berekstensi .xml. Mencoba-coba kode html dan Javascript (js) untuk website. Dalam pemasangan kode adsense dalam prosesnya saya menggunakan program yang dapat di download gratis ini, diuji coba memakai WordPress secara offline.

Saya pernah juga memadukan penulisan di program Notepad++ dengan Microsoft Office Excel saat edit subtitle film dengan extensi file .srt ternyata hasilnya luar biasa.

Kesimpulan: menggunakan program Notepad++ untuk membuat artikel website, edit theme WordPress, edit template Blogger, dan bermacam-macam bahasa pemrograman seperti html, css, php, js, java, C++, python dan masih banyak yang lainnya. Dengan demikian software Notepad++ sangat membantu pekerjaan dalam bermacam kondisi menjadi lebih mudah dan praktis. Maaf dan terima kasih, semoga bermanfaat.

UPDATE 21 Maret 2011: ternyata banyak yang baca artikel ini dengan keyword cara menggunakan Notepad++, maka saya tambahkan saja beberapa tips yang terlewatkan:

  • Block baris, caranya klik pada nomornya (sebelah kiri halaman Notepad++)
  • Hidden (sembunyikan) baris artikel. Caranya block barisnya, klik kanan pilih Hide lines. Untuk menampilkan kembali cukup klik panah warna biru. Fitur ini sangat membantu lho
  • Menandai artikel penting. Klik di sebelah angka, maka akan muncul tanda bulat warna biru.
  • Ikon Close document. Default-nya polos tidak ada tanda silang (X) close. Untuk menampilkan ikon close, dariMenubar klik Setting, pilih preferences… Pada kolom General centang Show close button on each tab. Atau bisa memilih yang di bawahnya, Double click to close document.
  • Tandai berbeda-beda. Saya ga paham maksodnya :) Intinya begini, untuk lebih memudahkan dalam penulisan, maka background artikel bisa berbeda-beda. Silahkan dicoba saja sendiri, saya bingung jelasinnya, maklum masih nyubi komputer. Block atau select pada kata/baris, klik kanan pilih Style token. Style token ada 6, dicoba-coba saja, background akan berbeda. Untuk hapus Style token, klik kanan di sembarang tempat (yang penting di Notepad++ :lol: ) pilih Remove style. Pilih style berapa yang akan dihapus. Maka semua format style yang dihapus akan kembali normal.

Itu saja tambahannya cara menggunakan Notepad++ ya, sebenarnya banyak sekali fitur yang ditawarkan, jangan ragu mencobanya. Terima kasih.

Share to : Facebook | Twitter | Digg | Google | Technorati | Stumbleupon | Delicious | Reddit |

Artikel terkait :

Random Posts :

4 Comments.

  1. Mas ada ga tutorial terperinci cara edit blog pakai notepad plus plus. Terima kasih sebelumnya

    • Yusuf Fahrurrozi

      Sebenarnya tidak perlu tutorial terperinci untuk mengedit blog menggunakan Notepad++, karena sama seperti memakai notepad bawaan windows.
      Atau bagaimana yang di maksud dengan “cara edit blog” menggunakan Notepad++??

  2. trimakasih sangat berguna gan

Leave a Comment

 

Trackbacks and Pingbacks: