Home » Internet » Adsense » Pasang Google Adsense di Tengah Posting Blog

Pasang Google Adsense di Tengah Posting Blog

Cara pasang iklan Google Adsense di tengah postingan blog WordPress tanpa plugin. Sebuah tips meletakkan kode Adsense pada bagian tengah konten agar dapat meningkatkan klik, sehingga tidak hanya traffic website yang perlu ditingkatkan, pendapatan dalam bentuk dollar juga perlu ada peningkatan.

Setiap blogger tentu mempunyai keinginan, hasil jerih payah ngeblog melalui optimalisasi blog, sharing pengetahuan, berbagi tips dan trik aneka ilmu, tidak lain yang pertama adalah untuk mendatangkan pengunjung yang sebanyak-banyak. Setelah pengunjung dirasa cukup, langkah selanjutnya yaitu monetisasi situs dengan memasang iklan, dan yang masih menjadi favorit sampai saat ini tidak lain adalah iklan Google Adsense.

Setelah mendapatkan akun, dan saatnya menempatkan kode Adsense ke dalam blog, dari banyak review blogger yang sudah berpengalaman, bahwa letak iklan juga berpengaruh terhadap banyaknya klik yang dilakukan oleh pengunjung. Penempatannya bisa di header, sidebar, bawah judul, tengah/akhir konten dll. Semua menyesuaikan desain situs. Untuk menempatkan kodenya bisa dengan plugins Quick Adsense, tidak akan dibahas dalam artikel ini, tetap fokus memasang script Adsen di tengah konten situs tanpa plugin.

Maka pada kesempatan kali ini saya akan sharing cara menempatkan kode Google Adsense di tengah posting blog secara otomatis. Iklan Ads akan tampil setelah paragraf ke-2 dan ke-5, dan bisa disetting sesuai kebutuhan dan hajat hidup orang banyak hehe. Dengan melakukan sedikit perubahan pada theme WordPress, yaitu pada file single.php

Setalah memasang iklan Ads di tengah postingan blog, terbukti meningkatkan jumlah klik iklannya, dan Alhamdulillah semua klik dinilai valid oleh Google (inilah hal yang paling menggembirakan dalam hidup saya, menambah semangat untuk blogging).

Langkah pertama, buka file single.php pada theme yang dipakai. Jika melalui dashboard pilih AppearanceEditor, kemudian pilih Single Post (single.php).
Cari kata seperti di bawah :

<?php the_content(); ?>

Ganti dengan kode berikut :

// BEGIN ADS
<?php
    $content = apply_filters('the_content', $post->post_content);  //get the post content store in $content
    $save = explode("</p>", $content);  //Separate the content into <p> blocks
    $tcount=0; //this is count for number of <p> blocks
    $adon=0;  //this is a variable so you don't show ads more than once.
      foreach($save as $item) {
        echo $item;  //print the <p> block
        echo "</p>";
        if(preg_match('/<p> /',$item)==0 && $tcount>=1 && $adon==0) {
           $adon=1;
    ?>
        <div class="entry-ads1">
            CODE ADSENSE DI SINI, SETELAH PARAGRAF KE-2
        </div>
    <?php
        }
     if(preg_match('/<p> /',$item)==0 && $tcount>=4 && $adon==1) {
        $adon=2;
    ?>
        <div class="entry-ads2">
            CODE ADSENSE YANG LAIN JIKA KONTEN LEBIH DARI 4 PARAGRAF
        </div>
    <?php
       }
       $tcount++;
     }
?> // END ADS

Selanjutnya buka file style.css untuk mengatur stylenya, mungkin ingin dikasih aksesoris kotak border, efek shadow dll. agar lebih menarik, copy paste kode berikut:

.entry-ads1 { height: 60px; margin:10px 0 15px}
.entry-ads2 { height: 250px; margin:10px 0 15px}

Parameter yang lain silahkan ditambah sendiri, misalnya width, padding dan lain lain. Angka yang berwarna merah bisa diganti, pada paragraf ke berapa iklan ingin tampil. Jadi ingat saat mencari script untuk membuat random post dan menu breadcrumbs WordPress tanpa plugin, karena awalnya untuk mencari kode yang pas, dalam artian tidak membuat tampilan blog rusak atau error terasa sulit, sudah mencoba beberapa tips tapi gagal. Akhirnya menemukan kode php ini dari WPCODE.net dan ternyata sukses lancar jaya. Makanya setelah saya evaluasi dengan seksama dan dalam tempo yang sesingkat-singkatnya, disharing untuk berbagi dengan Anda, barangkali menginginkan hal ini.

Terakhir, jika ingin mencobanya dulu, sebaiknya dilakukan secara offline, sehingga mengetahui kendala-kendala dalam pemasangannya ke dalam theme WordPress. Kode bisa diakalin, ganti aja dulu dengan gambar image yang sesuai space iklan.

Apakah cara ini aman? Mungkin ada yang bertanya seperti itu, saya berpikir sederhana, selama tidak melanggar TOS Google, hal itu tidak menjadi masalah :) Toh publisher memang didorong untuk menempatkan iklan pada posisi yang strategis, agar peluang klik lebih besar. Dan faktanya emang tidak saya temukan larangan memasang iklan di tengah posting hehehe. Jika selanjutnya ada larangan yang jelas, artikel ini akan langsung diupdate. Maaf, matur nuwun dan semoga bermanfaat.

Share to : Facebook | Twitter | Digg | Google | Technorati | Stumbleupon | Delicious | Reddit |

Artikel terkait :

Random Posts :

10 Comments.

  1. canggih

    keremmmmm

    eh kerennnnn :D

    thanks ya bro sudah share content bermanpaat ini :)

    sukses dan terus semangat untukmu

  2. buat blogspot ada gak bang?
    saya dah ubek2 semua tutorial isinya sama semua ga bisa nampilin iklan di paragraf tertentu saja alias random posisinya

  3. Good malem om ^_^ ,, Artikelnya mantabss!.. skrg saya sudah migrasi ke blogspot lagi om, yg andiseo.com saya redirect, skrg comment dibuka utk umum :) .. ditunggu kunbalnya.. ^_^

  4. emang ga ngelanggar TOS GA ya mas ??

    • Yusuf Fahrurrozi

      Sudah saya pelajari, tidak melanggar TOS, lagian kode adsen blog ini sudah terpasang lama, dan sepertinya tidak pernah ada teguran dsb.
      Selain itu juga banyak website yang memasang dengan cara di atas.
      Semoga membantu. Terima kasih.

  5. Gan, ane nyari2 kode kq ga ktemu ya di file single.php.. ada the_content(); tapi banyak banget… jadi bingung..

  6. mantap gan,tapi saya belum di terima adsense. sedih rasanya..

Leave a Comment