Home » Internet » SEO » Pengertian dan Guna Ping untuk Website

Pengertian dan Guna Ping untuk Website

Tips SEO agar blog selalu cepat terindeks search engine dengan melakukan ping. Ping adalah sebuah tool jaringan komputer yang digunakan untuk menguji apakah sebuah komputer atau hosting bisa dibuka di internet. Gunanya ping sebagai pemberitahuan update dari blog. Selain pengertian dan kegunaan ping, tutorial ini juga menjelaskan waktu dan cara ping sebuah blog atau website dengan program yang tersedia di internet.

Ping juga bisa diartikan tindakan mengirimkan pesan jaringan ke suatu server untuk menginformasikan bahwa Anda telah meng-update situs.
Setiap kali ada perubahan blog, seperti posting artikel atau tutorial baru maka lakukanlah ping ke search engine untuk memberitahukan update yang Anda lakukan.

Sebelum melakukan ping, blog-nya harus sudah terdaftar di search engine dan directory yang ada di mesin Ping. Kegunaan utama ping terhadap website adalah untuk membantu mengoptimalkan dan meningkatkan rangkingnya, karena perubahan yang terjadi menjadi lebih cepat terindex mesin pencari. Dengan terindeknya perubahan tersebut, apalagi jika hal tersebut berupa postingan, diharapkan segera bisa dipromosikan ke dalam hasil pencarian. Dalam lingkup Google, dengan fenomena Honeymoon-nya. Tentunya hal ini sangat penting, dan menjadi ajang kompetisi untuk meningkatkan kreatifitas blogging agar tetap berada di atas (SERP). Kecuali jika blog tidak ingin dibaca orang lain, maka ya tidak perlu ping-pingan lah.

Memilih waktu melakukan ping.

Begitu pentingnya ping untuk SEO, maka sesegera mungkin melakukannya setelah :

  1. Update blog. Adanya perubahan dalam blog, seperti template atau theme blog habis diedit, sehingga susunan navigasi dan tampilan blog berubah. Memasang random post atau menu breadcrumbs WordPress tanpa plugin dan lain-lain.
  2. Posting artikel baru.
  3. Pokoknya ada hal yang baru dari blog.
  4. Jika tidak ada yang baru, melakukan Ping cukup sebulan sekali.

Larangan ping

Tapi ingat, ada larangan yang harus dihindari dan dipatuhi dalam Ping, yaitu :

Jangan melakukan ping terlalu sering karena bisa dianggap sebagai spam.

Website untuk ping

Penyedia jasa nge-Ping yang banyak digunakan oleh pemilik situs diantaranya :
1. http://mypagerank.net/service_pingservice_index
2. http://www.pingoat.com
3. Ping-O-Matic

Bagi Anda yang menggunakan blog WordPress,sebenarnya sudah tidak perlu repot lagi maen ping-ping-an hehe karena sudah disubmitkan secara otomatis oleh http://rpc.pingomatic.com/ cuma mungkin yang agak kurang sreg, yaitu kalau kita posting artikel baru aja hikshiks
Karena itulah terkadang banyak orang menjadi kurang marem and mantabs kalau belum melakukan sendiri hal-hal yang bersifat penting seperti ini. Dan informasi yang lebih penting, saya nge-ping baru sekali selama blogging, waktu pingin nyoba ngrasain rasanya ping hihi..hi.. ternyata gurih juga…

Artikel blog tentang ping: arti dan gunanya ini saya peroleh saat browsing internet menemukan Blogger yang membahasnya, walaupun sudah ga news tutorial, tapi ilmunya kok, mau nge-ping ah…. (karena jarang atau malas dengan urusan seperti ini, alasannya????)

Share to : Facebook | Twitter | Digg | Google | Technorati | Stumbleupon | Delicious | Reddit |

Artikel terkait :

Random Posts :

3 Comments.

  1. minggu lalu sudah nge-ping, karena ada perubahan ping lagi, kok malah hilang dari pencarian google, berapa lama mesti nunggu nya ya.. tks

    • Yusuf Fahrurrozi

      Agan Adhi, jangan terlalu sering ngeping, bisa di anggap spam. Saya tidak pernah nge-ping lho, hehehe. Cm sekali aja waktu uji coba hehe

  2. sangat bermanfaat buat newbie seperti saya gan..hehee

Leave a Comment