Home » Internet » Adsense » Permasalahan Google Adsense

Permasalahan Google Adsense

Mempunyai akun Google Adsense merupakan keinginan banyak orang. Karena sampai saat ini, program yang ditawarkan oleh pengembang Google ini masih menjadi favorit bagi pemilik website atau blog untuk menambah pendapatan yang diperoleh dalam bentuk dollar. Akan tetapi, ternyata agar bisa menampilkan iklan Google Adsense tidak semudah yang saya bayangkan (maklum, sebagai pemula). Berikut beberapa permasalahan yang saya alami sehingga iklan Adsense beberapa bulan tidak tampil, mulai dari kode PIN, informasi pajak, dan Google Friend Connect.

Saat pertama kali memasang iklan Google Ads (Adsense), pada waktu itu belum support Bahasa Indonesia, sehingga harus melalui Google Friend Connect. Setelah terpasang kodenya, bulan-bulan pertama semua berjalan, iklan bisa tampil. Seiring berjalannya waktu, mulailah permasalahan yang bikin pusing :( sebagai berikut :

Kode PIN Google Adsense

Mulai bulan kedua, setelah mendapatkan beberapa dollar, iklan kadang tampil, terkadang tidak tampil. Saat saya cek ke akun Ads, ternyata diminta verifikasi untuk memasukkan kode PIN dari Google yang dikirim via pos. Langkah yang saya ambil minta untuk dikirimi kode PIN. Jika setelah 28 hari sejak pengajuan PIN belum ada pos dari Google, baru boleh mengajukan lagi untuk yang ke-dua. Maksimal dalam petunjuk Bantuan Google sebanyak 3 kali.

Memasuki bulan ketiga (belum mendapat kode PIN), iklan Google Adsense sama sekali tidak tampil. Setelah sebulan tidak ada kabar dari paman Google, saya putuskan untuk minta kode PIN yang kedua kalinya.

Pada akun saya tersebut, ada 2 pesan / peringatan untuk segera dilakukan tindakan, yaitu memasukkan kode PIN dan informasi Pajak.

Setelah menunggu sebulan, ternyata tidak jua datang pos dari mbah Google. Akhirnya untuk yang ketiga kalinya (dan mungkin terakhir dalam pikiran saya) minta kode PIN. Jika dalam 28 hari masih tidak ada kiriman PIN, putus sudah harapan untuk menampilkan iklan Adsen, dan….
Setelah menunggu sebulan lebih, ternyata benar-benar tidak ada kiriman pos seperti yang dijelaskan oleh paman Google. Dalam keputus-asaan, tidak tahu harus berbuat apa, saya biarkan kode Ads tetap tertanam dalam blog ini, biarpun tampilan menjadi jelek :(

Sudah menjamah forum bantuan Adsense, googling kesana kemari cuma capek dan semakin tidak jelas masa depan akun saya.
Pada akhirnya akhir bulan Maret 2012 saat melihat-lihat akun Adsense, ada sedikit penjelasan, jika sudah 3 kali minta kode PIN ternyata tidak ada balasan, diminta mengisi form identitas untuk dikirim dan dianalisa permasalahan tersebut.
Dalam form tersebut, ada bidang isian untuk melampirkan kartu identitas, baik KTP, BANK, dll. Tanpa berpikir dua kali saya lampirkan scan KTP. Beberapa hari kemudian dapat email balasan, dengan dikirimnya form isian yang disertai ID Card (kartu identitas) tersebut, maka tidak diperlukan lagi untuk memasukkan kode PIN :) Masalah kode PIN akhirnya beres. Tetapi ternyata iklan masih belum tampil :( Penyebabnya di bawah ini.

Informasi Pajak Google Adsense

Dulu sih pernah buka-buka link ini, tapi karena kurang paham, maka saya abaikan. Setelah permasalahan PIN beres, tetapi iklan Ads belum tampil, maka saya “nekad” mengisi form informasi pajak tersebut. Agak lama juga membaca detilnya (takut salah hehehe), dan beberapa kali mencoba pilihan ya atau tidak untuk melihat perbedannya. Dan setelah mencermati setiap pertanyaan (item pertanyaan ada penjelasan singkat dan rujukan), maka jawaban informasi pajak Google Adsense untuk akun saya memilih “TIDAK” semua. Karena memang tidak punya bidang usaha yang bergerak di USA.

Walaupun file blog ini oleh RumahWeb (hosting blog saya) diletakkan di Amerika, tetapi pada form isiannya sudah ada penjelasan bahwa jasa hosting bukan termasuk didalamnya. Logika saya, tentu yang perlu membayar pajak ini adalah pihak RumahWeb sebagai pemilik hosting, atau lembaga lain yang digunakan jasanya oleh RumahWeb.

Setelah mengisi form informasi pajak ini, di beranda akun Adsense saya sudah tidak ada pesan atau peringatan lagi. Artinya dua langkah di atas sudah betul. Mantabs deh batin saya berteriak kegirangan… dan ternyata setelah menunggu beberapa hari iklan tetap tidak tampil :roll: Status kode iklan dalam akun saya masih tetap tertera “SIAGA:) padahal kalau iklannya tampil, akan tertera “AKTIF
Masalah berikutnya di bawah ini.

Google Adsense support Bahasa Indonesia

Seperti saya uraikan di awal posting, saat pertama kali memasang Adsen dari paman Google ini, masih menggunakan Google Friend Connect. Setelah permasalahan kode PIN dan pajak dapat diatasi, ternyata iklan belum juga tampil. Maka saya cari-cari penyebabnya. Mencoba login ke Google Friend Connect ternyata tidak bisa.

Sempat juga pada tanggal 31 Maret saya kirim pertanyaan ke Google tentang permasalahan yang saya alami. Dan kemungkinan membutuhkan waktu 2 hari untuk mendapat balasan jika banyak klaim yang masuk (normalnya 1 hari akan dibalas). Setelah menunggu sehari tidak ada pemberitahuan, berarti kemungkinan crew Google lagi sibuk, atau bisa jadi pertanyaan saya tidak memerlukan jawaban, karena “mungkin” sudah dianggap ada pada menu Bantuan Google, cuma saya saja yang tidak tahu hehe, maklum pemula dan tidak mengerti betul seluk-beluk Adsen :)

Akhirnya tanggal 1 April 2012 kemarin, “nekad” mencoba mengganti kode dari Google Friend Connect dengan kode langsung yang dari Adsense. Dan ternyata iklan konten maupun link unit Adsense semua bisa tampil setelah menggunakan kode Adsen yang asli, tanpa melalui Google Friend Connect.
Dari proses ini berarti Google Adsense support Bahasa Indonesia, untuk detailnya baca di sini. Yang pada awalnya saya ragu, kebijakan ini bersifat sementara (uji coba) atau selamanya :) dan saya berdo’a untuk selamanya hehehe

Kesimpulan dari proses menangani beberapa permasalahan iklan Google Adsense tidak tampil tersebut di atas yaitu :

  1. Kode PIN
  2. Informasi Pajak
  3. Google Adsense support Bahasa Indonesia

Hikmah dari semua ini, bertambahnya pengetahuan tentang seluk beluk Google Adsense. Walaupun dalam menyelesaikan permasalahan di atas pada awalnya didasari “nekad”, karena sudah putus asa dan tidak tahu apa yang selanjutnya dilakukan. Kenekadan ini juga dengan alasan sederhana, jika memang akun tidak bisa menampilkan iklan, ya sekalian rusaknya :) dan sudah siap dengan banned dari Paman Goog. Pokoknya langkah-langkah yang saya lakukan selama tidak menyalahi TOS (Term of Service), ya nekad aja. Mungkin sekitar 2/3 bulan prosesnya (benar-benar kelihatan pemula dan amatir) :lol: Maaf, terima kasih dan semoga bermanfa’at.

Share to : Facebook | Twitter | Digg | Google | Technorati | Stumbleupon | Delicious | Reddit |

Artikel terkait :

Random Posts :

6 Comments.

  1. Wow! postnya sangat luar biasa dan bermanfaat :D saya masih newbie soal adsense :D ..

  2. Ternyata cara untuk daftar Google AdSense bisa menggunakan tips dengan Google Friend Connect? baru tau ane sob, kemana Saja guwa ya? hehe Sayangnya link rujukan untuk tips tersebut gak dipasang ya jadi gak bisa baca detailnya.

    • Yusuf Fahrurrozi

      Gan.. pakai Friend Connect itu dulu, saat adsense belum support bhs Indonesia
      Sekarang tidak perlu, langsung pasang kode Ads-nya. Kalau pakai Friend Connect malah iklan tdk keluar..
      Makasih Gan…

  3. mas artikelnya bagus termasuk 5 langkah daftar adsense..nambah info buat aku yg baru belajar adsense.

  4. pake akun google host juga bisa gan …
    dulu saya daftar adsense lewat youtube gan…
    bukan lewat blogspot …

Leave a Comment