Home » Komputer » Pilih Program Agar Komputer Cepat

Pilih Program Agar Komputer Cepat

Tips memilih program agar komputer cepat, untuk buka program maupun loading tidak menjadi lambat. Tentunya memprihatinkan jika Windows dalam komputer berjalan lambat. Penyebab pc jadi lambat diantaranya karena kesalahan [lebih sopannya ketidak jelian] orang dalam memilih program yang di install. Berikut tips dasar memilih program agar komputer tetap berjalan normal/cepat.

Dalam artikel ini silahkan Anda membandingkan sendiri, dan uji coba agar tahu sebagian penyebab Windows atau komputer jadi lambat. Tutorial ini bersifat untuk umum, bukan orang yang ahli dalam bidang tertentu, misalnya design grafis atau pengelola hosting.

Versi program

Banyak orang yang karena belum tahu, dan tergiur dengan fitur baru terhadap suatu program maka segera serta merta install yang versi terbaru. Padahal apakah versi baru tersebut memang berguna? Semua software [ yang saya tahu lho :) ] file installer semakin besar, artinya kode registry semakin banyak, tentunya hal ini akan membuat capek Windows membacanya..

Umpama program Adobe Photoshop. Banyak yang memilih memakai cs3 atau cs5, padahal cs2 saja belum semua fitur bisa dioptimalkan cara penggunaannya.
Program Corel, jika jarang memakai, tidak perlu install. Kalau dengan Corel 11 sudah cukup, kenapa harus install corel 14 dst.
Program Office, kalau tidak semua dipakai, ada opsi pilihan installasinya. Misalnya Office Outlook, Acces, Infopath, jika tidak pernah menggunakan maka sebaiknya tidak perlu ikut di install.

Yang di atas itu untuk software kategori berat, sekarang program yang kecil-kecil.

  • Untuk lihat film hasil download Youtube biasanya memakai vlc media player. Perbandingannya vlc v0.9.8a = 59.12 MB, yang v1.1.9 ukurannya menjadi 78.85 MB setelah di install. Perbedaannya cukup jauh, kalau masih bisa lihat film memakai versi lama, kenapa install yang baru :)
  • Program Foxit Reader untuk buka file pdf. Saya tidak memakai Adobe reader karena file installer lebih besar.
    Foxit v22 di install jadi 7.56 MB. Untuk Foxit v.431 install sebesar 11.45 MB.
  • K-Lite Mega Codec untuk nonton film yang banyak di cari. Untuk K-Lite Mega Codec Pack 445f = 36.14 MB, yang lebih baru v710 menjadi 49.32 MB

Nah itu beberapa contoh saja perbedaan software antara versi lama dengan yang baru. Semakin besar file aplikasi, tentunya semakin berat bagi Windows dalam me-load program tersebut.

Memang ada beberapa program harus update [upgrade], dengan pertimbangan-pertimbangan tertentu, misalnya bagi desain grafis, tentu akan lebih baik hasil pekerjaannya dengan menggunakan Photoshop atau Corel versi terbaru.
Program anti virus termasuk yang harus selalu update.

Pengelola hosting tentu akan segera upgrade OS servernya untuk keamanan dan stabilitas.

Saya, lebih senang memakai program versi lama, dengan alasan kasihan Windows dalam bekerja :roll:
Pada intinya ada program yang bersifat online, dan sebaiknya program-program tersebut selalu update (versi terbaru). Dan ada program yang bersifat offline, nah software yang termasuk kategori ini tidak perlu selalu versi yang terbaru. Semua kembali kepada diri sendiri, ingin komputer cepat atau lambat.

Konklusi: kejeliaan memilih program agar komputer cepat disesuaikan dengan kebutuhan. Ada program harus update, tidak boleh diabaikan. Ada juga yang tidak memerlukan versi terbaru, selama yang jadul masih support dan bisa berjalan dengan baik. Pemilihan program agar komputer tetap cepat ini hanya sebagian solusi dari bermacam tips dan trik untuk pc, misalnya dengan men-tweak Windows. Selain itu bisa dengan memilih program startup yang penting saja atau
membersihkan registry. Banyak sekali program untuk registry cleaner yang baik, salah satunya yaitu CCleaner [ termasuk yang harus update :) ]. Semoga bermanfa’at, maaf dan matur nuwun.

Share to : Facebook | Twitter | Digg | Google | Technorati | Stumbleupon | Delicious | Reddit |

Artikel terkait :

Random Posts :

4 Comments.

  1. boleh nambah saran dikit nggak?
    kalo aku solusinya install program yang perlu banget aja trus yng lain yang jarang dipakai seperti media player corel draw photoshop bahkan office dan ccleaner aku gunakan program portablenya banyak beredar di internet baik yang gratis atau berbayar…. bahkan dengan yg portable program berbayar jadi gratis tanpa harus di crack keygen patch dsb

    • Yusuf Fahrurrozi

      Mas Abineazra… mantabs.. :) terima kasih tambahan sarannya…
      Memang seperti itu, tdk semua program d install, solusi memakai portable sebuah cara praktis
      Saya juga banyak memakai portable :D
      Terima kasih kunjungannya…

  2. Sebelumnya saya mohon maaf, mau bertanya gmn caranya menampilkan fullscreen pada excel dengan coding VB. Terimakasih

    • Yusuf Fahrurrozi

      Maaf… saya belum pernah mencoba dan belum tahu.
      Mungkin Mas Fadil bisa bertanya ke master2 Excel di forum-forum :D

Leave a Comment