Home » Microsoft Office » Excel » Program Excel Untuk Mengolah Nilai di Sekolah (Propenil Format Baru)

Program Excel Untuk Mengolah Nilai di Sekolah (Propenil Format Baru)

Propenil yang lama, saat dijalankan terasa berat, apalagi saat disimpan (save), wuih lama banget, ditambah spesifikasi komputer yang biasa-biasa saja, maka akan terasa menjemukan melihat kerjanya. Setelah melakukan berulangkali riset (waduh, kayak ilmuwan ae…), akhirnya selesai juga ngutek-utek Excel untuk mempermudah mengolah nilai di sekolah.

Propenil yang baru lebih kecil ukuranya, sekitar 5 MB, bandingkan dengan yang dulu mencapai + 20 MB. Yang jelas, terasa beda saat Excel menjalankan Propenil versi lama dengan yang baru, lebih cepat dan ringan, walaupun awalnya untuk membuat sebuah perubahan tersebut agak kebingungan (abis masih newbie banget sih). Tapi itulah awal sebuah pembelajaran untuk memotivasi diri, ternyata yang namanya komputer ilmunya sangat luas. Ayoooo serbu terus.

Format Propenil yang baru masih sama dengan pendahulunya, untuk 10 kelas dengan maksimal 40 siswa. Silahkan download Propenil yang terbaru (update) dengan klik di sini.

isa dijalankan dengan Microsoft Office Excel 2003 maupun 2007.

KETERANGAN :

MENU UTAMA :

  1. DATA MASUK : ketika di klik maka akan mengaktifkan sheet DATA, silahkan isi data sesuai dengan kondisi di sekolah anda, dari mulai Kop identitas Sekolah, Nilai KKM, data guru tersedia untuk 4 guru yang berbeda mapelnya, data kepala sekolah, dan tanggal penetapan dari masing-masing jenis nilai.
  2. NILAI HARIAN SEMESTER GASAL : Silahkan isi data di tiap kelas sesuai dengan guru yang mengajar, masukkan kode guru, nilai KKM dll. Untuk menambah siswa klik tombol Tambah Siswa di sebelah kiri atas, isilah data siswa sesuai dengan kolom yang tersedia.
  3. NILAI HARIAN GENAP : Format sama dengan Nilai Harian Semester Gasal, Cuma di sebelah kanan atas (pojok) ada tombol Copy Siswa Semester 1, jika anda klik maka secara otomatis data siswa akan diisi sama dengan semester gasal, jika ada perubahan seperti jumlah siswa, maka klik di Tambah Siswa di sebelah kiri atas.REMIDI : Menampilkan data siswa yang belum tuntas untuk mengikuti remedial. Secara default sheet ini terdapat 5 halaman, jika anda menghendaki tidak akan mencetak semua, maka isilah pada kolom yang tersedia jumlah halaman yang akan dicetak.LAPORAN : Laporan hasil nilai tes semua kelas. Guru yang menandatangani bisa diubah, caranya ganti angka sesuai dengan KODE GURU pada kolom warna HIJAU di sebelah kiri atas.
  4. RANGKING : Menampilkan nilai siswa tertinggi secara paralel. Di sebelah kiri atas terdapat kolom berwarna HIJAU, fungsi untuk menampilkan jumlah rangking yang dikehendaki. Jika ingin tahu 20 besar nilai tertinggi, maka isi kolom tersebut dengan angka 20. Apabila akan menampilkan semua peringkat maka kosongkan kolom tersebut.

SINGKATAN :

  • TTS : Tes Tengah Semester
  • TAS : Tes Akhir Semester
PERHATIAN : Tombol-tombol yang berada di tengah sheet, atau pada bagian yang akan dicetak (print), abaikan saja, karena tombol tersebut tidak akan turut tercetak, kecuali ada kesalahan setting, hehehe…PERHATIAN LAGI : Macro Excel anda harus aktif. Cara mengaktifkan macro baca di sini.

Jika terdapat data yang tidak sesuai dengan hasil perhitungan dll. dalam Propenil, silahkan kasih komentar ya….

Terima kasih, mohon maaf dan semoga bermanfaat.

Share to : Facebook | Twitter | Digg | Google | Technorati | Stumbleupon | Delicious | Reddit |

Artikel terkait :

Random Posts :

38 Comments.

  1. assalamu’alaikum…
    sekedar masukan pak, kalo sudah ada perbaikan mohon kirimi lewat email saya..
    akan lebih lengkap apabula pada nilai tiap guru di kasih sell untuk nilai psikomotorik, jadi tidak cuma kognitif saja pak…seperti bahasa indonesia kan butuh sell psikomotorik…sekian dan terimakasih..
    wassalamu’alaikum

    • Yusuf Fahrurrozi

      Assalamua’alikum wr. wb.
      Bp. Pras.. untuk masalah nilai psikomotor maupun afektif juga bisa dimasukkan kok, tidak harus data nilai yg masuk kognitif semua. Umpama bisa diletakkan pada kolom TUGAS.
      Untuk versi terbaru, masih dlm perbaikan, kemarin uji coba msh ada bbrp yg error. Mgkn dalam pekan ini dah siap upload. Terima kasih

  2. kenapa di password pak padahal kita juga kan pingin belajar… apa ini untuk tujuan komersil…

  3. Salam hormat buat Mas Yusuf..terima kasih telah menyumbangkan sesuatu yang berharga untuk kemudahan pengolahan nilai bagi para guru di sekolah…kalau boleh usul Pak, programnya diupdate lagi untuk maksimal 50 siswa…terimakasih atas sumbangannya yang luar biasa.

    Salam Hormat

    Patrik Ngadut

  4. pak mohon petunjuk teknisnya di kirim ke email saya. atau bpk berikan link downloadnya….
    sbb petunjuk teknisnya ga bs kmi downlaod…..
    eh males copas gito heheehhe
    trims

    • Yusuf Fahrurrozi

      Bp. Dhany… tidak perlu petunjuk teknis, di coba2 aja insya Allah paham, tidak jauh beda dengan lembar penilaian umumnya kok….

  5. udung sudirman

    Ass. pak Yusuf fahrurrozi trimakasih downlodanya propenilnya. gimana pak cara menambah baris data gurunya dan kkmnya. di saya ada 12 guru mata pelajaran

  6. udung sudirman

    pak tolong gmana supaya data gurunya jadi 12 sesuai dengan banyaknya pelajaran di smp. demikian juga dengan kkm nya . trimakasih .

    • Yusuf Fahrurrozi

      Bapak Udung, maaf blm bisa membantu yg seperti bapak harapkan. Karena pada dasarnya Propenil cuma untuk satu mapel saja.

Leave a Comment