Home » Microsoft Office » Excel » Program Excel Untuk Mengolah Nilai di Sekolah (Propenil Format Baru)

Program Excel Untuk Mengolah Nilai di Sekolah (Propenil Format Baru)

Propenil yang lama, saat dijalankan terasa berat, apalagi saat disimpan (save), wuih lama banget, ditambah spesifikasi komputer yang biasa-biasa saja, maka akan terasa menjemukan melihat kerjanya. Setelah melakukan berulangkali riset (waduh, kayak ilmuwan ae…), akhirnya selesai juga ngutek-utek Excel untuk mempermudah mengolah nilai di sekolah.

Propenil yang baru lebih kecil ukuranya, sekitar 5 MB, bandingkan dengan yang dulu mencapai + 20 MB. Yang jelas, terasa beda saat Excel menjalankan Propenil versi lama dengan yang baru, lebih cepat dan ringan, walaupun awalnya untuk membuat sebuah perubahan tersebut agak kebingungan (abis masih newbie banget sih). Tapi itulah awal sebuah pembelajaran untuk memotivasi diri, ternyata yang namanya komputer ilmunya sangat luas. Ayoooo serbu terus.

Format Propenil yang baru masih sama dengan pendahulunya, untuk 10 kelas dengan maksimal 40 siswa. Silahkan download Propenil yang terbaru (update) dengan klik di sini.

isa dijalankan dengan Microsoft Office Excel 2003 maupun 2007.

KETERANGAN :

MENU UTAMA :

  1. DATA MASUK : ketika di klik maka akan mengaktifkan sheet DATA, silahkan isi data sesuai dengan kondisi di sekolah anda, dari mulai Kop identitas Sekolah, Nilai KKM, data guru tersedia untuk 4 guru yang berbeda mapelnya, data kepala sekolah, dan tanggal penetapan dari masing-masing jenis nilai.
  2. NILAI HARIAN SEMESTER GASAL : Silahkan isi data di tiap kelas sesuai dengan guru yang mengajar, masukkan kode guru, nilai KKM dll. Untuk menambah siswa klik tombol Tambah Siswa di sebelah kiri atas, isilah data siswa sesuai dengan kolom yang tersedia.
  3. NILAI HARIAN GENAP : Format sama dengan Nilai Harian Semester Gasal, Cuma di sebelah kanan atas (pojok) ada tombol Copy Siswa Semester 1, jika anda klik maka secara otomatis data siswa akan diisi sama dengan semester gasal, jika ada perubahan seperti jumlah siswa, maka klik di Tambah Siswa di sebelah kiri atas.REMIDI : Menampilkan data siswa yang belum tuntas untuk mengikuti remedial. Secara default sheet ini terdapat 5 halaman, jika anda menghendaki tidak akan mencetak semua, maka isilah pada kolom yang tersedia jumlah halaman yang akan dicetak.LAPORAN : Laporan hasil nilai tes semua kelas. Guru yang menandatangani bisa diubah, caranya ganti angka sesuai dengan KODE GURU pada kolom warna HIJAU di sebelah kiri atas.
  4. RANGKING : Menampilkan nilai siswa tertinggi secara paralel. Di sebelah kiri atas terdapat kolom berwarna HIJAU, fungsi untuk menampilkan jumlah rangking yang dikehendaki. Jika ingin tahu 20 besar nilai tertinggi, maka isi kolom tersebut dengan angka 20. Apabila akan menampilkan semua peringkat maka kosongkan kolom tersebut.

SINGKATAN :

  • TTS : Tes Tengah Semester
  • TAS : Tes Akhir Semester
PERHATIAN : Tombol-tombol yang berada di tengah sheet, atau pada bagian yang akan dicetak (print), abaikan saja, karena tombol tersebut tidak akan turut tercetak, kecuali ada kesalahan setting, hehehe…PERHATIAN LAGI : Macro Excel anda harus aktif. Cara mengaktifkan macro baca di sini.

Jika terdapat data yang tidak sesuai dengan hasil perhitungan dll. dalam Propenil, silahkan kasih komentar ya….

Terima kasih, mohon maaf dan semoga bermanfaat.

Share to : Facebook | Twitter | Digg | Google | Technorati | Stumbleupon | Delicious | Reddit |

Artikel terkait :

Random Posts :

41 Comments.

  1. koq, propenil unutk SMAnya ga bisa di download?

    terima kasih masukannya…. saya juga heran, file masih ada, tp ga bs di download.

  2. assalamu ‘alaikum
    pak mau tanyanya. gmn caranya mendapatkan propenil sd yang full version/
    kami udah donlod yang demo. tapi kesulitan edit logo dan yang lainya.
    trus di sekolah kami rapor midsemesternya pake tanda tangan kepala sekolah dan guru kelas. trimakasih
    wasssalam

    Wa’alaikum salam…
    Maaf, ceritanya begini, awalnya ada tulisan full version tujuannya ketika sudah banyak yang memakai, rencana mau berbayar. Tapi karena banyak yang email atau sms, bahkan bela-belain nilpun, jadi bertentangan dengan hati deh :lol: Jadi silahkan download saja. Tidak ada yang demo-demoan sekarang. Tapi kalau sudah download masih pakai acara demo-demoan, berarti saya belum sempat upload file yang baru :) . Beberapa hari lagi saya coba upload file yang baru deh.
    Karena kesibukan selama melanjutkan study, saya masih belum sempat untuk memperbaiki masukan-masukan yang baru.
    Terima kasih sudah berkunjung dan memakai Propenil.

  3. putra pertama

    klo input jenis kelamin L kok munculnya tetep L/P
    mengenai yang lain Ok punya

    • Yusuf Fahrurrozi

      Maaf Baoak, bisa sedikit dijelaskan? Jika yang Anda maksud pada sheet Nilai Harian, ketika ada kata yang sama maka akan otomatis muncul. Seperti ketika ketik huru L, maka dibelakagnya akan muncul dengan sendirinya karakter atau huruf “/P“. Sehingga ketika enter, jadinya L/P. Jika memang itu permasalahnnya, saat ketik L, apabila otomatis muncul huruf dibelakangnya tekan saja Delete. Semoga membantu.
      Terima kasih.

  4. citra sartika

    asslkum pa. saya pelajar SMA kelas 1.
    ko saya masih tetap kesulitan menggunakan if y? kenapa ya pa? ada solusinya? padahal saya sudah belajar untuk memahaminya. mksh pa

    Wa’alaikum salam…
    Kira2 sulitnya dimana? Awal pertama bermain Excel saya juga kesulitan memahami…
    Tapi sering mencoba, lama-lama jadi bisa…. dan solusinya
    Pahami dulu dasarnya, nah ntar yang lain2 nyusul, misal untuk rumus if yang bertingkat, jangan menyerah, banyak sekali kegunaannya kok
    Atau artikel saya yg ga jelas :)

  5. putra pertama

    maaf nanya lagi pak
    di sma saya jumlah siswa perkelas mencapi 45 siswa
    bagaimana cara tambah siswa karena saya untuk nambah tidak bisa sekian terima kasih

    oh ya terima kasih, masukannya, ternyata masih ada yang 45 siswa. Padahal dulu saya dah buat, tapi dah tehapus, karena file menjadi semakin besar, eh ternyata masih ada yang membutuhkan. Coba nanti saya usahakan di tambah, agak rumit juga sih :)

  6. maaf mau tanya kalomerubah format raportnya bagamana yaaaa?

    Mohon maaf untuk merubah format sendiri Anda belum bisa, karena masih saya proteksi :)

  7. putra pertama

    minta no hp boleh ga pak

  8. Pak, untuk isian ketidakhadiran blok izin, angka 2 nya kok ga bisa dirubah ya? Bagaimana mengganti angkanya ya pak? Terima Kasih…. :wink:

    Maaf, bisa lebih spesifik, yang tidak bisa diubah pada lembar dan tabel apa? Saya bingung nyarinya :lol: kalo lebih baik bisa kasih screenshotnya agar cepat ketemu permasalahan yang Bapak alami. Terima kasih masukannya, akan saya cek dulu

  9. Leger wali kelas, Raport Kenaikan Kelas,Print Individu,pada menu ketidak hadirannya untuk keterangan izin, sakit, dan tanpa keterangan tidak bisa dirubah. (sheet Raport)

  10. assalamu’alaikum wr.wb.
    mohon maaf sebelumnya..
    saya mengalami kesulitan untuk memasukkan / menambah jumlah siswa.ada beberapa kelas di sekolah saya yang jumlah siswanya lebih dari 40. ketika sudah 40, sudah mentok gak bisa ditambah lagi kolomnya.mohon arahannya..terima kasih sebelumnya..
    wassalamu’alaikum wr.wb.

    Memang untuk siswa hanya tersedia 40 siswa, karena untuk menambah menjadi lebih harus membongkar total Propenil :) . Mungkin untuk ke depannya diperlukan perbaikan. Terima kasih

Leave a Comment