Home » Microsoft Office » Excel » Program Excel Untuk Mengolah Nilai di Sekolah (Propenil Format Baru)

Program Excel Untuk Mengolah Nilai di Sekolah (Propenil Format Baru)

Propenil yang lama, saat dijalankan terasa berat, apalagi saat disimpan (save), wuih lama banget, ditambah spesifikasi komputer yang biasa-biasa saja, maka akan terasa menjemukan melihat kerjanya. Setelah melakukan berulangkali riset (waduh, kayak ilmuwan ae…), akhirnya selesai juga ngutek-utek Excel untuk mempermudah mengolah nilai di sekolah.

Propenil yang baru lebih kecil ukuranya, sekitar 5 MB, bandingkan dengan yang dulu mencapai + 20 MB. Yang jelas, terasa beda saat Excel menjalankan Propenil versi lama dengan yang baru, lebih cepat dan ringan, walaupun awalnya untuk membuat sebuah perubahan tersebut agak kebingungan (abis masih newbie banget sih). Tapi itulah awal sebuah pembelajaran untuk memotivasi diri, ternyata yang namanya komputer ilmunya sangat luas. Ayoooo serbu terus.

Format Propenil yang baru masih sama dengan pendahulunya, untuk 10 kelas dengan maksimal 40 siswa. Silahkan download Propenil yang terbaru (update) dengan klik di sini.

isa dijalankan dengan Microsoft Office Excel 2003 maupun 2007.

KETERANGAN :

MENU UTAMA :

  1. DATA MASUK : ketika di klik maka akan mengaktifkan sheet DATA, silahkan isi data sesuai dengan kondisi di sekolah anda, dari mulai Kop identitas Sekolah, Nilai KKM, data guru tersedia untuk 4 guru yang berbeda mapelnya, data kepala sekolah, dan tanggal penetapan dari masing-masing jenis nilai.
  2. NILAI HARIAN SEMESTER GASAL : Silahkan isi data di tiap kelas sesuai dengan guru yang mengajar, masukkan kode guru, nilai KKM dll. Untuk menambah siswa klik tombol Tambah Siswa di sebelah kiri atas, isilah data siswa sesuai dengan kolom yang tersedia.
  3. NILAI HARIAN GENAP : Format sama dengan Nilai Harian Semester Gasal, Cuma di sebelah kanan atas (pojok) ada tombol Copy Siswa Semester 1, jika anda klik maka secara otomatis data siswa akan diisi sama dengan semester gasal, jika ada perubahan seperti jumlah siswa, maka klik di Tambah Siswa di sebelah kiri atas.REMIDI : Menampilkan data siswa yang belum tuntas untuk mengikuti remedial. Secara default sheet ini terdapat 5 halaman, jika anda menghendaki tidak akan mencetak semua, maka isilah pada kolom yang tersedia jumlah halaman yang akan dicetak.LAPORAN : Laporan hasil nilai tes semua kelas. Guru yang menandatangani bisa diubah, caranya ganti angka sesuai dengan KODE GURU pada kolom warna HIJAU di sebelah kiri atas.
  4. RANGKING : Menampilkan nilai siswa tertinggi secara paralel. Di sebelah kiri atas terdapat kolom berwarna HIJAU, fungsi untuk menampilkan jumlah rangking yang dikehendaki. Jika ingin tahu 20 besar nilai tertinggi, maka isi kolom tersebut dengan angka 20. Apabila akan menampilkan semua peringkat maka kosongkan kolom tersebut.

SINGKATAN :

  • TTS : Tes Tengah Semester
  • TAS : Tes Akhir Semester
PERHATIAN : Tombol-tombol yang berada di tengah sheet, atau pada bagian yang akan dicetak (print), abaikan saja, karena tombol tersebut tidak akan turut tercetak, kecuali ada kesalahan setting, hehehe…PERHATIAN LAGI : Macro Excel anda harus aktif. Cara mengaktifkan macro baca di sini.

Jika terdapat data yang tidak sesuai dengan hasil perhitungan dll. dalam Propenil, silahkan kasih komentar ya….

Terima kasih, mohon maaf dan semoga bermanfaat.

Share to : Facebook | Twitter | Digg | Google | Technorati | Stumbleupon | Delicious | Reddit |

Artikel terkait :

Random Posts :

38 Comments.

  1. Assalamu alaikum,
    mohon ijin ikut menggunakan dan mempelajari..Pak, terima kasih ilmunya…lemah teles…Gusti Allah swt yang mbales..amin…ya rob…

    • Yusuf Fahrurrozi

      Wa’alaikum salam wr. wb.
      Injih silahkan, semoga bermanfa’at. Dan terima kasih atas do’anya, semoga maqbul… amin..

  2. asslm…mau tanya pak tentang propenil, untuk data yang ada di nilai raport kok tidak keluar ya…??? mohon bantuannya

    • Yusuf Fahrurrozi

      Wa’alaikumslm…
      Barangkali Anda msh memakai versi lama… Cb silahkan download yg baru…
      Terima kasih

  3. :grin:
    pye bos kabare…

  4. Mau nanya nih Pak, setelah saya lihat2, ternyata aplikasi ini hanya untuk 1 mata pelajaran saja ya pak. Maksudnya 1 file untuk 1 MP. Benar begitu pak?
    Soalnya saya mau gunakan untuk SD yang 1 org guru harus mengajar lebih dari 1 MP bahkan semua. Klo 1 file aplikasi mencakup semua nilai MP dan kelas akan lebih bagus.
    Terima kasih atas aplikasinya Pak. Nuhun…,

    • Yusuf Fahrurrozi

      Propenil bisa dipakai untuk beberapa mapel kok. Akan tetapi untuk khusus SD memang sudah saya buatkan yg khusus, agar lebih mudah penggunaannya. Semoga secepatnya bisa saya upload.
      Terima kasih Pak Dendy

  5. Untuk menambah jumlah guru tidak bisa ya pak?
    Apakah maksimal harus 4?
    trimakasih sudah mau berbagi…

  6. Apakah Jurusan bisa diganti? misal saya mau gunakan utk SMK.. tq mohon ijin menggunakan.

  7. mas rozi i masih bingung bagaimana cara menggunakan propernil ini , tolong dijabarkan langkah-langkahnya mulai dari awal makasih mas. bisa kirim lewat emailku : mu_awanah81@yahoo.co.id

    • Yusuf Fahrurrozi

      Mbak Dewi… saya sudah posting tutorial penggunaan Propenil, walaupun sederhana, tapi bisa sebagai gambaran untuk menggunakan

  8. Ass Kum Wr Wb.

    pak, kalo KKM tidak bisa lebih dari 2 yah ?
    makasih

    • Yusuf Fahrurrozi

      Wa’alaikumsalam
      Memang cuma bisa dua KKM aja…
      Karena dalam satu sekolah jarang yang menggunakan 3 KKM (belum pernah tahu :D )
      Terima kasih.. semoga membantu

  9. program yg bpk buat bagus…
    cuma..agar terhindar dari geliat copas(copy-paste)bisakah bapak berikan tutorial pembuatan propernil ini?
    syukron katsiir…

  10. mas minta tolong kirim propenil ke alamat email saya, soalnya saya coba donlod dan buka ternyata ndk bisa..

Leave a Comment