Home » Komputer » Software » Program Hide Folder Untuk Sembunyikan Data Penting

Program Hide Folder Untuk Sembunyikan Data Penting

Download program free hide folder untuk menyembunyikan (hidden) data/file penting yang tidak ingin diketahui oleh orang lain. Selain itu juga berguna melindungi data-data penting agar tidak sengaja ter-delete orang lain, barangkali karena komputer dipakai bersama, baik oleh rekan kerja maupun dengan anggota keluarga. Berikut beberapa program untuk hidden file atau folder.

Mempunyai data penting memang harus lebih berhati-hati, agar jangan sampai diketahui atau dilihat orang lain, seperti password, dokumen rahasia, nomor pin bank sampai pioto dan pideo parnok :roll: (hayoo.. hayoo…). Nah agar data-data tersebut aman sentosa hanya kita yang tahu caranya dengan menggunakan program untuk meng-hiddennya.

Banyak program yang menawarkan fitur untuk hidden file/folder, baik yang berbayar maupun bersifat gratis. Berikut beberapa program yang patut dan layak dimiliki untuk menyembunyikan atau hidden data file atau folder agar tidak terlihat atau diketahui orang lain.

1. Hide Folders v.2.2

Hide Folder v.2.2 merupakan free software untuk menyembunyikan atau hidden folder agar tidak terlihat orang lain. Penggunaannya cukup mudah, hanya dengan menambahkan (Add) folder yang ingin di hidden maka folder sudah tidak terlihat. Hidden folder di sini hanya pada Windows yang diinstall program tersebut. Jika komputer ada beberapa Operating System (OS), maka folder tersebut masih tetap terlihat pada OS yang berbeda.

Hide Folder ini belum support Windows 7, maka JANGAN sekali-kali mencoba menginstallnya di Win Seven, karena akan menyebabkan crash dan tidak bisa booting lagi. Kecuali sudah membuat backup melalui luar system, misalnya menggunakan Hiren’s BootCD (booting dari USB flashdisk/CD) dengan program backup Windows yang ada di dalamnya, seperti Norton Ghost atau program backup lainnya, maka bisa di restore kembali :)

Program Hide Folder v.2.2 hanya support Windows XP dan Vista. Kalau untuk Win XP ini mah saya sudah memakai lama dan selama ini tidak masalah. Kalau yang Windows Vista saya tidak tahu bagaimana hasilnya. Maka bagi yang masih setia menggunakan XP bisa langsung download dan menggunakannya. File installernya cuma 1.5 MB, mungil tapi mujarab ;)

Sebagai tambahan informasi (mungkin berguna), Avira Premium Security Suite di komputer saya mendeteksi link download .exe-nya dari developer mengandung malware, maka tidak saya cantumkan, link download alternatif

http://www.softpedia.com/dyn-postdownload.php?p=120375&t=4&i=1

http://download.freewarefiles.com/files/hidefolders-setup.exe

Untuk homepagenya sih aman, sekedar melihat-lihat halaman dari website tidak masalah. Kalau ingin download gunakan link alternatif di atas.

2. Free Hide Folder v.2.6.0

Free Hide Folder merupakan software gratis yang support Win XP dan Windows 7. Program untuk menyembunyikan folder ini lebih imut file installernya, cuma 875 kb. Cara kerja software Free Hide Folder v.2.6.0 tidak cuma hidden data, tapi sekaligus meng-enkrip (encrypt). Sehingga dari sisi keamanan sangat aman sekali.

Karena data yang dihidden berupa enkripsi, maka jika masuk menggunakan OS Windows yang berbeda tetap tidak terlihat. Resikonya ketika suatu saat Windows crash atau rusak, yang memaksa install ulang, maka data-data yang dihidden program ini juga tidak akan terlihat. Folder yang di hidden masih bisa dilihat dan diakses melalui platform selain Windows, misalnya menggunakan Ubuntu. Cuma nama folder menjadi berbeda.

CATATAN : untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan bersama, setelah menambah data atau mengurangi data yang di hidden, lakukan backup system Free Hide Folder v.2.6.0, jika suatu Wsaat Windows crash, maka kita cukup restore system Free Hide Folder ini, sehingga data tetap aman. File yang di backup buka data kita, tapi systemnya, simpanlah di selain drive Windows atau di flashdisk, yang lebih aman ya simpan di bawah kasur :lol:
INGAT untuk selalu backup system Free Hide Folder v.2.6.0

3. Hide Folders 2009 (v.3.1.8)

Hide Folders 2009 v.3.1.8 adalah program berbayar, maka sangat usefull dengan fitur yang ditawarkan lengkap. Ada pilihan properti untuk Hide saja, Lock saja, Hide and Lock, Read Only dan tentunya Unprotect. Jadi setiap data yang dihidden (file atau folder) bisa berbeda propertie (statusnya), yah itulah program yang berbayar selalu selangkah lebih baik :)
Cara kerja sama dengan yang Hide Folder v.2.2, jadi data masih bisa terlihat melalui OS yang berbeda.

Silahkan klik yang mau download program hide folder di 4shared.com (4.6 mb) klik di sini :) eh tahu kan uartihnya wp-smilley buarusan. Dan jangan lupa ekstrak dengan password: www.fah

Selain ketiga program tersebut, masih banyak program yang untuk hidden file atau folder, beberapa kali mencoba yang free, tapi masih belum bisa mengalahkan “kebaikan” tiga sejoli di atas. Silahkan coba sendiri, misalnya

  1. Absolute Folder Hider

    http://ematrixsoft.com/down/afhsetup.zip

  2. File cabinet

    http://pages.suddenlink.net/titlebar/cabinets/freeware/filecab.zip

    http://pages.suddenlink.net/secondary/filecab.zip

  3. Instant Lock

    http://instantlock.net/ilockstp.exe

  4. Folder Soldier

    http://www.windows7download.com/win7-sofonica-folder-soldier-free/download-evaffbei.html

    http://www.sofonica.com/?q=node/23

    http://www.sofonica.com/downloads/FolderSoldierSetup.exe

  5. Folder Lock 5.8.0

    http://www.newsoftwares.net/folderlock/?id=ck

    Program ini lumayan bagus, tapi agak repot, karena file atau folder yang akan di hidden harus dipindah ke folder khusus yang sudah disediakan, atau mungkin saya aja yang ga paham operasionalnya ;)

  6. WinMend Folder Hidden

    http://download.freewarefiles.com/files/WinMend-Folder-Hidden.exe

    Website pengembangnya oleh antivirus di komputer melarang berkunjung, karena disinyalir mengandung malware. Ya saya nurut aja :)
    Tetapi setelah install, dan mencoba-coba cukup bagus, sayangnya pada semua partisi atau drive membuat folder WinMend~Folder~Hidden dengan beberapa sub folder yang hidden, anggaplah sebagai bagian dari file system, tiba saatnya mencoba di uninstall ternyata folder-folder tersebut juga tidak ikut dihapus, mungkin program uninstallnya lupa menghapus sekalian :(
    Coba di delete manual tidak bisa, melalui Windows berbeda juga tidak bisa, jadilah memakai Ubuntu untuk hapus beberapa folder tersebut. Dan setelah itu harddisk mulai dianggap tidak normal (duh mahalnya uji coba)
    Maka saya cenderung tidak tertarik untuk mengupasnya, lha ini apa? Ini kan cuma curhat doang :) Silahkan mencobanya…

Ingin mencoba beberapa software di atas, download Folder Hidden Tools klik sini semua sudah dalam satu folder (8.9 MB) di 4shared.com. Yang ini no password ;)

Demikian review program hide folder/file untuk menyembunyikan data-data penting yang tidak ingin dilihat/diketahui orang lain. Banyak pilihan yang ditawarkan, saatnya Anda memilih dengan bijak, mumpung pemilu masih jauh.. lho apa hubungannya…. Ya jelas ada, umpama untuk menyimpan data aliran dana kik kik kik Maaf dan terima kasih.

Share to : Facebook | Twitter | Digg | Google | Technorati | Stumbleupon | Delicious | Reddit |

Artikel terkait :

Random Posts :

1 Comments.

  1. terimakasih gan, sangat membantu sekali

Leave a Comment