Home » Komputer » Program Ubah (Re)Size Partisi Windows

Program Ubah (Re)Size Partisi Windows

Pada beberapa waktu lalu saya sudah posting cara membuat partisi Windows, membagi jadi primari, extended yang menjadi logical drive. Cara tersebut digunakan ketika harddisk bisa dikatakan baru, artinya belum ada datanya. Jika sudah ada datanya, maka sebaiknya menggunakan program management partisi. Berikut beberapa free software untuk memperbesar atau mengecilkan partisi yang sudah ada datanya.

Banyak sekali software partition manager baik yang bersifat berbayar maupun yang free digunakan oleh siapapun. Dari sekian banyak program management partisi/harddisk tersebut, yang banyak digunakan dan user friendly ada tiga program saja yang akan mengisi artikel blog kali ini.

Hal yang perlu diperhatikan, sebelum melakukan resize partisi komputer, semua program partition manager menyarankan untuk backup data dulu, dimaksudkan untuk berjaga-jaga jika mana terjadi ketidak lancaran dalam prosesnya.

Ketiga software partition manager tersebut yaitu Paragon Partition Manager Free Edition, EASEUS Partition Master Home Edition dan Minitool Partition Wizard Home Edition. Semua free download dan digunakan. Dan silahkan memilih mana yang Anda suka, dan memang sebaiknya punya salah satu, barangkali suatu saat membutuhkan bisa langsung menggunakan tanpa perlu mencari lagi.

Paragon Partition Manager Free Edition

Paragon Partition Manager Free Edition by Paragon Software Ltd. Dari beberapa review di website luar negeri, program partition manager ini selalu berada pada peringkat atas, dalam artian ada yang untuk free download :) . Sayangnya, untuk dapat memakai Paragon Partition Manager Free Edition ini harus registrasi dulu dengan mengisi alamat email. Serial number untuk aktifasi akan dikirim ke email yang untuk pendaftaran, tidak sulit kok, dan memang bisa digunakan. Selain itu program ini cukup besar file installernya, versi 11 yang terakhir saya download sebesar 31.7 MB, tapi ada juga yang 42.03 MB. Silahkan download Paragon Partition Manager Free Edition dan link registrasi.

EASEUS Partition Master Home Edition

EASEUS Partition Master Home Edition dari Chengdu Yiwo Tech Development Co., Ltd. Dulu saat dimintai tolong teman untuk membagi partisi yang cuma satu menjadi beberapa partisi, saya menggunakan program ini. Simpel dan file installernya kecil. Untuk memakainya tanpa harus registrasi dan sebagainya. Jadi silahkan langsung download EASEUS Partition Master Home Edition untuk menambah koleksi software dan siapa tahu ada yang membutuhkan :) Kelebihan yang ditawarkan mempunyai fitur untuk convert type partisi, dari primary menjadi logical drive, ataupun sebaliknya.

Partition Wizard Home Edition

MiniTool Partition Wizard Home Edition dari MiniTool Solution Ltd. Nah program partition manager yang satu ini saat sekarang yang sering saya pakai untuk mengubah atau resize partisi Windows, sehingga komputer menjadi punya beberapa partisi sesuai dengan kebutuhan. Silahkan langsung download Partition Wizard Home Edition. Partition Wizard Home Edition menawarkan fitur lebih banyak, misalnya merge, hide partition dan lain-lain.

Dari ketiga software yang saya sebutkan di atas, masing-masing mempunyai kelebihan dan kekurangan, dan tentunya maklum karena software yang free memang dibatasi fitur-fiturnya. Untuk fitur yang lengkap juga tersedia akan tetapi berbayar :lol: Walaupun fitur free edition terbatas, tetapi dapat digunakan untuk management partisi ;)

Fitur yang disediakan dari ketiga program untuk pengelolaan partisi tersebut diantaranya :

  • Resize/move partisi. Termasuk memperbesar atau mengecilkan size space partisi
  • Copy partisi atau harddisk
  • Dan fitur-fitur lain seperti dalam Windows Disk Management
  • Support Windows XP, Vista dan Windows 7 (All Windows)

CATATAN :

  1. Untuk Resize partisi dan sebagainya, harus di install ke dalam komputer (Windows). Misalnya saja dalam program Hiren’s BootCD di dalamnya banyak sekali program untuk pengelolaan partisi maupun harddisk, seperti Partition Wizard Home Edition, Acronis Disk Director, DiskGenius dan lain-lain. Karena saya pernah nyoba resize partisi dengan Partition Wizard Home Edition melalui MiniXP Hiren’s BootCD, hasilnya Windows ga mau booting dengan sukses :roll: Walaupun ukuran sudah saya coba kembalikan tetap saja error tidak mau jalan. Jadi installah ke komputer untuk pengelolaan partisi.
  2. Jika dalam partisi mempunyai data yang cukup banyak dan size besar, maka sebaiknya Apply setiap perubahan jangan banyak. Karena kalau terlalu banyak akan menyebabkan proses menjadi lama. Padahal kalau sudah Apply mau tidak mau harus ditunggu sampai selesai. Seorang teman saya pernah merestart paksa komputer karena capek nunggu proses resize selesai, hasilnya Windows error.

Bagi yang belum pernah menggunakan program-program seperti di atas, memang sebaiknya ada tutorial sederhana cara penggunaannya ya :) Barangkali suatu saat saya posting artikel cara penggunaan partition manager agar menjadi jelas dan gamblang. Silahkan googling di internet.

Demikian dulu artikel tentang program partition manager (management) yang gratis download dan untuk digunakan. Semoga dilain waktu bisa ada sedikit penjelasan.

Share to : Facebook | Twitter | Digg | Google | Technorati | Stumbleupon | Delicious | Reddit |

Artikel terkait :

Random Posts :

Leave a Comment