Home » Komputer » Software » Proteksi Data Penting Dengan Winrar

Proteksi Data Penting Dengan Winrar

Cara melindungi atau proteksi data/file penting menggunakan program Winrar. File yang diproteksi untuk membukanya harus memasukkan password terlebih dahulu. Sehingga tidak semua orang bisa membukanya, hanya yang tahu passwordnya saja. Data atau file yang akan di proteksi menggunakan program Winrar bisa semua file, misalnya mulai office Word, Excel, mp3, film, software/aplikasi, photo, data akun dan password email, blog, bank dan lain-lain. Berikut cara proteksi data dengan Winrar (pakai password).

Program Winrar selain bisa dipakai untuk proteksi data penting, juga sekaligus file yang di RAR akan dikompres, hasilnya menjadi lebih kecil. Hasil kompres menjadi sangat kecil misalnya untuk dokumen Office atau PDF. Sedangkan untuk software (*.exe), film dan musik tidak terlalu berpengaruh terhadap size file tersebut.

Karena kegunaan yang banyak ini, maka jangan lewatkan untuk memiliki program WINRAR yang semi freeware :) Karena setelah 40 hari pemakaian akan tampil pop up untuk registrasi, yah cuma agak repot klik tombol close. Tapi itu tidak menjadi masalah, karena aplikasi tetap bisa berjalan powerfull. Selain itu untuk kompres dan ekstrak data tidak harus membuka program Winrar, jadinya ga jadi repot tentunya menjadi-jadi untuk segera jadi download (eh jadinya ada berapa tuh). Download program Winrar klik di sini. Pada bagian atas websitenya, cari yang sesuai dengan komputer Anda, tertulis lisensi Trial, tapi tetap bisa dipakai. Sudah support bahasa Indonesia (link ada pada bagian bawah website rarlab.com di atas).

Proteksi data dengan program Winrar

  1. Pilih file yang akan di kompres dan akan dipasangi password untuk proteksi
  2. Klik kanan, kemudian bisa pilih Add to archive…
  3. Pada jendela Winrar Archive name and parameters centang Lock archive
  4. Dalam jendela ini banyak sekali parameter setting yang bisa dipilih sesuai hajat hidup orang banyak :) ah ga nyambung…. tutorial ini fokus saja pada proteksi file dengan password ya
  5. Setelah itu pilih tab Advanced
  6. Klik Set password…
  7. Masukkan password, dua kali ya…
  8. Jangan lupa kasih centang Encrypt file names, agar benar-benar tidak bisa di “intip” orang laen
  9. Apabila sudah selesai, baru dilanjutkan dengan klik Ok.
  10. Kalau sudah yakin untuk proteksi data, password yang dipasang juga ingat, lanjut klik Ok
  11. Proses proteksi dan encrypt file mulai dikerjakan. Durasi tergantung besar kecilnya data

Membuka proteksi Winrar

Untuk membuka file yang diproteksi ada dua cara, yaitu :

  • Klik ganda pada filenya, masukkan password untuk yang ada proteksinya
    Pada jendela Winrar, pilih button Extract to
    Tentukan direktori untuk tempat ekstrak, klik Ok. Selesai
  • Cara yang kedua ini lebih cepat dan mudah. Klik kanan pada file yang akan di ekstrak
    Pilih Extract to …\, tempat dimana file tersebut berada
    Atau pilih Extract here, maka file akan di ekstrak pada direktori yang sama
    Masukkan password, klik Ok atau Enter. Selesai

Selama ini saya terbiasa menggunakan fitur proteksi dengan password yang ada pada program Winrar ini. Terutama data akun email dan blog serta passwordnya. Ketika suatu saat flashdisk hilang atau raib, saya tidak terlalu khawatir dengan file yang ada didalamnya.

Sampai saat ini saya belum menemukan cara untuk bobol proteksi file RAR. Atau karena jarang yang memanfa’atkan fasilitas ini sehingga tidak ada acara tips dan trik untuk bobol-membobol file RAR. Padahal saya punya satu file yang lupa passwordnya, masih disimpan dengan rapi, tapi belum bisa membukanya. Saya simpan karena ada password email di Yahoo. Tapi berhubung sudah lama tidak dibuka, dan saya capek kirim email ke akun tersebut biar tetap aktif, sekarang paling sudah dibumi hanguskan oleh Yahoo :)

Selain fasilitas Winrar untuk proteksi data, juga bisa untuk split file seperti program HJ-Split dan FFSJ menjadi beberapa bagian lho. Tapi kapan-kapan lagi deh membahasnya, punggung dah capek nih…

Dalam jendela Winrar Archive name and parameters tersebut sangat banyak fitur yang ditawarkan, silahkan dicoba-coba. Dengan men-setting sesuai kebutuhan tentunya program Winrar akan menjadi lebih maksimal untuk mendukung pekerjaan atau pengelolaan file di komputer. Software semi gratis yang joss gandos… :lol:

Demikian saja tutorial cara proteksi data menggunakan program Winrar. Dengan adanya password yang dipasang, data lebih aman, tidak sembarang orang bisa membukanya. Maaf dan terima kasih.

Share to : Facebook | Twitter | Digg | Google | Technorati | Stumbleupon | Delicious | Reddit |

Artikel terkait :

Random Posts :

Leave a Comment