Home » Microsoft Office » Excel » Setting Komputer Mempengaruhi Rumus Excell

Setting Komputer Mempengaruhi Rumus Excell

Icon ExcelDulu saya pernah dibuat bingung, karena ada seorang temen yang membuka file excel Propenil untuk memasukkan nilai rumusnya ada yang tidak berfungsi. File tersebut benar-benar sudah saya cek di komputer rumah, dan rumusnya berfungsi semua. Akan tetapi saat dibuka di sekolah ada yang terbalik cara perhitungannya. Dan ternyata hal ini banyak yang mengalami. Setelah ditelusuri untuk mencari penyebabnya, Alhamdulillah sudah ketemu permasalahnnya. Hanya perbedaan setting Regional and Language Options. Jadi harus berpikir ulang untuk setting komputer khususnya.

Untuk setting bahasa dan lokasi ini bisa mulai dari Start Menu pilih Control Panel kemudian klik tombol Regional and Language Options

Pada tab Regional Options komputer di rumah saya awalnya memilih yang Indonesia, sehingga tulisan hari, tanggal dll. menurut kaidah di Indonesia (untuk lebih memudahkan mengelola file). Sedangkan komputer di sekolah Regional Options masih default bawaan windows yaitu English.

Belajar dari pengalaman ini, maka semua settingan komputer saya sekarang dan selamanya (Insya Allah) memilih defaultnya saja, yah agar tidak repot dilain waktu. Apalagi untuk membuat program Propenil yang dipakai banyak orang, biar tidak repot, langsung bisa dipakai memilih setting windows defaultnya saja. Kecuali ada aturan setiap PC yang berada dalam wilayah NKRI wajib menggunakan setting lokal, ya kita harus manut hehe..he..

Setiap sesuatu yang kita harus untuk memilih, maka setiap opsi yang dipilih akan mempunyai kelebihan dan kekurangan. Termasuk memilih setting regional and language options ini. Semua tergantung kebutuhan. Jika perkerjaan Anda hanya dipakai pada beberapa komputer/laptop pribadi, memilih settingannya dengan lokal Indonesia tentu tidak menjadi masalah.

Akan tetapi, jika hasil pekerjaan akan diakses pada banyak komputer, terlebih milik orang lain, maka perlu mempertimbangkan kelebihan dan kekurangannya yang sudah saya jelaskan di atas. Untuk file selain Excel memang tidak berpengaruh terhadap setting regional and language options. Namun jikalau file tersebut Office Excel, yang didalamnya terdapat atau menggunakan rumus-rumus, maka perlu pertimbangan terkait dengan settingan komputer/laptop/netbook. Hal ini bertujuan agar hasil pekerjaan yang disimpan dalam lembar Excel tidak bermasalah, atau berubah hasil perhitungan rumusnya hanya karena berpangkal dari perbedaan setting PC. Tentunya semua orang tidak ingin sia-sia hasil usahanya tidak berfungsi saat diakses menggunakan PC yang berbeda.

Walaupun terlihat hanya perkara sepele, perbedaan tersebut ternyata sangat berpengaruh terhadap tanda baca. Untuk penulisan angka versi Indonesia memakai koma (,) sedangkan yang English menggunakan titik (.). Perbedaan tanda baca ini akan mempengaruhi perhitungan, sehingga hasilnya menjadi berbeda jauh. Antara angka numeric 9,85 dengan 9.95 tentu berbeda saat dibaca rumus Excel. Penulisan rumus juga berbeda jauh, misalnya untuk setting default (English) penulisan rumusnya seperti di bawah :

=IF(A1>5,9,1) syntax menggunakan koma ( , )

Sedangkan untuk versi lokal Indonesia seperti berikut

=IF(A1>5;9;1) syntax menggunakan titik koma ( ; )

Perbedaan dalam penulisan syntaxnya inilah yang menyebabkan aplikasi Propenil saat di akses di komputer sekolah hasilnya menjadi jungkir-balik. Apakah Anda pernah mengalami hal seperti ini?

Oleh karena itu, berangkat dari pengalaman ini, maka sebaiknya kita (khususnya saya pribadi) membiarkan Regional Options secara default, yaitu English, baik United State maupun United Kingdom sama hasilnya.
Untuk lebih jelasnya silahkan download sampel perbedaannya dalam menggunakan rumus-rumus Excel, klik di sini.

Share to : Facebook | Twitter | Digg | Google | Technorati | Stumbleupon | Delicious | Reddit |

Artikel terkait :

Random Posts :

4 Comments.

  1. Agus Rinto

    Subhanalloh Walhamdulillah, matur numun Pak, informasinya sangat bermanfaat. Mohon ijin saya mau manfaatkan Propenil dari Bapak, semoga menjadi amal jariyah, Amien

  2. Terima kasih banyak ya Mas Yusuf…

  3. suwun mas, solusi excelnya

Leave a Comment