Home » Internet » Software Keylogger Mencuri Password

Software Keylogger Mencuri Password

Program Keylogger dapat mencuri file/data penting, seperti password, pin bank dan lain-lain. Banyak orang pada masa sekarang yang mengeluh terjadi pencurian data, mulai password akun email, jejaring sosial, blog, sampai pin bank bisa diambil orang lain, sehingga kegiatan browsing internet menjadi terganggu dan rugi. Salah satu cara termudah untuk mencuri data yaitu dengan software keylogger. Dengan program keylogger, orang bisa mencuri data-data rahasia orang lain tanpa harus mengerti bahasa pemrograman, karena seperti software umumnya yang user friendly.

Keylogger singkatan dari keystroke logger. Sebuah program yang mencatat setiap ketukan keyboard, merekam setiap kerja komputer. Pokoknya setiap kali mouse diklik dan keyboard dipencet-pencet, keylogger akan merekam dan menyimpanya. Dalam rentang waktu tertentu, keylogger akan mengirim datanya tepat waktu (disiplin tingkat tinggi) he..he..

Keylogger ada dua type, yaitu hardware dan software. Keylogger hardware ini hanya dipasang oleh yang punya komputer saja, jadi tidak terlalu saya pusingkan, tapi bagaimana dengan warnet atau komputer yang dipakai rame-rame? Nah ini perlu diwaspadai, barangkali bagian operatornya ada yang kurang kerjaan. Tapi jenis hardware ini tentunya repot, karena tentunya harga barang mahal, selain itu kalau memang bertujuan untuk mencuri password dan pin bank, maka sasarannya tidak bisa banyak dan luas, apalagi biasanya manajemen bank atau perusahaan yang besar sudah rapi, jadi agak susah memasangnya.
eit.. jenisnya masih ada satu lagi, berupa script keylogger yang dipasang pada website/blog (belum tahu rinciannya)

Bagi saya yang cukup memusingkan kepala keylogger jenis software, bisa di install di komputer manapun. Yang lebih parah termasuk komputer orang lainpun bisa dipasangi lho. Install programnya sangat singkat, tidak sampai 5 menit, termasuk sudah settingannya :( Jadi pinjam komputer atau laptop orang lain, langsung install…. dapat deh informasi data penting, terkadang dapat bonus gambar asoi yang punya komputer kalau timingnya tepat :( (screen shot)

Cara kerja software keylogger

Operasional cukup mudah, setelah install, maka jika diaktifkan keylogger akan merekam semua kegiatan komputer. Kita menulis artikel berpuluh-puluh halaman, itu software tidak akan capek mendengarkan setiap ketukan keyboard, jadi semua akan terekam dan tercatat. Termasuk saat kita login ke admin blog, email, facebook, twitter, paypal dan lainnya, semua akan diketahui. Password dan data pribadi kita akan selalu tercatat keylogger, duh kejamnya….

Yang membuat saya tidak habis pikir, software keylogger sangat sulit untuk mendeteksinya. lewat task manager windows (Ctrl+Alt+Del) tidak terlihat kerjanya, pakai program Process Explorer juga pinter sembunyinya, tetap tidak terlihat, sangat misterius (jadi kepikiran bikinnya gimana ya?)
Sama antivirus juga berteman baik lho (padahal make yang b4j4kan lho). Satu-satunya cara ya cuma mengetahui kapasitas harddisk (tapi siapa yang hapal betul dengan kapasitas, harus mencatat perubahan secara terus menerus).
Tapi…. jika komputer ada koneksi internet, keylogger akan dengan segera mengirim datanya, selanjutnya menghapus data yang sudah terkirim, nah repot deh….

Data-data yang direkam kemudian disimpan dengan rapi, hanya yang install saja boleh melihatnya, karena ada paswordnya. Jika diinstall pada komputer yang berbeda, data bisa dikirim melalui email, tentunya saat ada akses internet.

Tips mensiasati keylogger

  1. Install program DeepFreeze, khususnya untuk proteksi partisi windows. DeepFreeze adalah sebuah software pembeku. Setiap kali komputer booting/restart, maka DeepFreeze akan mengembalikan setting windows seperti saat dimatikan. Fungsi program ini sangat luar biasa lho….
  2. Akses internet di komputer yang banyak dipakai oleh orang banyak (warnet, kantor dll), lebih berhati-hati dengan account dan password. Dan memang menjengkelkan, sering memakai komputer umum (khususnya warnet), berungkali account email tidak bisa dibuka, harus “berjuang” untuk mengaksesnya lagi. Malah beberapa email akhirnya “menguap”, karena password tercatat salah terus.
  3. Memasukkan password dengan cara copy-paste. Ini sudah biasa saya kerjakan. Jika program apapun tidak mengijinkan copas password, harus mengetik langsung, hal ini patut dicurigai, barangkali ada kode keylogger yang dibuat oleh orang tidak bertanggung jawab.
  4. Intensitas akses internet memakai komputer umum saat sekarang saya juga semakin sering, maka berpikir (sampai mirip profesor :) )gimana lebih amannya semua itu. Maka iseng-iseng otak-atik Microsoft Office Excel, bikin sesuatu yang tidak terbaca software keylogger…. Sudah beberapa kali ujicoba, keylogger tidak membacanya. Program Excel Security Password segera saya share, ya agar kemanapun kita pergi tetap merasa mantap menuliskan password :lol: Kok memakai Excel?

Sebelum dilanjutkan, ijinkan saya senyum di depan komputer dulu :lol:
Lha gimana ga geli, tidak cuma membuat program Excel Security Password untuk main petak umpet dengan keylogger, saya juga membuat Excel untuk edit subtitle film :)

ah sudah dulu ya, capek setelah kerja bakti nih, simpan tenaga dulu…. sekali-kali tidak lama di depan komputer, akses internet dan tidak buka-buka office Excel atau Word deh.

Artikel ini bukan untuk menakut-nakuti browsing dll. Pesan yang terkandung berhati-hati dalam akses internet, sehingga account yang kita punya aman. Memakai komputer yang dianggap “bersih“. Selain permasalahan software keylogger, demi kenyamanan browsing internet, silahkan baca artikel tentang blacklist website/blog.

Program keylogger merekam setiap ketukan keyboard komputer. Juga dapat merekam window dalam bentuk image. Password account email, facebook, twitter dan social networking lainnya, termasuk admin website/blog, pin bank dan paypal sangat rentan dan mudah untuk dicuri, maka… berhati-hatilah terhadap keylogger. Sebagai keamanan alternatif, silahkan coba menggunakan OS Ubuntu. Maaf, terima kasih dan semoga bermanfa’at.

Share to : Facebook | Twitter | Digg | Google | Technorati | Stumbleupon | Delicious | Reddit |

Artikel terkait :

Random Posts :

Leave a Comment