Home » Internet » SEO » Solusi dan Efek Google Panda Update

Solusi dan Efek Google Panda Update

Google Panda adalah algoritma Search Engine Google dalam merangking hasil pencarian yang dirilis awal tahun 2011. Algoritma Panda ditujukan untuk menyaring situs-situs berkualitas tinggi bisa tampil di halaman teratas, dan menenggelamkan blog yang dianggap spam atau berkualitas rendah. Tak terbayangkan efek kedahsyatannya, apalagi setelah Panda Update di tahun ini, karena hasil pencarian search engine Google telah membuat banyak sekali website yang “jungkir balik”, baik dari sisi peringkat, maupun langkah-langkah perbaikan.

Simak saja apa yang terjadi dengan website Viewpoints.com Traffik yang sudah tinggi dan mapan dari search engine Google punah dalam sesaat setelah update Panda terakhir diluncurkan. Dan langkah perbaikan yang dilakukan agar “bersahabat” dengan algoritma Google Panda tidak tanggung-tanggung, memerlukan waktu lama dan perjuangan.

Efek keganasan Google Panda yang menarik adalah hasil penelitian Declan McCullagh di situs CNET yang cukup detail pada bulan April 2011 (nah, udah lama kan :) ). Jika hasil riset tahun lalu saja sudah menghasilkan dampak yang begitu besar terhadap hasil pencarian search engine di internet, apalagi tahun ini setelah google Panda melakukan update, tentu lebih luar biasa pengaruhnya terhadap SERP (Search Engine Result Page).

Ada blog yang diuntungkan, karena bisa dengan mudah melenggang di page 1 hasil pencarian. Akan tetapi sebaliknya, ada yang nyungsep jauh di halaman belakang, dan banyak yang tidak terindek sama sekali.

Efek Google Panda yang perlu juga dipaparkan pada psoting blog kali ini, adalah terkait dengan penyelenggaraan kontes SEO yang marak di Indonesia. Karena disinyalir, banyak yang melanggar TOS Google. Untuk lebih lengkapnya silahkan baca sendiri artikel-nya Kaspar Szymanski tim Google Search Quality
Karena dari komentar-komentar yang masuk dan tanggapan Kaspar Szymanski, kayaknya memang mengkhawatirkan bagi Blogger Indonesia yang mengikuti kontes SEO.

Dengan maraknya artikel blog yang menghilang dari peredaran search engine Google, efek dari Panda Update, maka pemilik blog perlu sesegera mungkin melakukan perbaikan-perbaikan agar menjadi lebih bersahabat dengan TOS Google. Beberapa hal yang menurut saya penting sebagai berikut:

1. Beberapa artikel dengan keyword sama

Hindari membuat banyak atau beberapa artikel dengan keyword yang sama dan ditulis berulang-ulang. Karena hal ini akan dianggap spam. Dan memang logikanya ketika kita membuat artikel dengan keyword tertentu, akan menghasilkan sebuah ulasan yang berbeda-beda.

2. Halaman dengan sedikit artikel

Hindari untuk posting artikel yang hanya berisi 1/2 paragraf pendek. Jika sudah terlanjur, maka lebih baik dilakukan perbaikan atau menghapusnya. Artikel yang sedikit akan dianggap minim informasi, dan dianggap tidak berkualitas. Wah padahal beberapa page statis saya banyak yang sedikit, tapi belum sempat melakukan perbaikan, semoga masih dimaklumi oleh Google Panda karena masih sebagi Blogger pemula :)

3. Konten baru dan unik

Ini yang saya sangat tekankan. Memang kalau ditelusuri, Panda menyukai informasi baru. Maka tak heran, situs-situs berita dalam riset Declan McCullagh kebanjiran traffik kunjungan karena selalu hadir di depan hasil pencarian.
Sedangkan bagi saya yang lagi mulai belajar, pengertian “baru” bergeser jauh hiks hiks. Yang penting tidak ada yang sama dalam cara pembahasan dan alur penulisannya, itulah konten “baru” menurut versi saya. Hal itu juga disertai bukti loh, karena kalau dilihat semua artikel saya, sudah banyak yang mengupasnya sejak zaman dahulu kala. Toh kenyataannya dari hari ke hari search engine Google tetap menghantarkan “tamu” untuk berkunjung ke blog ini.

Misalnya tentang tutorial IF Excel. Sejak tahun 2000-an ke bawah tentu sudah tak terhitung yang membikin tutorialnya. Tetapi blog ini justru paling banyak dikunjungi dari search engine karena keyword IF Excel.
Contoh yang lain seperti cara install Windows 7, atau tentang install Hiren’s BootCD ke USB Flashdisk. Sudah tak terhitung sebelum saya positng artikel tersebut yang membahasnya, dan faktanya sampai saat positng artikel ini, semua berjalan lancar dan Alhamdulillah selalu ada peningkatan visit dan pageview.

Yang pasti, jika saya mau posting artikel “baru” dan “unik” maka pengunjung akan bertambah. Jika malas, akan menurun sendirinya :( Maka yang penting posting artikel “fresh”, apapun bentuknya hehehe (kata fresh dalam tanda kutip ya :) )

4. Outlink Nofollow

Solusi yang ditawarkan terkait dengan Google Panda dan kontes SEO oleh Kaspar Szymanski, dan yang mulai saya kerjakan yaitu mengubah atribut outlink atau link keluar dalam artikel saya menjadi nofollow. Dan ternyata hal ini manjur luar biasa, yang selama ini saya abaikan.

Misalnya artikel tentang Windows Security Update 1 ataupun 2, seingat saya sejak posting belum pernah ada pengunjung yang masuk melalui search engine Google :( Karena dalam artikel tersebut, terdapat puluhan link download ke situs Microsoft, yang dofollow semua. Mulai kemarin sore saya membenahi outlink artikel blog, dan baru 1/4 perjalanan :)
Artikel Windows Security Update menjadi prioritas utama karena saking banyaknya link di dalamnya. Hasilnya maknyus :) sekitar 1 jam setelah saya mengedit link menjadi nofollow, search engine Google bersedia mengantar 1 tamu berkunjung :)
Yang menambah saya tersenyum bahagia, visitor membuka kedua artikel tersebut dengan durasi 29 detik, wah ini mantap untuk memulai hubungan yang baik dengan mesin pencari hehehe

Langkah-langkah untuk menyikapi agar sebuah blog sesuai dengan TOS Google di atas hanya beberapa saja yang saya kutip, jika Anda juga berminat baca di sini untuk lebih lengkapnya.

Dengan pembaruan algoritma search engine Google Panda, kegiatan blogging semakin penuh tantangan. Maka saya tidak akan melewatkan untuk memanfaatkan semaksimal mungkin fenomena Google Honeymoon, karena dari sinilah isi konten blog diketahui banyak orang. Karena sampai saat ini, search engine Google masih menjadi yang terbanyak dipakai netter. Kekuatan keyword blog dalam artikel yang “baru” dan unik dapat dimulai dari konten orisinil blog, karena setiap orang pasti mempunyai pengalaman, pemahaman dan pengetahuan yang berbeda-beda walaupun sumbernya sama :) Terima kasih, maaf dan semoga bermanfa’at.

Share to : Facebook | Twitter | Digg | Google | Technorati | Stumbleupon | Delicious | Reddit |

Artikel terkait :

Random Posts :

2 Comments.

  1. makaSih gan infonya, saya sedang belajar kontes seo?? masihkah backlink berpengaruh terhadap posisi keyword yang kita kejar???
    karena menurut berbagai sumber goole mulai menomorduakan backlink, terus solusi untuk itu gmana gan agar keyword kita terdongkrak??
    thanks

    • Yusuf Fahrurrozi

      Ya begitulah perkembangan SEO akhir-akhir ini… dan sejujurnya saya dah lama ninggalin mencari backlink hehehe, perasaan tidak terlalu berpengaruh terhadap visitor hiks hiks. Untuk mendongkrak keyword, bisa dengan membuat artikel yang berkaitan dengan berbeda pembahasan/ulasan. Intinya konten yang fresh dan penuh informasi (dalam beberapa artikel tentang SEO sudah membahasnya), walaupun tema sudah jadul dll :)
      Semoga sukses gan…

Leave a Comment