Home » Internet » Wordpress » Tahun Copyright Otomatis Footer WordPress

Tahun Copyright Otomatis Footer WordPress

Membuat tahun copyright di footer theme WordPress menjadi otomatis. Pada footer blog umumnya terdapat informasi tahun. Membuat penulisan tahun copyright di footer menjadi otomatis, tujuannya agar theme WordPress yang kita pilih ketika dipasang ke website lain tahun tersebut menjadi otomatis, maksudnya memberikan keterangan mulainya website dibuat sampai saat sekarang, tanpa kita melakukan perubahahan lagi secara manual. Maka pada kesempatan kali ini artikelnya membahas kode php WordPress untuk membuat tahun copyright menjadi otomatis.

Sebelum melihat kode php-nya, keterangan tahun di footer tersebut mempunyai beberapa maksud dan tujuan, diantaranya menunjukkan tahun yang sedang berlangsung saat sekarang, jadi cukup tertulis 2011 (contoh tahun saat artikel ini diposting). Terkadang menunjukkan tahun mulainya website atau blog dibuat, misalnya website dibuat tahun 2005, maka pada footer tertulis angka tahun 2005 saja. Dan banyak blog pada footer tahun tersebut menunjukkan mulai dibuatnya sampai saat sekarang, misalnya menjadi Copyright 2005-2011.

Berapa theme yang sudah Anda download dan mencobanya? Kebanyakan theme WordPress hanya menampilkan tahun yang sedang berlangsung. Kalaupun bisa diisi secara manual, agak repot, kenapa? Karena setiap kali theme tersebut dipasang pada blog yang berbeda akhirnya kita harus selalu menulis manual. Padahal yang diinginkan tahun tersebut menunjukkan mulainya website dibuat sampai sekarang secara otomatis.

PERHATIAN: setiap theme mempunyai susunan atau urutan script yang berbeda-beda. Anda boleh langsung copy-paste kodenya jika sudah terbiasa dengan bahasa pemrograman PHP dan tentunya paham susunan scriptnya. Dan jangan lupa backup dulu file footer.php sehingga saat terjadi kesalahan penempatan kode Anda bisa mengembalikan lagi seperti semula.
Jika Anda BELUM mengenal sama sekali, sebaiknya diuji coba dulu di server lokal (localhost), silahkan baca tutorial install WordPress secara offline, hal ini untuk menghindari error. Seandainya WordPress offline baru di install, untuk melihat hasilnya sebelum install software WordPress offline atau posting pertama, setting terlebih dahulu date and time windows mundur beberapa tahun. Agar posting pertama dengan kedua berbeda tahunnya.
Atau tanggal posting artikel yang diundur.

Untuk membuat tahun copyright menjadi otomatis, silahkan copy kode php di bawah ini:

<?php
global $wpdb;
 $post_datetimes = $wpdb->get_row($wpdb->prepare("SELECT YEAR(min(post_date_gmt)) AS firstyear, YEAR(max(post_date_gmt)) AS lastyear FROM $wpdb->posts WHERE post_date_gmt > 1970"));
 if ($post_datetimes) {
 $firstpost_year = $post_datetimes->firstyear;
 $lastpost_year = $post_datetimes->lastyear;
 $copyright = __('Copyright &copy;&nbsp; ', 'zbench') . $firstpost_year;
 if($firstpost_year != $lastpost_year) {
 $copyright .= '-'. $lastpost_year;
 }
 $copyright .= ' ';
 echo $copyright;
 }
?>

Kata “zbench” itu nama theme wp blog ini. Aslinya script bukan dari zbench, saya lupa theme aslinya, karena sudah lama menyimpannya. Silahkan ganti sesuai dengan nama theme WordPressnya. Kalau tidak diganti bagaimana? Pernah saya lupa mengganti, sehingga antara nama theme dengan script copyright tersebut tidak sama, tapi tidak masalah tuh, theme wp tetap berfungsi normal, padahal dipakai lama. Tidak tahu efek pastinya jika nama berbeda, khususnya dengan SEO.

Setelah meng-copy script php di atas, selanjutnya silahkan buka file footer.php dan paste di dalamnya atau di bawah id atau class copyright pada theme WordPress Anda. Setelah Anda paste, jangan lupa untuk menghapus kode copyright yang sebelumnya agar tidak terjadi pengulangan katanya.

Proses paste kode di atas tidak saya jelaskan secara mendetail, agar bagi yang -maaf- belum mengenal php ketika mencobanya tidak terjadi kesalahan dalam proses paste-nya dan penghapusan script sebelumnya. Bagi yang sudah belajar dan mengerti kode php akan dengan mudah untuk proses paste dan delete scriptnya.

Bagi yang belum mengenal kode-kode PHP, sudah mencoba pada WP secara offline tapi tetap belum berhasil, jangan khawatir karena masih banyak jalan ke situs ini :lol: maksudnya saya akan membantu, maka silahkan kasih komentar, isi pada kolom NAME dengan nama theme WordPress. Kolom Website URL diisi nama website Anda dengan benar, jangan salah lho, ntar saya bingung untuk berkunjung balik, :roll: terus pada kolom komentar sertakan url theme yang Anda download, misalnya dari wordpress.org atau freethemeswp.com

Untuk editing theme dan bahasa pemrograman, silahkan baca artikel program Notepad++ untuk menulis artikel, banyak sekali keuntungan dan kelebihannya.

Demikian tutorial edit theme untuk membuat tahun copyright di footer WordPress menjadi otomatis. Bagi rekan-rekan pengguna Blogger, sampai saat ini belum menemukan kode untuk xml-nya, barangkali ada yang tahu silahkan berbagi referensinya. Semoga bermanfa’at, maaf dan terima kasih.

Share to : Facebook | Twitter | Digg | Google | Technorati | Stumbleupon | Delicious | Reddit |

Artikel terkait :

Random Posts :

Leave a Comment