Home » Internet » SEO » Tentang Pengertian dan Tujuan SEO

Tentang Pengertian dan Tujuan SEO

Tutorial web tentang SEO. Pengertian dan tujuan SEO perlu dipahami terlebih dahulu mulai dasarnya, agar proses meningkatkan “kualitas” website di search engine bisa optimal. Tutorial cepat dan hemat : SEO singkatan Search Engine Optimization (Optimisasi mesin pencari). Pengertian SEO adalah serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis yang bertujuan untuk meningkatkan volume dan kualitas trafik kunjungan melalui mesin pencari menuju situs web tertentu dengan memanfaatkan mekanisme kerja atau algoritma mesin pencari tersebut.

Tujuan Search Engine Optimization (SEO)

Tujuan dari SEO adalah menempatkan sebuah situs web pada posisi teratas hasil pencarian (SERPs: Search Engine Result Pages), atau setidaknya pada halaman-halaman awal hasil pencarian berdasarkan kata kunci tertentu yang ditargetkan. Secara logis, situs web yang menempati posisi teratas halaman pertama pada hasil pencarian memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan pengunjung lebih banyak, inilah yang disebut traffic organik (lalu lintas kunjungan dari search engine). Dan memang kenyataan kalau saya lagi googling, jarang buka sampai halaman 3 ke atas. Kalau tidak ada yang cocok, ganti dengan cara menambahkan atau mengurangi keyword (kata kunci).

Berdasarkan pengertian dan tujuan SEO tersebut, maka kebutuhan atas SEO juga semakin meningkat. Berada pada posisi teratas hasil pencarian search engine akan meningkatkan peluang sebuah website untuk dikunjungi banyak orang, dan ini tentunya harapan semua admin blog.

Teknik SEO

Teknik untuk mengoptimalkan SEO beragam caranya, misalnya :

Keyword

memilih keyword yang tepat dan dioptimalkan

Domain

Nama domain setidaknya terdapat keyword

Title blog

Meta title juga mengandung keyword

Deskripsi blog

Lebih luas dalam pengembangan keyword

Konten atau isi

Blog menarik dan dibutuhkan orang, dengan mengutamakan kualitas konten yang tinggi dan orisinil. Judul halaman atau postingan juga mengandung keyword

Backlink

Ada referensi berupa link ke website kita dari situs lain, yang disebut backlink.

Setidaknya beberapa point di atas yang menjadi lahan garapan webmaster dalam ber-SEO ria, masing-masing poin pembahasannya cukup luas, jadi perlu ruang ulasan terpisah.

Diperbaharui 2 Mei 2012: Optimasi mesin pencari yang dilakukan harus berdasarkan TOS (Terms of Service) masing-masing search engine. Setiap search engine mempunyai kebijakan sendiri-sendiri dalam menerapkan algortima pencariannya. Maka blogger harus mematuhi hal-hal tersebut, karena jika melanggar, maka situs yang dioptimasi akan mendapatkan sanksi atau penalti, mulai penurunan peringkat, sampai pada deindex.

Apalagi menjelang pertengahan tahun 2012, search engine terbesar Google mengeluarkan algoritma Google Penguin untuk menjaring situs yang tergolong dalam webspam, sehingga berpengaruh terhadap SERP sebesar 3%. Padahal algoritma sebelumnya (Panda) sudah mempengaruhi hasil pencarian 12%. Google sudah memberikan panduan yang lengkap bagi blogger dalam rangka mengoptimalkan blog dengan teknik SEO yang baik. Panduan dapat Anda temukan di halaman webmaster tools. Sebelum mencari tips dan teknik SEO yang lain dan bermacam-macam, maka sebaiknya baca dan pahami dahulu panduan yang ada dalam webmaster tools. Agar tidak mengalami kesalahan yang bertentangan dengan kebijakan Google, dengan melakukan optimasi yang buruk, dibenci search engine. Karena sudah banyak situs yang merasakan hukuman/penalti dari Google Panda/Penguin, sehingga kehilangan visitor sampai 90%.

Tentang SEO, pengertian dan tujuannya secara sederhananya yaitu tehnik untuk membuat situs berada pada posisi atas pada hasil pencarian search engine. Tujuan SEO adalah mendatangkan pengunjung sebanyak-banyak dari search engine dengan teknik-teknik tertentu yang tidak menyalahi TOS. Informasi lebih lengkap silahkan kunjungi Wikipedia.org

Share to : Facebook | Twitter | Digg | Google | Technorati | Stumbleupon | Delicious | Reddit |

Artikel terkait :

Random Posts :

Leave a Comment