Home » Komputer » Tips Install Program Komputer

Tips Install Program Komputer

Cepat atau lambat kinerja sebuah komputer bergantung pada banyak hal, mulai dari spesifikasi hardware dan program-program yang terinstall di dalamnya. Sehingga banyak sekali tips dan trik agar performa PC atau laptop dapat bekerja dengan kecepatan yang semestinya, dalam artian tidak lambat. Salah satunya pada saat pemasangan software ke komputer (proses installasi). Berikut beberapa tips menginstall program yang perlu diperhatikan.

Setiap orang yang mengunakan komputer tentunya saat bekerja menginginkan akses yang cepat agar pekerjaan lekas selesai. Baik mulai dari menghidupkan komputer, selama mengerjakan tugas, atau bahkan ketika mematikan pc bisa dilakukan dengan cepat.
Berangkat dari realitas yang sering saya temukan, banyak sekali pemilik pc/laptop tidak mengetahui asal usul sebuah program atau yang lebih parah juga tidak mengetahui fungsi kegunaannya :(
Dan pangkal permasalahan tersebut sebenarnya banyak yang berawal dari saat install program tidak mencermati prosesnya, main klik NextNext dan seterusnya. Berawal dari proses ini, mengakibatkan komputer menjadi lambat.

Biar lebih jelas, maka langsung saya tampilkan beberapa screenshot proses installasi program yang perlu dicermati.

Gambar Install Winamp

Screenshot di atas adalah salah satu proses install Winamp (program audio/video). Secara default, opsi yang dipilih adalah Full, artinya semua fitur yang disediakan akan diinstall. Pertanyaan sederhana, perlukah semua fitur tersebut terinstall?
Misalnya dalam Winamp Library, ada fitur Online Media atau iTunes Import Tool. Lha kalau fitur tersebut tidak pernah kita gunakan, kenapa harus disertakan masuk ke komputer :) Yang lebih fatal lagi, komputernya tidak pernah akses internet :(
Maka opsi pilihan bisa memilih Standard atau Lite sekalian yang minimalis fitur. Kalau ingin repot sendiri, ya memilih manual fitur-fitur yang berguna saja. Pada proses selanjutnya ada yang seperti gambar di bawah :

Gambar Winamp Opsi

Terdapat 4 cecklist pilihan. Pertanyaan masih sama, sejauh mana fungsinya bagi kita? Yang perlu saya garis bawahi adalah Winamp Toolbar dan Set Winamp Search as my default search engine. Fitur ini akan tampil pada web browser yang kita pakai.

Gambar Install CCleaner

Gambar proses install program CCleaner. Yang saya soroti opsi Auto Update (Automatically check for updates Ccelaner).

Gambar Install Daemoon-Tool

Gambar proses installasi Daemoon-Tool. Sorotan sama dengan proses install Winamp (Toolbar). Selain itu fitur gadget yang tampil di desktop, toh tanpa hal ini, melalui tray icon fitur-fitur untuk akses juga sudah ada.

Itu hanya beberapa contoh saja, setiap software mempunyai perbedaan dalam proses install. Dan sebenarnya semua tergantung pada kebutuhan masing-masing orang dalam menggunakan komputer/laptop/netbook tidaklah sama. Tutorial dalam blog ini hanya sebagai sampel saja.
Beberapa hal yang perlu dicermati dan dipilih, misalnya :

  1. Fitur
    Pilihlah yang dibutuhkan saja. Pada umumnya saat diinstall ada menu pilihan Custom atau Advanced, yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan.
  2. Toolbar browser
    Tidak perlu ikut diinstall, karena akan membuat penuh tampilan jendela peramban (web browser). Kalaupun ingin dinstall menjadi add-ons, pilihlah satu atau dua saja yang paling sering digunakan atau terkait langsung dengan aktifitas kita, baik untuk browsing internet, mengelola email, terhubung dengan jejaring sosial, maupun search engine. Karena satu hal yang mengganggu bahwa browser pada akhirnya akan penuh dengan Menu Toolbar dari berbagai program, sehingga memakan tempat hampir setengah layar monitor :(
  3. Auto Update
    Saat install sekalian setting tidak perlu diaktifkan. Karena jika diaktifkan maka sewaktu-waktu komputer hidup akan selalu mencari update-nya secara otomatis.
    Lha kalau cuma satu atau dua program, mungkin masih tidak terlalu terasa efeknya. Namun jika program yang terinstall ke komputer cukup banyak, tentu hal ini akan menjadi masalah, salah satu penyebab komputer menjadi lemot kayak siput.
    Lha iya kalau sudah ada updatenya, lha kalau belum ada, cuma buang-buang energi
    Lha iya kalau ada akses internet, lha kalau tidak ada, untuk apa mencari-cari akses internet :D
    Lha iya dan Lha iya seterusnya…hehehe

Jika sudah terlanjur terinstall, maka pada menu setiap program bisa disetting sesuai kebutuhan, baik untuk mengaktifkan atau menonaktifkan sebuah fitur.
Pesan yang ingin saya sampaikan, dalam install program komputer untuk lebih selektif dan cermat memilih fitur-fitur yang tersedia. Karena menurut pakar IT, sebuah program yang bagus dan professional tidak akan menyembunyikan sesuatu dari user.

Dari beberapa hal tersebut di atas, hanyalah gambaran sederhana dan bersifat umum. Semua kembali kepada kebutuhan masing-masing orang yang beragam dan tidak sama.

Kesimpulannya, jika kita tidak mencermati setiap proses dari install program, dan memilih opsi atau fitur yang berguna saja, maka hal tersebut yang menjadikan salah satu faktor komputer menjadi lambat/performa tidak cepat. Karena banyak kode registry yang terpasang pada PC, padahal belum tentu dimanfaatkan. Demikian tips atau panduan singkat cara install program. Selain hal tersebut, beberapa tips lain agar komputer cepat misalnya: memilih program startup, kemudian membersihkan registry dengan CCleaner dan panduan dasar memilih install program apa saja yang sesuai kebutuhan. Terima kasih, maaf dan semoga bermanfa’at.

Share to : Facebook | Twitter | Digg | Google | Technorati | Stumbleupon | Delicious | Reddit |

Artikel terkait :

Random Posts :

1 Comments.

  1. Mantap Gan, Bisa di Praktekin ah

Leave a Comment