Home » Internet » Tutorial web » Tips Memilih Theme atau Template Blog

Tips Memilih Theme atau Template Blog

Memilih theme WordPress di internet untuk website. Itulah tema tutorial kali ini, dibuat artikel sendiri karena dirasa sangat penting. Setelah beberapa waktu theme WordPress blog ini didominsasi warna hitam dan coklat, sekarang saya ganti dengan yang lebih simple dan tidak terlalu banyak fitur yang ada di dalamnya. Kenapa memilih theme ini? Berikut beberapa alasan saya menggunakan theme ini untuk blog WordPress saya.


Cukup lama untuk menemukan theme WordPress di internet yang terasa cocok di hati, sehingga sampai dapat membius sukma dan raga :lol: cuileh… Beberapa alasan yang mendasar dalam memilih theme dan menjadi sebuah pertimbangan cukup lama, sehingga silahkan dijadikan tips untuk memilih theme WordPress, dan juga bisa diterapkan dalam memilih template untuk Blogger.

Berikut beberapa tips memilih theme atau template blog :

Tampilan sederhana tapi tetap terlihat elegant.

Design web sederhana atau minimalis pertama kali diusung Google.com Lihat saja web-nya mbah Google, tidak terlalu banyak tampilan, dan link sangat sedikit. Background juga cukup putih polos. Tapi bagaimana dengan isinya, wow jangan ditanya kalau tentang hal itu, Google.com adalah search engine yang paling banyak dipakai saat browsing internet.

Dengan tampilan sederhana tapi berbobot tersebut, pengunjung tentunya merasa nyaman dalam menjelajahi website. Dari rasa nyaman itulah orang akan tertarik untuk berkunjung lagi pada lain waktu, inilah yang ditunggu setiap pemilik situs, PENGUNJUNG SETIA. Dan kesetiaan orang dalam berkunjung tentunya harus diimbangi dengan konten blog yang menarik dan up to date.

Size website berukuran kecil

Inilah yang sangat utama, file website ukurannya kecil, setiap halaman berusaha seminimal mungkin, tidak lebih dari 50 kb. Tujuan utamanya agar page saat diakses tidak terlalu berat untuk dibuka, sehingga waktu yang dibutuhkan menjadi lebih cepat. Hal ini mengantisipasi akses internet yang lambat dan terbatas, agar tetap bisa dinikmati dan dibaca oleh siapa saja dengan koneksi internet yang lambat. Pernah suatu saat menemukan blog yang menarik, si empunya punya prinsip dalam pembuatan website dengan semboyan “website terbuka dalam 3 detik“.

Agar page website terbuka dengan cepat dan size file kecil, beberapa hal yang perlu dijadikan pertimbangan dalam memilih theme WordPress ataupun template Blogger:

  1. Gambar/image. Semakin banyak gambar dalam theme atau template, maka tentunya file menjadi semakin besar sehingga akses semakin berat. Belum lagi konten artikel jika mengandung gambar atau video, tentunya akan semakin berat. Maka background theme ini tidak ada sama sekali imagenya.
  2. Script website. Saya memilih yang cukup dibutuhkan saja, walaupun menjadi kurang futuristik untuk ukuran sekarang. File css dan php yang standar, tidak ditambahi agar tampil unik, termasuk didalamnya kode Javascript cukup simple.

Compabilitas terhadap web browser

Ini menjadi pertimbangan utama dalam memilih theme WordPress atau template Blogger, agar blog saat dibuka dengan bermacam-macam web browser desain tidak hancur. Karena web browser dalam meload website atau blog berbeda tampilannya. Web browser yang paling banyak dipakai Mozilla Firefox, Opera, Google Chrome, Internet Explore (IE) dan Nescape. Terkadang sebuah situs tampil dengan baik saat di akses di internet menggunakan Firefox, akan tetapi belum tentu baik ketika dibuka menggunakan IE, Chrome, Opera atau yang lainnya.

Yang paling sering terjadi, sidebar melorot atau menjadi terletak di bawah, kalau sudah begitu website menjadi terlihat jelek dan pengunjung merasa tidak nyaman, dan kemungkinan untuk berkunjung lagi menjadi enggan. Selain itu situs yang menjadi acak-acakan ketika dibuka dengan web browser berbeda, akan dianggap tidak profesional, sehingga menurunkan kredibilitas yang punya, kalau sudah begitu kira-kira masihkah pengunjung percaya dengan informasi yang ada didalamnya? :(
Tidak hanya ketika dibuka dengan bermacam-macam browser website tetap tampil baik, perlu diperhatikan juga bagaimana tampilannya jika di akses menngunakan hp atau ipod. Bukankah sekarang banyak juga orang akses internet melalui tilpun.

Itulah beberapa hal yang selalu menjadi pertimbangan saya dalam memilih theme WordPress ataupun template Blogger. Dalam masalah tampilan suatu situs ini memang pemiliknya mempunyai keinginan yang berbeda-beda.
Kelompok pertama berprinsip, sama sekali tidak mementingkan desain web, yang diutamakan adalah konten atau isinya. Tidak ada gunanya jika situs dengan design indah akan tetapi kontennya tidak menarik.
Kelompok kedua berpendapat, selain memperhatikan konten yang menarik, design juga mempengaruhi popularitasnya. Dengan desain yang cantik maka pengunjung akan semakin betah dan merasa nyaman seperti di rumah sendiri.
Hayo, Anda termasuk kelompok mana?

Demikian tips memilih theme WordPress/template Blogger. Theme/template yang baik adalah saat diakses bermacam-macam web browser hasilnya sama baik. Website atau blog ketika dibuka menggunakan komputer ataupun mobile phone juga tetap baik. Kriteria BAIK tersebut meliputi 2 hal: tampilan (design) dan stabilitas kecepatan ketika diakses. Untuk web design silahkan baca artikel tentang program Notepad++ untuk edit theme WordPress atau template Blogger, free software yang seharusnya terinstall di komputer untuk lebih memudahkan dalam mendesain web blog. Semoga bermanfaat, maaf dan terima kasih.

Share to : Facebook | Twitter | Digg | Google | Technorati | Stumbleupon | Delicious | Reddit |

Artikel terkait :

Random Posts :

Leave a Comment