Home » Microsoft Office » Tips Menulis Soal Tes di Sekolah Menggunakan Microsoft Office Word

Tips Menulis Soal Tes di Sekolah Menggunakan Microsoft Office Word

Gambar icon wordPernah melakukan kesalahan dalam penulisan soal, mulai nomornya yang tidak urut/ meloncat atau tampilan yang tidak rapi, hal ini tentunya membuat kita tidak nyaman, apalagi bagi siswa yang akan menjawabnya, tentu dibuat bingung. Maka pada artikel ini, kita akan belajar tips membuat nomor tes untuk meminimalisir kesalahan, memaksimalkan fitur ada pada program Microsoft Office Word, silahkan bersiap-siap di depan komputer dan tentunya akses internet untuk membaca artikel ini,he he he … Fasilitas untuk membuat nomor secara ototmatis di Microsoft Office Word tentunya sudah familiar, yaitu dengan Bullets an Numbering.

Akan dibahas cara membuatnya dengan Microsoft Office Word 2003 dan 2007. Untuk yang Microsoft Office Word 2010, saya belum mencoba, akan tetapi biasanya tidak jauh beda, mirip Office 2007. Bagi yang memakai Office 2003, belajar membuatnya bersama-sama yuk!

Sebelumnya perhatikan gambar di bawah ini, contoh format untuk menulis soal :

Gambar format soal tes

Gambar 1 : Format Penulisan Nomor Soal

Tips penulisannya sebagai berikut :

Dari Menubar pilih FormatBullets and Numbering
Setelah jendela Bullets an Numbering tampil, klik tab Outline Numbered , pilih salah satu dari beberapa pilihan yang tersedia, terserah yang mana, karena pada akhirnya akan kita ganti yang sesuai dengan keinginan kita. Buatlah settingnya seperti gambar di bawah ini:

Gambar bullet and numberring

Gambar 2 : Format Level Kesatu

Format Level 1

Pada level 1 (a) : ini yang akan menjadi baris pertama untuk memulai penulisan.

  • Pada umumnya format menggunakan huruf kapital, jika ingin menggunakan format lain seperti angka romawi, ganti pada Number style: (b)dengan angka romawi.
  • Setelah itu, pada Number format: (c) gantilah karakter setelah huruf, pada gambar ini saya memakai yang umum dipakai, yaitu menggunakan tanda titik (.).
  • Aligned at : (d) jarak karakter pertama dari margin kiri kertas (karena Number position berisi : left). Jika ingin karakter pertama, dalam contoh ini huruf A., lurus dengan kop/ header maka isilah dengan angka 0.
  • Tab space after: (e) jarak baris pertama dari (d) atau margin kiri. Untuk lebih memudahkan dalam belajar membuat tips artikel ini, maka saya membuat contoh dengan jarak 1 cm. Pada Gambar 1., berarti jarak antara huruf “A.” dengan kata “PILIHLAH”. Jika sudah paham silahkan diganti, misalnya 0.8 cm
  • Indent at: (f) jarak baris kedua dengan margin kiri. Pada Gambar 1. ditunjukkan dengan kata “SILANG (X)”. Saya membuat jaraknya sama dengan Tab space after, tujuannya agar antara baris pertama dengan kedua dan seterusnya menjadi lurus.

Langkah di atas untuk memformat level 1

Format level 2

Langkah untuk format level 2, silahkan setting seperti gambar di bawah ini:

Gambar multilevel list

Gambar 3 : Format Level Kedua

Penjelasan Gambar 3

  • Number style : pilih angka
  • Aligned at : isi dengan 1 cm.
  • Tab space after dan Indent at isi dengan 2 cm.

Format kedua selesai. Format kedua ini yang menjadi tulisan soal tes.

Format level 3

Format level ketiga ini untuk opsi jawaban a, b, c dan d.

  • Number style : pilih huruf kecil
  • Aligned at : isi dengan 2 cm.
  • Tab space after dan Indent at isi dengan 3 cm.

Setelah selesai klik tombol OK.
Pada lembar kerja word, sekarang tentunya sudah ada huruf “A.”, selanjutnya silahkan tulis kalimat perintahnya, seperti : “PILIHLAH SALAH SATU …dst”.
Setelah selesai menulis kemudian tekan ENTER di keyboard, akan muncul huruf “B.
Nah disini yang PENTING, setelah anda ENTER sesuai langkah nomor 4, kemudian anda tekan tombol TAB di keyboard, JANGAN yang lainnya, karena huruf “B.’ akan berubah menjadi angka “1.” dan menjorok lebih ke dalam, lurus dengan kalimat di atasnya. Silahkan buat kalimat untuk soalnya, seperti : “Ibukota Indonesia adalah ….” Setelah selesai menulis soal, kemdian ENTER.
Kemudian tekan tombol TAB di keyboard, maka angka “2.” akan berganti menjadi huruf “a.” Tulislah opsi jawabannya, tetapi jangan terburu-buru melakukan apapun, karena jika opsi jawabannya cukup pendek kalimatnya, maka biasanya opsi “c.” dan “d.” terletak disebelah kanan.
Jika anda menulis opsi “c.” dengan cara tekan TAB di keyboard, maka secara default setidaknya kita akan menekan tombol TAB sebanyak 4 s/d 5 kali. Padahal ada cara yang lebih cepat dan efisien, ikuti petunjuknya di bawah ini

Menggunakan Tabs Stop. Perhatikan gambar di bawah ini!

Gambar tabs top word

Gambar 4 : Tabs Stop

Di bawah Toolbars ada Ruler, seperti gambar di atas. Jika belum ada, maka untuk mengaktifkan, dari Menubar klik View, pilih Ruler.

  • Jika di atas huruf (a) bentuk ikon seperti pada Gambar 3, maka silahkan klik disekitar angka 9 (di atas huruf b), klik sekali lagi di sebelahnya dengan jarak 1 cm.
  • Setelah selesai menulis opsi jawaban “a.” lanjutkan dengan menekan tombol TAB sekali saja, maka posisi kursor langsung akan berada pada jarak 9 cm. dari margin kiri. Sehingga kita tidak perlu menekan tombol TAB berulang kali.

Jika sudah selesai menulis opsi jawaban sampai “d.” maka untuk kembali ke level sebelumnya, silahkan tekan tombol SHIFT +TAB di keyboard sampai level yang anda inginkan.

Tombol TAB : untuk maju
Tombol SHIFT+TAB : untuk mundur

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas Insya Allah tidak akan terjadi nomor meloncat jauh, sekaligus tampilan menjadi lebih rapi. Jika tidak ingin repot, silahkan Download contoh soal tes Microsoft Office Word klik sini tinggal menulis saja… (perlu akun 4shared, kalau belum punya, silahkan buat, gratis kok).
Tutorialnya untuk Office 2007 menyusul ya, lha yang ini saja sebenarnya belum lengkap, hayo kira-kira apa … Tunggu saja artikel berikutnya.
Semoga bermanfa’at, maaf dan terima kasih.

Share to : Facebook | Twitter | Digg | Google | Technorati | Stumbleupon | Delicious | Reddit |

Artikel terkait :

Random Posts :

1 Comments.

  1. minta passwordnya donk

Leave a Comment