Home » Internet » SEO » Tips SEO Dengan Memperbaiki Broken Link

Tips SEO Dengan Memperbaiki Broken Link

Sebuah blog di dalamnya tentu mempunyai banyak link atau tautan, baik tautan yang satu halaman, beda halaman atau mengarah ke situs lain. Diantara tips SEO yaitu tidak atau jangan membiarkan ada link yang mati/broken link dalam sebuah situs. Untuk mengetahui broken link yang ada dalam website, kita bisa mengeceknya melalui beberapa situs penyedia link cheker yang bersifat gratis, akan saya sebutkan beberapa diantaranya.

Blog yang sudah mempunyai artikel banyak, tentunya akan memiliki link atau tautan yang jumlahnya sangat banyak. Untuk check satu persatu link tersebut tentunya akan memakan waktu dan biaya. Padahal untuk optimalisasi SEO agar tetap bagus kualitas blog kita, maka mau tidak mau harus sekali-kali cek link. Cara yang paling mudah menggunakan jasa link checker di internet.

Banyak situs penyedia Broken Link Cheker atau Dead Link Cheker dan lain-lain yang gratis untuk mengetahui link mati/broken link. Untuk ceck link yang rusak/mati silahkan tinggal tulis pada situs yang menyediakan link checker, hasilnya diamati… Beberapa situs link checker bisa memilih salah satu diantara yang ada di bawah ini, atau sekali-kali ceck blog pada semua situs ini :) supaya lebih akurat dan akuntabel :roll:

http://www.iwebtool.com/broken_link_checker

Check link sangat lengkap, tetapi untuk penulisan domain harus jelas, misalnya blog ini sejak pertama aslinya http://fahrurrozi.com/ maka pada saat pertama kali chek dengan menulis http://www.fahrurrozi.com/ atau www.fahrurrozi.com tidak akan muncul hasilnya. Tapi justru di sini saya tahu link-link yang jelas bentuk penulisannya.

http://www.webmaster-toolkit.com/link-checker.shtml

Pengecekan link antara yang format HREF dengan SRCs tidak bisa sekaligus, jadi harus dua kali. Hasilnya simpel dan jelas.

http://validator.w3.org/

Sebenarnya ini yang paling valid untuk cek link, css dan html. Tetapi W3 tidak bisa dimintai tolong untuk cek blog saya ini, karena dari css tidak valid gitu. Padahal blog yang lainnya juga sama, ah ga tahulah sebabnya, silahkan coba sendiri :)

http://www.brokenlinkcheck.com/

Dari hasil cecker-mencecker (kayak ayam- Jawa) maka akan diketahui link yang tidak valid, rusak, ga nyambung dan sebagainya. Hitung berapa jumlahnya, karena semakin banyak broken link tentu akan menjadi masalah terhadap rangking blog itu sendiri. Setelah tahu tentunya akan segera kita perbaiki sebagai upaya tips optimalisasi SEO.

Share to : Facebook | Twitter | Digg | Google | Technorati | Stumbleupon | Delicious | Reddit |

Artikel terkait :

Random Posts :

3 Comments.

  1. Terima kasih buat infonya

  2. informasinya yang mantap …
    yang jadi pertanyaan bagaimana cara memperbaiki link yang rusak untuk adsense ?

    soalnya ada web saya yang di pasang adsense tidak bekerja, walaupun ada yang ngkliknya

Leave a Comment